Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Tips Isi Daya Smartphone dengan Aman

Charge Smartphone_1a
Charge Smartphone. (Sumber: Gear Smartphone)

Unbox.id – Baterai smartphone merupakan bagian yang perlu mendapat perhatian khusus. Alasannya karena komponen ini memegang peranan yang sangat penting agar smartphone dapat digunakan. Ada banyak cara untuk menjaga masa pakai baterai ponsel Anda, termasuk menjaganya tetap aman saat mengisi daya. Mengisi daya ponsel Anda mungkin tampak sepele. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menghindari kecelakaan dan menjaga umur ponsel Anda. Pada artikel kali ini, Unbox.id akan memberikan cara mengisi daya ponsel dengan aman. Tolong dengarkan sampai akhir, oke? Salah satu aspek terpenting dalam mengisi daya ponsel Anda adalah menggunakan pengisi daya dan kabel yang tepat. Anda disarankan untuk menggunakan pengisi daya dan kabel yang disertakan dalam kemasan ponsel Anda atau menggunakan aksesori pengisi daya pihak ketiga yang tepercaya. Seperti dikutip Gizchina, penggunaan aksesori pengisi daya palsu dapat menimbulkan risiko keamanan yang serius. Menggunakan aksesoris palsu dapat merusak ponsel Anda dan bahkan menyebabkan kebakaran.

Hindari Pengecasan Berlebihan

Charge Smartphone_2b

Charge Smartphone. (Sumber: The Quint)

Mengisi daya ponsel cerdas secara berlebihan akan membuatnya lebih cepat panas, sehingga dapat merusak baterai dan membahayakan keselamatan.

Untuk menghindari pengisian daya berlebih, daya ke port pengisian daya harus dimatikan saat baterai mencapai 100%. Beberapa ponsel cerdas memiliki fitur yang dapat mencegah pengisian berlebih dengan mematikan daya saat baterai sudah terisi penuh.

Panas adalah musuh utama baterai ponsel. Panas yang berlebihan dapat memperpendek masa pakai baterai, dan panas yang terus-menerus bahkan dapat menyebabkan kebakaran.

Untuk menjaga suhu ponsel Anda saat mengisi daya, hindari meletakkan ponsel cerdas Anda di permukaan yang lembut seperti bantal, karena dapat menahan panas. Yang terbaik adalah meletakkan ponsel Anda pada permukaan yang datar dan keras.

Hal ini memastikan sirkulasi udara di sekitar smartphone lancar dan baterai ponsel tidak terlalu panas saat mengisi daya.

Jangan Isi Baterai HP Saat Badai

Saat terjadi badai petir, pengisi daya ponsel harus dicabut untuk menghindari kerusakan akibat sengatan listrik atau petir. Petir dapat merambat melalui kabel daya dan merusak ponsel Anda. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat mengisi daya dalam kondisi cuaca buruk.

Penting untuk memeriksa kabel pengisi daya dan adaptor secara rutin untuk memastikan pengisian daya yang aman. Perhatikan tanda-tanda kerusakan, misalnya kabel kendor atau sambungan mulai kendor. Jika ternyata kabel atau kepala charger rusak, sebaiknya segera ganti kabel atau kepala charger tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Mengisi daya ponsel cerdas Anda di bawah sinar matahari langsung dapat menyebabkan ponsel menjadi terlalu panas sehingga dapat merusak baterai. Oleh karena itu, sebaiknya isi daya ponsel Anda di tempat yang sejuk dan teduh untuk menghindari panas berlebih dengan tetap memastikan suhu ponsel tetap terjaga.

Baca juga: Cara Bikin Sinyal Smartphone Lemot Jadi Ngebut

Isi Daya Smartphone di Tempat Sejuk dan Kering

Charge Smartphone_3c

Charge Smartphone. (Sumber: Techno)

Penting untuk mengisi daya ponsel cerdas Anda di tempat yang sejuk dan kering untuk menghindari panas berlebih dan korsleting.

Hindari mengisi daya perangkat Anda di ruangan dengan ventilasi terbatas karena dapat memerangkap udara dan menyebabkan panas berlebihan pada komponen ponsel.

Sebaiknya isi daya ponsel cerdas Anda dalam kondisi berventilasi baik sehingga udara dapat bersirkulasi dengan bebas. Meski terkesan sederhana, cara ini bisa mengurangi risiko panas berlebih, kerusakan, atau bahkan kebakaran secara signifikan.

Ini tidak hanya membantu sirkulasi udara, tetapi juga memeriksa kelembapan di sekitar area pengisian daya ponsel, termasuk port pengisian daya. Air menjadi salah satu musuh utama komponen elektronik khususnya smartphone.

Hindari mengisi daya smartphone saat kondisi sekitar sedang lembab. Masuknya air dapat menyebabkan korsleting listrik, merusak komponen ponsel, bahkan menimbulkan bahaya kebakaran.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Produk terbaru merk Vivo, yaitu versi Y28s 5G akan segera memasuki pasar China dalam waktu dekat. Merk tersebut akan segera menambahkan...

Handphone & Tablet

Jakarta, Unbox.id — General Mobile bersiap untuk memperkenalkan seri smartphone baru. GM atau General Mobile merupakan perusahaan yang berdiri di Turki. Kali ini, perusahaan...

Software

Jakarta, Unbox.id — Kali ini Apple mengumumkan serangkaian fitur aksesibilitas baru yang akan hadir di akhir tahun 2024 ini di iPhone dan iPad-nya. jadi...

Handphone & Tablet

Jakarta, Unbox.id — Seperti rumor yang telah beredar, Sony akhirnya merilis dua ponsel Xperia baru kali ini. Kedua ponsel adalah Xperia 1 VI dan...