Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

OpenAI Merilis Model ‘omni’ GPT-4o yang Kini Mendukung ChatGPT

OpenAI
OpenAI dalam presentasi terbaru GPT-4o | foto: OpenAI

Jakarta, Unbox.id — OpenAI mengumumkan model AI generatif andalan baru pada hari Senin yang mereka sebut GPT-4o. Di mana huruf “o” adalah singkatan dari “omni”, mengacu pada kemampuan model tersebut untuk menangani teks, ucapan, dan video. 

GPT-4o akan meluncur “secara berulang” di seluruh pengembang perusahaan dan produk konsumen selama beberapa minggu ke depan. CTO OpenAI Mira Murati mengatakan bahwa GPT-4o mampu meningkatkan kemampuan GPT-4 di berbagai modalitas dan media.

Baca juga: Motorola Razr 50 Ultra akan Debut Sebagai Razr+ di Amerika Serikat

“GPT-4o mendukung suara, teks, dan penglihatan,” kata Murati dalam presentasi yang disiarkan secara langsung di kantor OpenAI di San Francisco pada hari Senin. “Dan ini sangat penting, karena kita melihat masa depan interaksi antara kita dan mesin.”

Kemampuan Canggih dari GPT-4o OpenAI Terbaru

GPT-4 Turbo, model “tercanggih” terdepan dari OpenAI sebelumnya, terlatih memproses kombinasi gambar dan teks dan dapat menganalisis gambar dan teks. Ia menyelesaikan tugas seperti mengekstrak teks dari gambar atau bahkan mendeskripsikan konten gambar tersebut. 

Sementara itu, versi terbaru GPT-4o menambahkan pidato ke dalamnya. GPT-4o sangat meningkatkan pengalaman di chatbot bertenaga AI OpenAI, ChatGPT. Platform ini telah lama menawarkan mode suara yang mentranskripsikan tanggapan chatbot.

Baca juga: Huawei Akan Luncurkan Smartwatch Stylish HUAWEI WATCH Fit 3 di Indonesia

Pada versi GPT-4o terdapat peningkatan yang signifikan, memungkinkan pengguna berinteraksi dengan ChatGPT lebih seperti seorang asisten. Misalnya, pengguna dapat mengajukan pertanyaan kepada GPT-4o dan menyela ChatGPT saat sedang menjawab. 

Peningkatan Lainnya pada GPT-4o

GPT-4o juga meningkatkan kemampuan visi ChatGPT. Dengan adanya foto, ChatGPT kini dapat dengan cepat menjawab pertanyaan terkait. Mulai dari topik mulai dari “Apa yang terjadi dalam kode perangkat lunak ini?” hingga “Kemeja apa yang orang ini pakai?”

Fitur-fitur ini akan berkembang lebih jauh di masa depan, kata Murati. Saat ini GPT-4o dapat melihat gambar menu dalam bahasa lain dan menerjemahkannya. Di masa depan, model tersebut dapat memungkinkan ChatGP, seperti menonton pertandingan dengan statistik.

“Kami tahu bahwa model-model ini semakin kompleks, namun kami ingin pengalaman interaksi benar-benar menjadi lebih alami, mudah. Dan bagi Anda untuk tidak fokus pada UI sama sekali, tetapi cukup fokus pada kolaborasi dengan ChatGPT,” kata Murati.

Sumber: Tech Crunch

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Dalam wawancara eksklusif baru-baru ini, CEO OpenAI Sam Altman menjelaskan GPT-4 baru secara mendetail dan mengisyaratkan rencana masa depan untuk GPT-5. Altman...

Tech Industry

Unbox.id – Google telah merilis fitur baru untuk meningkatkan kemampuan chatbot AI miliknya, Gemini AI. Fitur tersebut diharapkan disebut Memori dan akan membantu Gemini...

Tech Industry

Unbox.id – Kecerdasan buatan (AI) dinilai telah menghantam pasar kerja global seperti tsunami. Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva mengatakan AI kemungkinan...

Software

Jakarta, Unbox.id — Samsung baru saja meluncurkan pembaruan OneUI 6.1 untuk seri Galaxy S21 di India, yang menambahkan fitur Galaxy AI ke ponselnya. Kini...