Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Cara Mudah Membuat Pengingat Google Calendar Untuk Keluarga

Calendar
ilustrasi: google calendar

Jakarta, Unbox.id – Memiliki agenda pekerjaan yang padat terkadang justru membuat orang-orang lupa hal kecil di dalam keluarga, seperti halnya ulang tahun. Ada berbagai cara untuk membuat pengingat mandiri seperti melingkari kalender di dinding. Namun, anda bisa melakukan cara yang lebih baik, yakni menggunakan Google Calendar.

Dengan memakai pengingat Google Calendar, Anda dapat memasukkan semua anggota keluarga yang ada di rumah maupun di luar kota. Selain itu, pengguna juga dapat menghubungkan langsung agenda tersebut dengan aplikasi video conference yaitu Google Meet. Bagaimana cara menambahkan agenda untuk satu keluarga, simak ulasan berikut.

Cara Mudah Mengingatkan Agenda Untuk Keluarga dengan Google Calendar

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pemasangan aplikasi Google Calendar jika belum memilikinya. Kunjungi toko aplikasi Google Play Store, lalu tulis kata kunci pada kolom pencarian. Aplikasi kalender dengan logo berwarna kombinasi biru, merah, hijau, dan kuning akan muncul. Klik instal dan tunggu hingga proses selesai.

Baca juga: Google Meet Punya Reaksi Emoji Lebih Interaktif Ketimbang Zoom

Tampilan pertama yang ada di aplikasi kalender Google tersebut akan memperlihatkan pada Anda jadwal agenda yang akan datang. Di sana juga ada agenda umum seperti peringatan nasional, hari libur nasional, tahun baru, dan lain sebagainya. Untuk membuat agenda, tekan tombol + yang ada di kanan bawah layar.

Muncul 3 opsi yang akan membantu Anda dalam membuat jenis pengingat, pertama adalah acara, kedua tugas, dan ketiga adalah pengingat. Untuk membuat agenda yang dapat menambahkan teman atau keluarga, tekan opsi acara. Tambahkan judul sesuai agenda, sesuaikan tanggal dan waktu alarm akan berbunyi.

Lalu, gulir lagi ke bawah, kemudian klik tombol ‘tambahkan orang’ untuk mengikutsertakan anggota keluarga lain. Namun, sebelum menambahkan anggota keluarga lain Anda harus mengetahui alamat email yang mereka miliki terlebih dahulu. Tambahkan fitur konferensi video jika ada yang terkendala jarak, seperti sedang di luar kota atau semacamnya.

Baca juga: Google Search Ingin Dikalahkan Lewat Microsoft AI ChatGPT

Tambahkan lokasi jika Anda ingin mengadakan acara di luar rumah, seperti di restoran, taman, dan sebagainya. Nah, setelah proses selesai maka anggota keluarga lain akan menerima notifikasi email untuk menyetujui acara tersebut. Anda akan melihat apakah mereka bersedia hadir atau tidak dalam acara yang Anda buat.

Nah, itu dia langkah-langkah untuk membuat agenda di Google Calendar yang bermanfaat untuk satu keluarga. Ini juga dapat Anda lakukan untuk anggota kelas, rekan-rekan di kantor, tim sepakbola, dan sebagainya.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google berencana menghadirkan fitur anti-pencurian baru untuk sekelompok kecil pengguna. Pada acara Google I/O beberapa minggu lalu, perusahaan memperkenalkan fitur anti-pencurian baru,...

Tech Industry

Last updated on 14 Juni, 2024 Unbox.id – Apple baru saja memperkenalkan sistem kecerdasan buatan (AI) Apple Intelligence. Ini adalah fitur AI terbaru yang...

Tech Industry

Last updated on 9 Juni, 2024 Unbox.id – Google telah merilis NotebookLM versi terbaru. Sekadar informasi, NotebookLM merupakan asisten peneliti dan penulis yang didukung...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Fitbit, anak perusahaan Google, telah mengumumkan peluncuran Fitbit Ace LTE, jam tangan pintar baru dengan rancangan khusus untuk anak-anak. Perangkat ini...