Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Postingan Dark Web Bahas Penggunaan AI ChatGPT Membuat Malware Berbahaya

AI ChatGPT_1a
AI ChatGPT. (Sumber: ZDNET)

Unbox.id – Kaspersky Digital Footprint Intelligence mendeteksi hampir 3.000 postingan di web gelap sepanjang tahun 2023, membahas penggunaan ChatGPT untuk tujuan ilegal atau membicarakan alat berbasis teknologi AI. Alisa Kulishenko, analis jejak digital di Kaspersky, mengatakan diskusi mengenai topik ini mencapai puncaknya pada Maret 2023 dan masih terus berlanjut. “Para pelaku ancaman secara aktif menjajaki berbagai rencana untuk menerapkan ChatGPT dan AI. Topiknya biasanya mencakup pengembangan malware dan jenis penggunaan model bahasa ilegal lainnya, seperti menangani data pengguna yang dicuri, menganalisis file dari perangkat yang terinfeksi, dan yang lainnya, ungkap Alisa.

AI ChatGPT

AI ChatGPT_2b

AI ChatGPT. (Sumber: Aloa)

Dalam keterangan tertulisnya, ia menilai popularitas alat AI telah menyebabkan terintegrasinya respons otomatis dari AI ChatGPT atau sejenisnya di beberapa forum kejahatan dunia maya.

“Selain itu, pelaku ancaman cenderung membagikan jailbreak mereka melalui berbagai saluran web gelap – serangkaian perintah khusus yang dapat membuka fitur tambahan – merancang cara untuk mengeksploitasi alat yang sah ini, seperti pengujian peretasan penetrasi, mengandalkan model untuk tujuan jahat,” Alisa dikatakan menjelaskan.

Selain chatbots dan kecerdasan buatan yang telah disebutkan, proyek seperti XXXGPT, FraudGPT, dan lainnya juga mendapat banyak perhatian. Model bahasa ini dipasarkan di web gelap sebagai alternatif ChatGPT, dengan fitur tambahan dan tidak ada batasannya sendiri.

Maraknya Akun ChatGPT Curian

Ancaman lain bagi pengguna dan bisnis adalah pasar akun ChatGPT berbayar. Pada tahun 2023, 3.000 postingan lainnya (selain yang disebutkan sebelumnya) yang mengiklankan penjualan akun ChatGPT teridentifikasi di web gelap dan saluran hantu Telegram.

Publikasi ini menyebarkan akun curian atau mengiklankan secara besar-besaran layanan pendaftaran otomatis dengan membuat akun berdasarkan permintaan. Secara khusus, beberapa artikel telah diterbitkan beberapa kali di saluran web gelap yang berbeda.

“Meskipun alat AI itu sendiri pada dasarnya tidak berbahaya, peretas berusaha menemukan cara efektif untuk menggunakan model bahasa, sehingga memicu tren mengubahnya menjadi ancaman,” kata Alisa, terhadap jaringan dan dalam beberapa kasus, berpotensi meningkatkan jumlah serangan siber.”

Namun, katanya, kecerdasan buatan dan chatbot kemungkinan tidak akan merevolusi lanskap serangan, setidaknya pada tahun 2024. “Meskipun demikian, penting untuk selalu mengetahui informasi tentang aktivitas penyerang.” Pekerjaan sangat penting untuk tetap menjadi yang terdepan. ‘kemajuan dalam keamanan siber perusahaan’, Alisa menyimpulkan.

Baca juga: Apa Saja Perbedaan ChatGPT Dan Copilot AI?

ChatGPT Dikeluhkan Jadi Malas, Ini Kata OpenAI

AI ChatGPT_3c

AI ChatGPT. (Sumber: Codemoi)

Baru-baru ini, OpenAI mengatakan sedang menyelidiki keluhan bahwa ChatGPT “malas”. Dalam beberapa hari terakhir, perusahaan telah menerima keluhan dari pengguna tentang versi terbaru ChatGPT, yang didasarkan pada model GPT-4 OpenAI.

Mereka mengaku chatbot tersebut menolak perintah yang diberikan dan tidak menjawab pertanyaan mereka. Mengutip The Independent, misalnya, ketika pengguna ChatGPT meminta serangkaian kode, chatbot hanya memberikan sedikit informasi dan kemudian meminta pengguna untuk mengisi sisanya.

Tak hanya itu, beberapa orang juga mengeluhkan, chatbot AI juga mengatakan kepada mereka bahwa mereka (pengguna) “mampu melakukan pekerjaan itu sendiri”. Sementara itu, di thread dan postingan Reddit di forum pengembang OpenAI, pengguna mengeluh bahwa sistem menjadi kurang berguna.

Mereka pun berspekulasi bahwa perubahan ini sengaja dilakukan OpenAI agar ChatGPT lebih efisien dan tidak memberikan respon yang panjang. OpenAI menyadari keluhan tentang sistem. Namun, mereka mengklaim tidak ada perubahan yang dilakukan pada modelnya.

“Kami mendengar semua komentar Anda tentang GPT4 yang malas!”, tulis perusahaan AI di Twitter/X. “Kami belum memperbarui model tersebut sejak 11 November dan hal itu tentunya tidak disengaja. Perilaku model tidak dapat diprediksi dan kami berupaya memperbaikinya,” tambahnya lebih detail.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – OpenAI akhirnya meluncurkan model baru GPT-4, khususnya GPT-4o, yang memiliki peningkatan besar dalam kecepatan dan pengenalan teks, gambar, dan audio. Dalam pengumuman...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Pada konferensi I/O kali ini, Google telah meluncurkan fitur baru untuk Circle to Search. Fitur yang dapat membantu siswa untuk mengerjakan...

Software

Unbox.id – Kecerdasan buatan (AI) menjadi semakin populer di banyak perusahaan di berbagai bidang, termasuk industri kuliner. PT Esensi Solusi Buana (ESB), pionir sistem...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — OpenAI mengumumkan model AI generatif andalan baru pada hari Senin yang mereka sebut GPT-4o. Di mana huruf “o” adalah singkatan dari...