Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Dokter Bedah Gunakan VR Meta Quest 2 Untuk Bantu Operasi Pasien

VR Meta Quest 2_1a
VR Meta Quest 2. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Kemajuan teknologi sangat membantu dunia profesional. Menyusul meluasnya penggunaan robot bedah yang dikenal dengan presisi tinggi, teknologi realitas virtual (VR) Meta kini membantu ahli bedah dan perawatan pasien. Seperti yang dilaporkan CNBC, hanya beberapa hari sebelum membantunya melakukan penggantian bahu pertamanya pada tahun 2022, Dr. Jake Shine memakai headset VR virtual dan mulai bekerja. Sebagai ahli ortopedi tahun ketiga di Kettering Health Dayton di Ohio, Shine berdiri di laboratorium VR yang ditunjuk di pusat medis bersama dokter utamanya untuk mengawasi prosedur tersebut. Kedua dokter tersebut mengenakan headset Meta Quest 2 saat memasuki ruang operasi simulasi 3D. Prosedur ini, yang disebut artroplasti bahu total, memakan waktu sekitar dua jam dan mengharuskan ahli bedah melakukan operasi secara hati-hati di sekitar struktur neurovaskular dan paru-paru.

Prosedur Simulasi

Usai simulasi, Shine membawa pulang helmnya untuk berlatih. Dia melakukannya sekitar dua kali sehari sebelum operasi.

“Anda benar-benar dapat menyempurnakan dan mempelajari apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan (dalam operasi) tanpa membahayakan pasien,” kata Shine kepada CNBC dalam sebuah wawancara. Pada akhirnya, tidak ada komplikasi selama operasi dan pasien pulih sepenuhnya, katanya.

“Secara anekdot, saya pikir kasus ini berjalan lebih lancar dan lebih cepat daripada yang seharusnya,” kata Shine, jika dokter yang merawat “harus memandu saya melalui setiap langkah kasus ini dengan cara yang sama seperti yang dia lakukan dalam praktik virtual.

Meskipun realitas virtual tetap menjadi produk yang sangat menguntungkan bagi CEO Meta Mark Zuckerberg, teknologi ini terbukti berguna di beberapa bidang perawatan kesehatan. Kettering Health Dayton adalah salah satu dari lusinan sistem kesehatan di Amerika Serikat yang menggunakan teknologi baru seperti realitas virtual sebagai alat untuk membantu dokter melatih dan merawat pasien.

Teknologi yang Tak Murah

VR Meta Quest 2_2b

VR Meta Quest 2. (Sumber: eXputer)

Konsep “augmented reality” mencakup headset VR seperti Meta’s Quest 2 dan perangkat augmented reality (AR), yang memungkinkan pengguna melihat lingkungan dunia digital dibandingkan lingkungan dunia nyata.

Apakah teknologi yang baru lahir ini dapat menjadi produk berbiaya rendah di industri medis masih menjadi pertanyaan bagi banyak orang, namun pengujian awal menunjukkan potensi realitas virtual untuk membantu dunia perawatan kesehatan.

Meta, sebelumnya dikenal sebagai Facebook, memasuki pasar dengan pembelian Oculus pada tahun 2014. Tiga tahun kemudian, perusahaan tersebut memperkenalkan headset mandiri pertamanya. Pada tahun 2021, Facebook mengubah namanya menjadi Meta dan Zuckerberg menjanjikan miliaran dolar, bertaruh bahwa Metaverse akan menjadi “bab berikutnya dari Internet.”

Baca juga: Meta Disebut Gandeng LG Untuk Headset VR

Perkembangan Dari Pasar VR di Dunia

Sejak awal tahun 2022, unit Meta’s Reality Labs, yang mengembangkan virtual dan augmented reality untuk bisnis, telah merugi lebih dari $21 miliar. Apple sedang bersiap memasuki pasar VR, menargetkan pengguna kelas atas dengan Vision Pro seharga $3.500 yang diperkirakan akan diluncurkan pada awal tahun 2024.

Meta diperkirakan akan meluncurkan Meta Quest 3 pada awal 27 September di acara Meta Connect 2023 perusahaan. Juru bicara Apple tidak mengomentari potensi aplikasi di bidang perawatan kesehatan dan menunjuk CNBC pada pengumuman Juni 2023 mengenai Vision Pro SDK.

Dalam pengumumannya, Jan Herzhoff, presiden Elsevier Health, mengatakan produk realitas campuran Complete HeartX dari perusahaannya “akan membantu mempersiapkan mahasiswa kedokteran untuk praktik klinis menggunakan pemodelan dan animasi 3D hiper-realistis yang membantu mereka memahami dan memvisualisasikan masalah medis, seperti ventrikel.Fibrilasi dan bagaimana menerapkan pengetahuan mereka kepada pasien.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Belakangan ini, iPhone SE 4 sedang ramai diberitakan. Kabar terkini menunjukkan bahwa Samsung telah menolak tawaran Apple untuk memproduksi panel OLED untuk...

Tech Industry

Unbox.id – Biasanya sebagian masyarakat masih meneruskan tradisi memberi bingkisan saat Natal dan Tahun Baru, tidak hanya kepada teman dekat dan sanak saudara saja,...

Software

Unbox.id – Microsoft baru-baru ini meluncurkan dukungan untuk aplikasi Office ke headset realitas virtual (VR) Meta Quest. Dengan cara ini, pengguna Meta Quest akan...

Tech Industry

Unbox.id – Pernahkah Anda membaca headline yang mengandung unsur clickbait? Judulnya eksplosif dan mengundang rasa penasaran, padahal isinya belum tentu sama. Situs clickbait ini...