Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Android 15 Segera Hadir, Intip 10 Fitur Menarik di Dalamnya

Android 15
Android 15 | foto: Gizmochina

Jakarta, Unbox.id — Beberapa bulan sebelum rilis resmi Android 15, sebagian besar fitur dan perubahan baru telah terungkap. Melansir dari laman Gizmochina, Rabu 15 Mei 2024, setidaknya ada 10 fitur yang dapat Anda ketahui apa saja fitur-fitur menarik di dalamnya.

Pada versi pendahulunya, generasi ke-12 merupakan pemutakhiran OS terakhir yang bahasa desain baru dan sejumlah fitur baru. Sayangnya, generasi ke-13 dan 14, belum terlalu mengesankan. Mereka tidak memperkenalkan fitur-fitur inovatif atau perubahan UI apa pun.

Pada pembaruan sistem operasi Android generasi ke-15 ini, pengembang menghadirkan segudang fitur menarik yang akan membuat Anda tak sabar menantikannya. Lalu, apa saja fitur menarik yang mereka tawarkan di dalamnya pada OS terbaru generasi ke-15 ini?

Bocoran Fitur Baru Android 15: Dukungan Konektivitas Satelit

Sejak Apple mengumumkan dukungan konektivitas satelit untuk iPhone, pengguna Android sudah sangat menantikan untuk mencobanya. Google akhirnya mengabulkan keinginan itu. Dengan fitur ini, Anda dapat mengirim SMS meskipun tidak ada menara seluler di sekitar.

Baca juga: Motorola Razr 50 Ultra akan Debut Sebagai Razr+ di Amerika Serikat

Fitur tersebut juga memungkinkan aplikasi SMS dan aplikasi RCS menggunakan dukungan konektivitas satelit untuk mengirim dan menerima pesan. Artinya, konektivitas satelit tidak hanya terbatas pada penggunaan darurat saja. 

Pratinjau Pengembang Android 15 versi 2 mendukung konektivitas satelit di tingkat sistem operasi. Namun, kami tidak yakin apakah rilis final akan memiliki fitur ini di tingkat OS. Jika ini terjadi, semua ponsel Android 15 akan memiliki dukungan konektivitas satelit.

Temukan Ponsel Anda Meskipun Sedang Offline

Temukan perangkat saya | foto: Gizmochina

Fitur Temukan Perangkat Saya dari Google mendapatkan peningkatan besar di OS kali ini. Sesuai kebijakan pengembang, semua ponsel Android 15 dapat melakukan ping satu sama lain melalui Bluetooth dan dapat berkontribusi ke jaringan.

Fitur ini mengandalkan penyiaran perangkat Android, yang pada dasarnya adalah sinyal Bluetooth. Perangkat terdekat yang merupakan bagian dari jaringan “Temukan Perangkat Saya” dapat menangkap sinyal Bluetooth dari perangkat penyiaran dan mengunggah detail lokasi terenkripsi ke server Google.

Baca juga: OpenAI Merilis Model ‘omni’ GPT-4o yang Kini Mendukung ChatGPT

Hanya pemilik perangkat penyiaran dan orang yang memiliki akses ke kunci enkripsi yang dapat mendekripsi lokasi. Artinya, miliaran perangkat akan saling melakukan ping melalui Bluetooth setelah perangkat tersebut ditambahkan ke jaringan Temukan Perangkat Saya.

Fitur Powered Off Finding

Google kabarnya sedang mengerjakan fitur Powered Off Finding, atau “Penemuan Dimatikan” yang memungkinkan pengguna menemukan perangkat mereka meskipun perangkat dalam keadaan mati. Model Pixel 8 akan mendukung Powered Off Finding.

Sayangnya, fitur ini tidak akan tersedia di perangkat Pixel lama, termasuk seri Pixel 7 dan Pixel Fold. Google belum mengonfirmasi fitur Powered Off Finding, namun kemungkinan akan diumumkan pada peluncuran seri Pixel 9 pada bulan Oktober tahun ini. 

Fitur Android 15: Kesehatan Baterai

Android

Fitur kesehatan baterai | foto: Gizmochina

Sistem Operasi terbaru memungkinkan pengguna melihat kesehatan baterai perangkat mereka. Fitur ini pertama kali terlihat di generasi ke-14 QPR2 Beta 2, namun belum sepenuhnya tersedia, sehingga tidak pernah muncul di perangkat Google Pixel mana pun. 

Pengembang versi terbaru kini akan membuat informasi kesehatan baterai dengan akses terbuka bagi para pengguna. Baterai menurun seiring berjalannya waktu karena kapasitasnya untuk menahan daya semakin berkurang seiring berjalannya waktu. 

Fitur kesehatan baterai menunjukkan persentase sisa kapasitas baterai asli, dan karenanya merupakan metrik berguna yang membantu pengguna mengganti baterai pada waktu yang tepat. Apple iPhone telah memiliki fitur kesehatan baterai selama bertahun-tahun.

