Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Matikan 2 Fitur IOS Ini Agar Baterai iPhone Awet

iPhone Battery_1a
iPhone Battery. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Menjaga daya tahan baterai merupakan upaya para pengguna smartphone agar ponselnya dapat menemani aktivitas sehari-hari. Apple memberikan fitur-fitur penting agar baterai iPhone bisa bertahan lebih lama. Salah satunya adalah fitur iPhone Optimized Charging yang dapat mengoptimalkan pengisian daya ponsel agar tetap awet. Selain itu, pengguna juga dapat menghemat baterai ponselnya dengan menghindari suhu tinggi saat mengisi daya dan tidak mengosongkan baterai hingga benar-benar habis. Namun iPhone punya dua fitur yang bisa menguras baterai lebih cepat. Pada artikel kali ini Unbox.id memberikan cara mematikan dua fitur iPhone agar baterai iPhone Anda tahan lebih lama, seperti dikutip dari CNET. Semua widget yang dipasang di layar kunci memaksa aplikasi berjalan di latar belakang. Aplikasi terus mengambil data untuk menampilkan informasi widget, seperti cuaca, skor pertandingan, atau data lainnya (tergantung widget yang digunakan).

Hilangkan Widget di Layar Kunci iPhone

iPhone Widget Screen_2b

iPhone Widget Screen. (Sumber: CNET)

Penggunaan widget tersebut mengakibatkan baterai iPhone kamu cepat terkuras. Jika kamu ingin menghemat baterai iPhone, kamu bisa menghapus widget yang terpampang di Lock Screen, berikut caranya:

  • Tekan dan tahan layar kunci.
  • Klik Costumize.
  • Pilih opsi Lock Screen.
  • Ketuk widget yang terpasang di Lock Screen.
  • Lalu pencet tombol “-” untuk menghapus widget.

Matikan Haptic Feedback di Keyboard iPhone

Papan ketik iPhone dilengkapi Umpan Balik Haptic yang membuat Anda merasa seperti sedang mengetik di papan ketik fisik. Cara kerja Haptic Feedback adalah memberikan getaran setiap kali pengguna mengetik sesuatu di keyboard iPhone. Fitur ini memberikan pengalaman mengetik yang lebih kaya.

Meskipun tampak sederhana, umpan balik haptik dapat menguras baterai iPhone Anda dengan cepat karena mengaktifkan motor getaran ponsel. Menurut halaman dukungan resmi Apple, haptic feedback pada keyboard iPhone akan mempengaruhi masa pakai baterai iPhone.

Namun, tidak ada rincian yang diberikan tentang berapa banyak masa pakai baterai yang akan terkuras oleh umpan balik haptic. Jika Anda ingin lebih menghemat baterai di iPhone, Anda dapat mematikan umpan balik haptic dengan cara berikut:

  • Buka Settings.
  • Pilih Sounds & Haptics.
  • Ketuk Keyboard Feedback.
  • Lalu Nonaktifkan Haptic.

Dengan cara ini, getaran pada keyboard saat diketuk akan hilang, dan daya tahan baterai di iPhone kamu akan lebih panjang.

Apple Ingatkan Pengguna Tak Ngecas iPhone Semalaman

iPhone Battery_3c

iPhone Battery. (Sumber: Unilad)

Untuk memastikan daya tahan baterai lebih lama, produsen iPhone Apple telah mengeluarkan peringatan serius kepada pengguna iPhone. Peringatan ini terkait dengan aktivitas pengguna saat mengisi daya ponselnya.

Apple meminta pengguna untuk tidak membiarkan perangkatnya terhubung ke charger semalaman, artinya Apple mengingatkan pengguna untuk tidak mengisi daya iPhone semalaman.

Peringatan ini bukan tanpa alasan, karena bahan kimia ternyata mempengaruhi kebiasaan mengisi daya iPhone Anda. semalaman dapat berdampak negatif pada kesehatan baterai dan umur panjang perangkat Anda.

Mengutip Apple Insider, dalam panduan resmi yang diterbitkan Apple, perusahaan menjelaskan bahwa Mengisi daya iPhone semalaman dapat menyebabkan baterai terlalu panas, yakni kepanasan. Selain itu, suhu yang terlalu tinggi dapat merusak baterai dan mempercepat masa pakai perangkat.

Oleh karena itu, Apple menyarankan agar pengguna hanya mengisi daya iPhone jika diperlukan dan sebaiknya tidak mengisi daya lagi dari kapasitas baterai 80%.

Baca juga: Apple Beralih Kembangkan Robot Pintar

Sarankan Pengguna Hindari Pakai Charger Tak Resmi

Selain itu, Apple juga menyarankan agar pengguna menghindari penggunaan charger pihak ketiga yang tidak resmi. Hal ini karena charger yang tidak resmi dapat menyebabkan masalah keamanan dan dapat merusak baterai serta perangkat iPhone. Apple merekomendasikan penggunaan charger resmi yang telah diuji dan disetujui oleh perusahaan.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Jakarta, Unbox.id — Apple baru saja merilis pembaruan sistem operasi iOS 17.5 dan iPadOS 17.5 awal pekan ini. Sayangnya, tampak terjadi masalah yang ada...

Software

Jakarta, Unbox.id — Kali ini Apple mengumumkan serangkaian fitur aksesibilitas baru yang akan hadir di akhir tahun 2024 ini di iPhone dan iPad-nya. jadi...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp telah meluncurkan pembaruan pada aplikasi selulernya dengan memberi tampilan yang lebih segar dan lebih ramping. Selain itu, mereka juga memperkenalkan...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Tak bisa dipungkiri, iPhone masih menjadi ponsel idaman sebagian besar orang. Keunggulan dari ponsel Apple ini selain kualitas finishingnya yang sangat baik,...