Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Apa Saja Perbedaan ChatGPT dan Copilot AI?

ChatGPT Copilot AI_1a
ChatGPT vs Copilot AI. (Sumber: MSPoweruser)

Unbox.id – Pada awal tahun 2024, Microsoft tiba-tiba merilis chatbot AI sintetis berbasis ChatGPT yang mereka sebut Copilot. Copilot telah dirilis di Android dan iOS. Keduanya merupakan alat AI inovatif dari Microsoft. Keduanya menampilkan teknologi AI yang dikembangkan dengan tujuan membantu pengguna menyelesaikan tugas dan pengoperasian lebih cepat dan efisien. Meski keduanya tampak mirip, namun ada beberapa perbedaan di antara keduanya. Artikel ini akan membahas perbedaan ini, berdasarkan halaman dukungan Microsoft.

Apa Itu ChatGPT?

ChatGPT_1a

ChatGPT. (Sumber: UK Deals)

ChatGPT adalah teknologi pemrosesan bahasa alami yang menggunakan pembelajaran mesin, pembelajaran mendalam, dan pemahaman bahasa alami serta pembuatan bahasa alami untuk menjawab pertanyaan atau merespons percakapan.

ChatGPT dirancang untuk meniru percakapan manusia dengan memahami pertanyaan atau komentar manusia. dan merespons dengan partisipasi penuh seperti percakapan biasa. ChatGPT dikembangkan oleh OpenAI. Layanan ini diluncurkan pada November 2022. GPT di ChatGPT adalah singkatan dari pra-pelatihan Transformator Generatif.

Berarti model telah dilatih pada sejumlah besar bahasa yang digunakan oleh manusia data dari internet, buku, artikel, situs web, dan media sosial. ChatGPT tersedia sebagai API yang dapat diintegrasikan ke dalam banyak aplikasi.

ChatGPT bekerja seperti chatbot, seolah-olah alat tersebut dirancang untuk mengobrol dengan pengguna. Setelah mengajukan pertanyaan atau perintah, ChatGPT akan menggunakan algoritme pembelajaran mesin untuk memahami konteks pertanyaan dan menyiapkan jawaban yang sesuai.

Untuk menghasilkan jawaban, ChatGPT memprediksi kata berikutnya dalam urutan berdasarkan pola yang dipelajari dari manusia bahasa. Semakin detail perintahnya, semakin akurat respons ChatGPT.

ChatGPT dapat melakukan sejumlah tugas, mulai dari membuat esai, mengirim email, hingga menulis surat lamaran. ChatGPT juga dapat membuat daftar objek, mendeskripsikan karya seni secara detail, menulis kode, merangkum konten, menulis puisi dan lirik lagu, bahkan membuat resume.

Tidak seperti mesin pencari lainnya, ChatGPT tidak memiliki kemampuan untuk menjelajah Internet. Bahkan tidak diketahui secara pasti apakah ChatGPT mengetahui berita terkini yang muncul di Internet.

Ini mungkin merupakan ruang yang berisi kesalahan atau ilusi dalam jawaban yang diberikan. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk meninjau atau mengubah informasi yang disediakan oleh ChatGPT. Seperti alat AI lainnya, pengguna mungkin memerlukan trial and error saat membuat pertanyaan untuk mendapatkan jawaban yang mereka butuhkan.

Apa Itu Microsoft Copilot?

Microsoft Copilot_3c

Microsoft Copilot. (Sumber: TechFinitive)

Microsoft Copilot adalah asisten digital bertenaga AI yang memberikan dukungan yang dipersonalisasi kepada pengguna untuk menyelesaikan berbagai tugas dan aktivitas.

Copilot tidak hanya terhubung ke ChatGPT melalui Microsoft 365 tetapi juga menggabungkan model bahasa yang dapat diperluas oleh pengguna. data di Microsoft Graph (termasuk email, kalender, obrolan, dokumen, rapat, dan lainnya) dan aplikasi Microsoft 365 untuk mengubah kata menjadi alat produktivitas yang canggih.

Copilot sudah ada di aplikasi Microsoft 365 dari Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Teams, dan lainnya memungkinkannya merangsang kreativitas pengguna dan meningkatkan produktivitas.

Baca juga: Microsoft Copilot Bakal Punya Tombol Khusus Di Keyboard Windows 11

Perbedaan Model Bahasa dan Dukungan DALL-E 3

Times of India mengungkap perbedaan ChatGPT dan Copilot terletak pada model bahasa yang mendukungnya. Keduanya didasarkan pada LLM OpenAI. Namun, Copilot hadir dengan integrasi GPT-4 secara gratis.

Di sisi lain, ChatGPT memiliki GPT-3 secara default dan pengguna harus mendaftar untuk dapat mengakses model bahasa GPT-4 dan fitur-fitur lanjutan yang lebih tinggi.

Aplikasi Copilot memiliki tuas GPT-4 khusus di layar beranda. Copilot juga didukung dengan fungsi pembuatan gambar atau image menggunakan template DALL-E 3 yang tersedia secara gratis. Sementara itu, ChatGPT juga dapat digunakan namun fungsi ini terbatas pada klien ChatGPT Plus saja.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Chatbot AI yang diproduksi perusahaan Elon Musk kini mampu “memahami” gambar, mulai dari diagram hingga tabel berisi informasi. Hal tersebut diungkapkan xAI...

Tech Industry

Unbox.id – Elon Musk, CEO Tesla dan pemilik platform media sosial X, kembali menjadi perbincangan setelah mengutarakan pandangannya tentang kecerdasan buatan (AI). Dalam wawancara...

Apps & Games

Unbox.id – Google Workspace mengumumkan sejumlah pembaruan fitur pada acara Google Cloud Next 2024. Seperti tema besar acara tahunan ini, kecerdasan buatan (AI) menjadi...

Software

Unbox.id – Google baru saja mengumumkan kabar baik untuk semua pengguna Android. Pengguna tablet atau ponsel Android kini dapat menggunakan fitur pengeditan foto di...