Pengarsipan Aplikasi

Android 15

Fitur Pengarsipan Aplikasi | foto: Gizmochina

Pengarsipan aplikasi adalah fitur yang memungkinkan Anda menghemat penyimpanan dengan mencopot pemasangan aplikasi yang tidak digunakan sekaligus menyimpan data pengguna. Saat Anda menginstal ulang aplikasi, Anda dapat kembali ke tempat semula.

Sebelumnya Google sudah memiliki fitur pengarsipan aplikasi melalui Google Play Store. Kekurangannya di sini adalah Anda tidak bisa mengarsipkan aplikasi yang terpasang di luar Google Play Store. Android 15 mendukung pengarsipan aplikasi di tingkat OS

Ia juga memiliki opsi untuk mengarsipkan aplikasi secara otomatis yang jarang Anda gunakan. Saat mengarsipkan aplikasi, ikon aplikasi menjadi abu-abu dan menampilkan ikon unduh, mengetuknya akan mengarahkan Anda ke Google Play Store untuk mengunduh. 

Fitur Android 15: Masa Tenang Pemberitahuan

Fitur berguna lainnya yang hadir di OS versi terbaru adalah “Notification cooldown.” Ini menurunkan volume notifikasi berturut-turut dari aplikasi yang sama. Fitur ini mencegah pengguna merasa terganggu dengan terlalu banyak notifikasi.

Masa tunggu notifikasi terlihat di versi Pratinjau Pengembang pertama, tetapi tersembunyi di versi beta pertama. Mungkin, Google membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengembangkan fitur ini sebelum merilisnya ke publik.

Orang-orang di Otoritas pengembang sistem operasi juga telah melihat tombol baru yang disebut “getar saat tidak terkunci” di versi baru Android 15. Mengaktifkannya akan mencegah ponsel Anda yang terkunci bergetar saat Anda menerima notifikasi berturut-turut.

Berbagi Layar Sebagian

Berbagi layar sebagian adalah tambahan lain yang berguna dan berfokus pada privasi pada Android 15 yang memungkinkan pengguna berbagi dan merekam satu aplikasi, bukan seluruh layar. Jadi, Anda bisa tetap tenang meski tanpa sengaja membuka aplikasi random. 

Fitur ini pertama kali muncul di Android 14 QPR 2 pada perangkat Pixel tetapi kini akan tersedia untuk semua perangkat terbaru. OS baru ini mungkin menawarkan fitur privasi tambahan seperti ruang pribadi dan notifikasi sensitif.

Aplikasi Edge-to-Edge secara Default

Smartphone dapat menampilkan konten lebih banyak dari sebelumnya berkat bezel tipis dan ukuran layar besar. Namun, banyak aplikasi tidak menggunakan seluruh tinggi dan lebar untuk menampilkan kontennya. 

Android 15 mengatasi masalah ini dengan memaksa semua aplikasi menggunakan edge-to-edge secara default, sehingga meningkatkan pengalaman pengguna.

Fitur Android 15: Ruang Pribadi

Pengembang  memperkenalkan Ruang Pribadi untuk mengamankan aplikasi dan file penting Anda. Seperti namanya, ini menciptakan ruang pribadi tempat Anda dapat menambahkan aplikasi dan data, dan menggunakan kata sandi atau PIN yang berbeda untuk keamanan.

Pengguna akan dapat menyembunyikan ruang pribadi dari daftar aplikasi, mengubah layar kunci, menginstal aplikasi di ruang pribadi, dan menghapus ruang pribadi.

Notifikasi Sensitif

Penipuan OTP telah tumbuh secara masif. Salah satu alasan utamanya adalah aplikasi pihak ketiga yang berbahaya dengan akses ke pesan. Mereka dapat membaca semua pesan Anda, termasuk yang berisi OTP, dan dapat menggunakannya untuk segala macam tujuan negatif.

OS terbaru bertujuan untuk memperbaikinya dengan memperkenalkan “Pemberitahuan Sensitif” yang mencegah aplikasi berbahaya membaca OTP Anda. Itulah 10 fitur terbaik yang ditemukan di Android 15 sejauh ini. 

Google mungkin menambahkan lebih banyak fitur ke OS baru hingga mencapai fase stabilitas platform. Meskipun sistem operasi buatan Google yang terbaru ini belum memiliki tanggal rilis resmi, kemungkinan akan segera tiba sekitar bulan Oktober.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Google

Jakarta, Unbox.id — Setelah beberapa waktu meluncurkan fitur multi view di aplikasi YouTube TV, kini fitur tersebut akan segera hadir di perangkat Android. Dengan...

Tech Industry

Unbox.id – Google baru saja merilis kode untuk Project Gameface, sebuah proyek inovatif yang memungkinkan pengguna ponsel cerdas mengontrol menggunakan ekspresi wajah. Setelah dipresentasikan...

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Produk terbaru merk Vivo, yaitu versi Y28s 5G akan segera memasuki pasar China dalam waktu dekat. Merk tersebut akan segera menambahkan...

Software

Unbox.id – Google telah merilis fitur baru untuk meningkatkan kemampuan chatbot AI miliknya, Gemini AI. Fitur tersebut diharapkan disebut Memori dan akan membantu Gemini...