Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apple

Hemat Baterai iPhone Anda dengan Trik Sederhana Ini!

Baterai iPhone_1a
Baterai iPhone. (Sumber: Tech Zone)

Unbox.id – iPhone memiliki banyak sekali fitur dengan berbagai keunggulan, seperti tampilan yang lebih keren dan fitur yang memudahkan aktivitas sehari-hari. Namun tak jarang fitur-fitur tertentu yang ditawarkan iPhone menyebabkan baterai cepat terkuras. Baterai yang cepat habis pasti dapat mengganggu pengalaman penggunaan iPhone Anda. Pada artikel kali ini Unbox.id akan memberikan tips mengatur dua fitur iPhone agar baterai lebih awet. Salah satu fitur terbaru di iOS adalah widget. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menampilkan informasi singkat di layar beranda dan layar kunci iPhone Anda, seperti menampilkan jam, cuaca, musik yang sedang diputar, dan banyak lagi. Namun mengutip CNET, fitur ini menyebabkan baterai iPhone Anda lebih cepat terkuras. Karena utilitas yang terinstal secara otomatis berjalan di latar belakang dan mengambil data dan informasi yang membutuhkan daya lebih besar. Bagi yang ingin baterai iPhone-nya bertahan lebih lama, sebaiknya hindari penggunaan widget, termasuk widget di lock screen atau home screen. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan beralih ke profil layar kunci lain. Caranya, ketuk jari Anda pada layar kunci yang ada, lalu geser untuk memilih layar kunci tanpa widget apa pun.

Cara Hapus Widget

Widget iPhone_1a

Widget iPhone. (Sumber: CNET)

Jika kamu ingin menghapus widget di layar kunci, caranya mudah. Ikuti langkah berikut:

  • Tahan jari di layar kunci.
  • Klik Costumize.
  • Pilih Lock Screen Option.
  • Ketuk widget yang terpampang.
  • Kemudian klik tombol “-” di setiap widget untuk menghapus widget tersebut.

Matikan Fitur Haptic Keyboard

Ada pula fitur lain yang mungkin tidak Anda sadari bisa menguras baterai iPhone dengan cepat, yakni haptic feedback. Fitur ini pertama kali diperkenalkan di iOS 16 dan memberikan sensasi penekanan tombol yang nyata saat mengetik di keyboard.

Fitur ini jelas dapat menguras baterai iPhone Anda dengan cepat. Menurut halaman dukungan Apple, umpan balik haptik memengaruhi masa pakai baterai iPhone.

Meskipun tidak ada rincian berapa banyak baterai yang terkuras dari fitur keyboard ini, Anda dapat mematikannya untuk memperpanjang masa pakainya. Untuk menonaktifkan umpan balik haptik, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pergi ke Settings.
  • Ketuk Sounds & Haptics.
  • Klik Keyboard Feedback.
  • Matikan fitur Haptic.

Apple Ingatkan Pengguna Tak Ngecas iPhone Semalaman

Selain itu, Apple juga mengingatkan penggunanya untuk tidak mengisi baterai iPhone dalam semalam. Perusahaan meminta pengguna untuk tidak membiarkan perangkat mereka terhubung ke pengisi daya semalaman, artinya Apple mengingatkan pengguna untuk tidak mengisi daya iPhone mereka semalaman.

Peringatan ini bukan tanpa alasan, karena ternyata kebiasaan Mengisi daya iPhone semalaman dapat berdampak buruk. efek buruk. Mempengaruhi kesehatan baterai dan umur panjang perangkat.

Mengutip Apple Insider, dalam panduan resmi yang diterbitkan Apple, perusahaan menjelaskan bahwa mengisi daya iPhone semalaman dapat menyebabkan baterai menjadi terlalu panas.

Panas yang berlebihan dapat merusak baterai dan mempercepat masa pakai perangkat. Oleh karena itu, Apple menyarankan agar pengguna hanya mengisi daya iPhone mereka bila diperlukan dan sebaiknya tidak mengisi daya lebih dari 80% kapasitas baterai.

Baca juga: Bocoran IPhone SE 4 Dan Fitur Terbarunya

Sarankan Pengguna Hindari Pakai Charger Tak Resmi

Baterai iPhone_2b

Baterai iPhone. (Sumber: Tech Zone)

Selain itu, Apple juga menyarankan agar pengguna menghindari penggunaan pengisi daya pihak ketiga yang tidak resmi. Hal ini karena pengisi daya tidak resmi dapat menyebabkan masalah keamanan dan merusak baterai dan perangkat iPhone.

Apple merekomendasikan penggunaan pengisi daya resmi yang telah diuji dan disetujui oleh perusahaan. Menurut Apple, mengisi daya iPhone semalaman juga dapat memengaruhi kinerja baterai.
Sering mengisi daya baterai secara berlebihan dapat menyebabkan baterai lebih cepat rusak.

Artinya baterai akan kehilangan kapasitasnya seiring berjalannya waktu dan masa pakai baterai akan berkurang secara signifikan.

Untuk menjaga baterai dalam kondisi baik dan memperpanjang umur perangkat, Apple menyarankan agar pengguna iPhone mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Mengisi daya iPhone hanya saat diperlukan dan tidak melebihi 80 persen kapasitas baterai.
  • Menggunakan charger resmi yang telah diuji dan disetujui oleh Apple.
  • Menghindari penggunaan charger pihak ketiga yang tidak resmi.
  • Menjaga suhu perangkat agar tetap stabil, terutama saat penggunaan intensif atau saat mengisi daya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple diperkirakan akan meluncurkan jam tangan pintar barunya tahun ini. Ada rumor yang menyebutkan jam tangan ini akan diberi nama Apple Watch....

Software

Jakarta, Unbox.id — Apple baru saja merilis pembaruan sistem operasi iOS 17.5 dan iPadOS 17.5 awal pekan ini. Sayangnya, tampak terjadi masalah yang ada...

Software

Jakarta, Unbox.id — Kali ini Apple mengumumkan serangkaian fitur aksesibilitas baru yang akan hadir di akhir tahun 2024 ini di iPhone dan iPad-nya. jadi...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple Vision Pro yang sebelumnya hanya tersedia di pasar AS, juga akan dijual di seluruh dunia. Informasi tersebut diketahui dari laporan terbaru...