Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

OpenAI Luncurkan GPT-4o AI Lebih Cepat dan Gratis?

GPT-4o AI_1a
GPT-4o AI. (Sumber: Geeky Gadgets)

Unbox.id – OpenAI akhirnya meluncurkan model baru GPT-4, khususnya GPT-4o, yang memiliki peningkatan besar dalam kecepatan dan pengenalan teks, gambar, dan audio. Dalam pengumuman live streaming pada Senin malam, 13 Mei 2024, CTO OpenAI Mira Murati mengatakan GPT-4o tersedia gratis untuk semua pengguna. “Pengguna berbayar tetap memiliki batas kapasitas lima kali lipat dari pengguna gratis,” kata Mira. Mengutip blog perusahaan, fitur chatGPT baru ini akan diluncurkan secara bertahap, dimulai dengan fitur teks dan gambar yang dirilis hari ini di ChatGPT.

Jadi Mesin Pencarian Berbasis AI?

GPT-4o AI_2b

GPT-4o AI. (Sumber: OpenAI)

GPT-4o pada dasarnya adalah multimodal,” kata Sam Altman, CEO OpenAI. Artinya chatGPT dapat membuat konten atau memahami perintah suara, teks, atau gambar.

Bagi pengembang yang ingin mencoba GPT-4o, perusahaan mengatakan mereka dapat mengakses API dengan setengah harga dan dua kali lebih cepat dari GPT-4 Turbo, kata Sam Altman tentang model baru ini.

Aplikasi GPT-4o ini dapat berfungsi sebagai asisten suara seperti di film “Her”. Dalam demonya, aplikasi dapat bereaksi secara real time dan mengamati dunia di sekitar Anda. Mode suara ChatGPT masih terbatas dengan hanya merespon satu perintah dalam satu waktu dan hanya bekerja dengan apa yang didengarnya.

Bos OpenAI ini juga percaya bahwa visi awal perusahaannya untuk menciptakan segala jenis manfaat bagi dunia telah berubah seiring berjalannya waktu. Menjelang peluncuran GPT-4o hari ini, sebuah laporan mengindikasikan bahwa OpenAI akan mengumumkan mesin pencari AI untuk bersaing dengan Google, asisten suara di GPT-4, atau model yang benar-benar baru dan lebih baik, GPT-5.

Pengumuman tersebut disampaikan sehari sebelum Google I/O, meningkatkan persaingan di dunia AI, di mana Google juga diperkirakan akan mengungkap beberapa fitur baru di Gemini.

Apple Hampir Selesaikan Kesepakatan dengan OpenAI

Rencana Apple untuk menghadirkan AI chatbot ChatGPT ke iPhone melalui pembaruan iOS 18 tampaknya menjadi kenyataan dengan bantuan OpenAI.

Benar, Apple dan OpenAI dikatakan sedang dalam diskusi hangat untuk mengintegrasikan teknologi AI chatbot ke dalam produk mereka. Berita kolaborasi dengan OpenAI diperkuat oleh laporan dari reporter Bloomberg, Mark Gurman. “Apple sedang menyelesaikan kesepakatan dengan OpenAI,” laporan dari Bloomberg yang dikutip melalui PhoneArena.

Mark Gurman berkata: “Apple dan OpenAI sedang membicarakan beberapa fitur AI umum, seperti chatbots, yang akan diperkenalkan dengan iOS 18 tahun ini.“

Sayangnya fitur-fitur tersebut belum diketahui. Namun menurut informasi yang beredar saat ini, beberapa aplikasi iOS 18 akan terintegrasi WHO.

Baca juga: OpenAI Ada Rencana Rilis Mesin Pencari Bertenaga ChatGPT

ChatGPT di Safari dan Messages

ChatGPT_2b

ChatGPT. (Sumber: Pro Coders)

Beberapa aplikasi ini mencakup Safari dan Pesan. Ada kemungkinan aplikasi bawaan iOS hadir dengan fitur AI yang dapat merangkum konten di layar hanya dengan menggunakan kata kunci. Selain itu, perusahaan yang berbasis di Cupertino ini ingin merombak asisten virtualnya secara signifikan, khususnya Siri. Siri dikatakan akan tampil lebih pintar berkat teknologi AI ini.

Pada saat yang sama, OpenAI dikatakan sedang mengembangkan asisten digitalnya sendiri dan belum jelas apakah hal ini terkait dengan perkembangan Siri atau tidak.

Selain OpenAI, raksasa teknologi ini juga sedang berdiskusi dengan Google untuk menghadirkan fitur AI canggih Gemini ke iPhone. Sejauh ini, belum ada laporan lain mengenai kemitraan antara Apple dan Google ini. Tentunya akan ada informasi lebih lanjut mengenai rencana AI Apple pada 10 Juni di WWDC 2024.

Iklan iPad Pro terbaru milik Apple menuai kritik pedas dari banyak pihak, khususnya dari kalangan komunitas kreatif. Sebagai konteks, Apple memperkenalkan iPad Pro terbaru mereka dengan chipset M4 dan tampil sebagai produk paling tipis buatan perusahaan.

Sebagai bentuk promosi berbagai hal kreatif yang bisa dilakukan oleh iPad Pro terbaru itu, Apple menayangkan iklan berjudul “Crush!” yang memperlihatkan berbagai benda, seperti piano, cat, hingga pemutar rekaman diratakan oleh mesin press hidrolik.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Google telah merilis fitur baru untuk meningkatkan kemampuan chatbot AI miliknya, Gemini AI. Fitur tersebut diharapkan disebut Memori dan akan membantu Gemini...

Tech Industry

Unbox.id – Kecerdasan buatan (AI) dinilai telah menghantam pasar kerja global seperti tsunami. Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva mengatakan AI kemungkinan...

Tech Industry

Unbox.id – Kecerdasan buatan (AI) menjadi semakin populer di banyak perusahaan di berbagai bidang, termasuk industri kuliner. PT Esensi Solusi Buana (ESB), pionir sistem...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — OpenAI mengumumkan model AI generatif andalan baru pada hari Senin yang mereka sebut GPT-4o. Di mana huruf “o” adalah singkatan dari...