Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

ESB Hadirkan Asisten AI Pertama di Dunia

ESB OLIN_1A
ESB OLIN. (Sumber: ESB)

Unbox.id – Kecerdasan buatan (AI) menjadi semakin populer di banyak perusahaan di berbagai bidang, termasuk industri kuliner. PT Esensi Solusi Buana (ESB), pionir sistem operasi terintegrasi untuk sektor kuliner, baru-baru ini meluncurkan OLIN. Apa itu OLIN? OLIN merupakan aplikasi asisten AI yang dirancang khusus untuk membantu bisnis restoran meningkatkan keuntungan secara otomatis dan diperkenalkan secara luas pada acara AllFood Indonesia baru-baru ini, seperti dikutip dalam rilisnya. Gunawan, selaku CEO dan salah satu pendiri ESB mengatakan: “Seiring dengan perkembangan digital, bisnis F&B menghadapi berbagai tantangan untuk mengelola operasional bisnisnya dan meningkatkan penjualan. “OLIN dapat membantu Anda memprediksi potensi sasaran penjualan dan mengidentifikasi promosi yang paling efektif. “, usulkan kombinasi menu, cegah penipuan, dan verifikasi status operasional bisnis,” ujarnya.

Asisten AI ESB

ESB OLIN_2b

ESB OLIN. (Sumber: Liputan6)

Gunawan menjelaskan asisten AI ini dirancang dengan mengusung empat nilai utama:

  • Security, keamanan dan kerahasiaan data terjamin karena seluruh data dikumpulkan dan diolah di dalam server ESB.
  • Accuracy, proses data dilakukan setiap hari secara terperinci dan akurat, serta menyajikan laporan yang lengkap dan detail.
  • Reliability, OLIN mengolah data realtime dari transaksi harian setiap brand sehingga rekomendasi yang diberikan bersifat spesifik, dan telah teruji selama dua tahun di beberapa merchant ESB.
  • Convenience, memiliki user experience simpel, OLIN memastikan data terolah otomatis dan penyajian rekomendasi praktis.

“OLIN AI membantu pengusaha kuliner di berbagai aspek bisnis dengan akurasi hingga 90%, tingkat akurasi akan lebih tinggi jika menggunakan produk ESB minimal tiga bulan,” kata Gunawan.

OLIN: Asisten AI Pintar Mengerti Bisnis Anda

Perusahaan menjelaskan bahwa aplikasi asisten AI-nya lebih dari sekedar asisten virtual biasa. ESB mengklaim bahwa OLIN adalah mitra intelijen yang mampu menganalisis data bisnis Anda secara real time dan memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi.

Kemampuan OLIN meliputi:

  • Memprediksi Target Penjualan: OLIN membantu Anda memprediksi potensi penjualan dengan akurasi tinggi, sehingga Anda dapat menyusun strategi bisnis yang lebih efektif.
  • Mengidentifikasi Promosi Paling Efektif: OLIN menganalisis data penjualan dan perilaku pelanggan untuk mengidentifikasi promo mana yang paling menarik dan menghasilkan konversi terbaik.
  • Merekomendasikan Menu Kombinasi: OLIN membantu Anda menciptakan menu yang disukai pelanggan dengan merekomendasikan kombinasi hidangan yang tepat.
  • Mencegah Fraud: OLIN memantau aktivitas transaksi untuk mendeteksi dan mencegah potensi kecurangan.
  • Memeriksa Kesehatan Bisnis: OLIN memberikan laporan kesehatan bisnis yang komprehensif, membantu Anda mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan peluang baru untuk berkembang.

Baca juga: Sam Altman Bantah Rumor Peluncuran Mesin Pencari OpenAI

Apa Itu Asisten AI?

Artificial Intelligence_2b

Artificial Intelligence. (Sumber: Digital Authority Partners)

Asisten AI adalah program komputer yang dirancang untuk membantu pengguna dengan berbagai tugas melalui penggunaan kecerdasan buatan.

Mereka dapat melakukan berbagai macam fungsi, mulai dari menjawab pertanyaan sederhana dan melakukan tugas-tugas administratif hingga memberikan rekomendasi, memecahkan masalah kompleks, dan bahkan melakukan tugas-tugas yang lebih spesifik seperti pengelolaan data atau analisis prediktif.

Asisten AI biasanya dilengkapi dengan kemampuan pemrosesan bahasa alami (natural language processing/NLP) yang memungkinkan mereka untuk memahami dan merespons input manusia dengan cara yang alami.

Mereka juga dapat menggunakan pembelajaran mesin dan teknologi kecerdasan buatan lainnya untuk memperbaiki kinerja mereka seiring waktu dengan pengalaman dan data yang lebih banyak.

Contoh populer dari Asisten AI termasuk Siri dari Apple, Google Assistant, Amazon Alexa, dan Microsoft Cortana. Mereka hadir dalam berbagai perangkat, mulai dari ponsel cerdas dan speaker pintar hingga mobil dan perangkat rumah pintar lainnya.

Untuk berita-berita menarik lainnya, Anda dapat terus baca berita-berita terbaru dari Unbox.id karena kami selalu menyediakan berita terbaru terkait teknologi.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google telah merilis fitur baru untuk meningkatkan kemampuan chatbot AI miliknya, Gemini AI. Fitur tersebut diharapkan disebut Memori dan akan membantu Gemini...

Tech Industry

Unbox.id – Kecerdasan buatan (AI) dinilai telah menghantam pasar kerja global seperti tsunami. Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva mengatakan AI kemungkinan...

Software

Jakarta, Unbox.id — Samsung baru saja meluncurkan pembaruan OneUI 6.1 untuk seri Galaxy S21 di India, yang menambahkan fitur Galaxy AI ke ponselnya. Kini...

Tech Industry

Unbox.id – OpenAI akhirnya meluncurkan model baru GPT-4, khususnya GPT-4o, yang memiliki peningkatan besar dalam kecepatan dan pengenalan teks, gambar, dan audio. Dalam pengumuman...