Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Headset Mixed Reality Meta Quest 3 Sudah Rilis!

Meta Quest 3_1a
Meta Quest 3. (Sumber: ZDNET)

Unbox.id – Meta meluncurkan headset mixed reality (MR) anyarnya, Meta Quest 3, di ajang Meta Connect 2023 Rabu ini waktu setempat. Headset ini dijual dengan harga 499,99 USD (sekitar Rp 7,7 juta) untuk versi 128 GB dan 649,99 USD (sekitar Rp 10 juta) untuk versi penyimpanan lebih besar, yakni 512 GB. Menurut perusahaan, pengguna headset MR ini juga dapat mengetuk dua kali untuk beralih dengan mulus antara pengalaman imersif dan lingkungan campuran, dengan elemen virtual dalam lingkungan fisik. Mengutip laman resmi Meta, Quest 3 memiliki kekuatan pemrosesan grafis dua kali lebih besar dibandingkan pendahulunya Quest 2 yang menggunakan Snapdragon XR2 Gen 1. Meta Quest 3 sendiri dianggap sebagai perangkat pertama yang menggunakan Snapdragon yang dikembangkan perusahaan bekerja sama dengan Qualcomm.

Memiliki Bobot Yang Lebih Seimbang

Sementara itu, tampilan dan optik headset ini menggunakan 4K+ Infinity Display, peningkatan resolusi hampir 30% dibandingkan Meta Quest 2. Layar Meta Quest 3 memiliki 25 piksel per derajat dan 1.219 piksel per inci.

Dalam blog resminya, Meta juga mengklaim bahwa Quest 3 juga memiliki peningkatan ketajaman hingga 25% dibandingkan Quest 2. Perangkat ini juga memiliki profil optik yang 40% lebih tipis dibandingkan pendahulunya.

Desainnya juga lebih tipis sehingga memberikan bobot yang lebih seimbang dibandingkan Quest 2. Dari segi audio, Meta menghadirkan teknologi audio spasial terkini pada headset MR generasi terbarunya, dengan peningkatan kejernihan audio dan peningkatan performa bass dengan jangkauan audio 40% lebih luas dibandingkan generasi sebelumnya.

Meta Quest 3 Sudah Diungkap Mark Zuckerberg

Meta Quest 3_2b

Meta Quest 3. (Sumber: Know Techie)

Menjelang peluncurannya di Meta Connect 2023, CEO Mark Zuckerberg memperkenalkan Meta Quest 3, sebuah pengumuman yang muncul menjelang rilis Apple Vision Pro pada Juni lalu. Mark Zuckerberg melalui Instagram resminya menyebutkan Meta Quest 3 merupakan headset konsumen pertama dengan “realitas campuran warna resolusi tinggi”.

Headset ini akan 40% lebih tipis dan lebih nyaman dibandingkan Quest 2, serta akan memiliki tampilan dan resolusi yang lebih baik. Terungkap juga bahwa chipset yang digunakan akan menggunakan chip Qualcomm Snapdragon generasi terbaru.

“Chipset Snapdragon generasi berikutnya menghadirkan performa grafis lebih dari dua kali lipat dibandingkan GPU Snapdragon generasi sebelumnya di Quest 2,” tulis Meta di situs resminya.

Baca juga: Dokter Bedah Gunakan VR Meta Quest 2 Untuk Bantu Operasi Pasien

Desain Ulang Touch Plus Quest

Selain itu, induk perusahaan Facebook dan Instagram juga mendesain ulang pengontrol Touch Plus Quest dengan bentuk yang lebih tipis dan nyaman.Cincin pelacak eksternal dilepas untuk memberikan pengontrol kesan yang lebih alami “seperti perpanjangan lengan” dan memakan lebih sedikit ruang.

Meta juga menyertakan fitur haptic TruTouch yang pertama kali diperkenalkan pada Touch Pro.
Pengguna juga dapat meningkatkan ke pengontrol Meta Quest Touch Pro pelacakan otomatis penuh untuk pengalaman yang lebih premium. Pengguna headset VR ini juga dapat bereksplorasi tanpa pengontrol berkat Direct Touch yang memungkinkan mereka menggunakan tangan untuk berinteraksi dengan objek virtual.

Meta kerap selalu membuat terobosan baru di tiap tahunya, seperti sekarang ini Meta mungkin akan berhasil lagi dengan terobosan baru Headset Mixed Reality Meta Quest yang ke 3nya, meneruskan seri yang sebelumnya (Quest 2), tentu Meta Quest yang ke 3 ini memiliki banyak sekali fitur yang lebih yang canggih dari sebelumnya.

Namun, dibalik semua itu Headset Mixed Reality Meta Quest 3 ini masih mahal. Bagaimana? Tertarik dengan headset terbaru dari Meta yang memiliki spesifikasi maupun fiturnya yang menarik untuk bisa menjawab kebutuhan para penggunanya dengan perangkat headset mixed reality yang canggih, unik, serta beda dengan produk-produk lainnya ini?

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Sony, menurut laporan terbaru, sedang mengerjakan earbud generasi berikutnya, yang diberi nama LinkBuds 2. Meskipun detailnya masih langka saat ini, bocoran...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Periferal audio gaming SteelSeries memperkenalkan headset gaming nirkabel edisi Tahun Baru Imlek khusus, Dragon Arctis Nova 7. Headset gaming SteelSeries ini dirancang...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – OnePlus Buds 3 merupakan perangkat audio earbud kelas menengah yang kompeten. Menurut ulasan dari berbagai sumber, spesifikasinya cukup standar dan tidak...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Terbaru dari OpenAI, perusahaan pengembang teknologi kecerdasan buatan tersebut telah memperkenalkan aplikasi ChatGPT untuk headset Apple Vision Pro. Pada varian headsetnya...