Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Ketahui Cara Untuk Lindungi Privasi di WhatsApp

WhatsApp Privacy_1a
WhatsApp Privacy. (Sumber: RM Update)

Unbox.id – Tidak bisa dipungkiri bahwa WhatsApp telah menjadi aplikasi chatting yang populer saat ini. Oleh karena itu, aplikasi Meta juga banyak digunakan pengguna untuk berbagi pemikiran dan informasi pribadi. Oleh karena itu, WhatsApp juga menawarkan perlindungan enkripsi end-to-end untuk menjamin keamanan pesan yang dikirim melalui platform. Namun tidak hanya itu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan pengguna untuk menjaga percakapan di platform tetap aman. Nah, untuk memastikan pengguna bisa menjaga keamanan obrolannya, WhatsApp pun memberikan beberapa tips untuk penggunanya. Selain itu, minggu ini adalah Pekan Kesadaran Privasi, yang berlangsung pada tanggal 6 hingga 12 Mei. Lalu apa saja tips penting yang perlu diketahui pengguna aplikasi WhatsApp? Simak tips penting berikut ini. Pengguna WhatsApp dapat memilih untuk mengatur kata sandi untuk verifikasi nanti, setelah mendaftarkan nomornya. Pengguna dapat menggunakan Touch ID, Face ID, termasuk kata sandi perangkat. Selain itu, pengguna juga perlu mengaktifkan verifikasi dua langkah. Dengan cara ini, pengguna dapat memastikan bahwa satu-satunya orang yang dapat mengakses akunnya adalah dirinya sendiri. Setelah diaktifkan, pengguna akan diminta memasukkan PIN 6 digit sebelum mengakses aplikasi chat. Fitur ini dapat melindungi pengguna dari serangan phishing, termasuk upaya pengambilalihan yang curang.

Kendalikan Informasi yang Kamu Bagikan

WhatsApp Privacy_2b

WhatsApp Privacy. (Sumber: Identity Week)

Privasi bukan hanya tentang keamanan pesan, namun juga tentang kontrol atas data pribadi. Untuk tujuan ini, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengontrol siapa yang dapat melihat informasi profil mereka, termasuk status, foto profil, kunjungan terakhir, termasuk kemampuan untuk menambahkan ke grup.

Dengan membatasi informasi yang dibagikan, pengguna dapat melindungi privasi mereka dan mengurangi risiko penyalahgunaan data. Pengguna WhatsApp juga bisa memanfaatkan fitur see-once untuk meningkatkan privasi saat berkirim pesan.

Fitur ini memungkinkan pengguna mengirim foto, video, dan pesan suara yang hilang begitu penerima membukanya. Kedepannya, foto dan video tidak akan disimpan ke foto atau galeri penerima.

Mereka juga tidak dapat meneruskan, membagikan, menyalin, atau bahkan mengambil tangkapan layar dari pesan yang dikirim.

Selain itu, pengguna juga dapat mengaktifkan fitur kunci obrolan untuk memberikan lapisan keamanan ekstra pada obrolan tertentu. Jadi pengguna perlu membuka kunci obrolan untuk mengautentikasi perangkat agar dapat membaca atau mengirim pesan.

Pengguna dapat membuka kunci obrolan dengan mengautentikasi perangkat seperti kode sandi Akses Smartphone, ID Wajah, sidik jari, termasuk kata sandi yang dapat diatur. Obrolan ini akan disimpan terpisah dari obrolan lain dalam folder terkunci.

Baca juga: Pengguna WhatsApp Kini Bisa Jadwalkan Acara Pada Komunitas

Pengguna WhatsApp Kini Bisa Jadwalkan Acara di Fitur Komunitas

Whatsapp Community_2b

Whatsapp Community. (Sumber: RM Update News)

Di sisi lain, WhatsApp sebelumnya mengumumkan fitur baru layanan Komunitas di aplikasinya. Pembaruan fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola acara di WhatsApp.

Dalam rilis resmi yang diterima, kini pengguna akan lebih mudah untuk menjadwalkan pertemuan langsung di WhatsApp melalui Komunitas. Fitur ini membantu pengguna mempersiapkan pertemuan virtual atau makan malam ulang tahun.

“Siapa pun dapat membuat acara dan orang lain dapat meresponsnya sehingga semua orang di grup mengetahui acara apa yang akan datang”, tulis WhatsApp dalam pernyataannya.

Tidak hanya itu, para tamu juga dapat menemukan acara di halaman informasi grup, serta menerima pemberitahuan otomatis ketika acara mendekat. Awalnya, fitur tersebut akan tersedia terlebih dahulu di grup komunitas WhatsApp, lalu diluncurkan ke semua grup.

WhatsApp juga menyediakan jawaban untuk grup periklanan. Dengan cara ini, admin dapat mendengarkan komentar anggota sekaligus menjadikan grup sebagai tempat yang mudah untuk mencari informasi dalam komunitas.

Tanggapan kemudian akan dikelompokkan menjadi satu dan diciutkan sehingga pengguna dapat melihat apa yang dikatakan orang lain di kantor konteks. Selain itu, notifikasi akan dinonaktifkan untuk semua orang.

“Selama beberapa bulan mendatang, kami akan terus meluncurkan fitur-fitur baru ke Komunitas dan Grup sehingga pengguna memiliki lebih banyak fitur untuk mengatur kehidupan mereka di WhatsApp,” tulis aplikasi obrolan tersebut di sebuah pernyataan.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp telah meluncurkan pembaruan pada aplikasi selulernya dengan memberi tampilan yang lebih segar dan lebih ramping. Selain itu, mereka juga memperkenalkan...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp secara resmi telah mengumumkan perubahan desain pada aplikasinya untuk platform Android dan iOS. Bagi banyak pengguna, perubahan ini sudah terasa dalam...

Tech Industry

Unbox.id – WhatsApp telah mengumumkan fitur baru di Layanan Komunitas dalam aplikasinya. Pembaruan fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola acara di WhatsApp. Dalam keterangan...

Social Media

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp ancam tutup layanannya di India jika terpaksa mengkompromikan enkripsi end-to-end. Perusahaan mengajukan permohonan ke Pengadilan Tinggi Delhi, menentang peraturan TI...