Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Ketahui Adanya Ancaman Dibalik Clickbait

Internet Clickbait_1a
Internet Clickbait. (Sumber: Internet Solutions)

Unbox.id – Pernahkah Anda membaca headline yang mengandung unsur clickbait? Judulnya eksplosif dan mengundang rasa penasaran, padahal isinya belum tentu sama. Situs clickbait ini berupaya mengamankan traffic tinggi dari pengunjung dan memperluas jangkauan konten melalui platform pencarian dengan memanfaatkan beragam topik dan tren relevan yang sedang populer di kalangan audiens. Menurut Palo Alto Networks, pada periode pemilu 2024, pengguna internet Indonesia tampaknya bisa menjumpai berbagai jenis website yang judulnya mengandung konten clickbait. Selain informasi dalam headline clickbait yang dapat memberikan informasi yang menyesatkan dan tidak akurat, situs clickbait juga tampaknya menimbulkan potensi ancaman keamanan siber.

Jenis Situs Clickbait

Internet Clickbait_2b

Internet Clickbait. (Sumber: Epidemic Sounds)

Situs web clickbait jenis ini sering kali menggunakan perangkat lunak yang ketinggalan zaman atau tidak diperbarui, sehingga kelemahan ini dapat dimanfaatkan oleh peretas untuk membobol situs web. Sadari pentingnya Mengikuti hal ini, Unit 42 Jaringan Palo Alto memposting sebuah blog di bahaya mengunjungi situs web clickbait.

Laporan ini mengungkapkan bahwa jumlah server yang disusupi telah meningkat, dengan fokus pada konten clickbait dan materi promosi. Menurut data, ada sekitar 10,300 Situs WordPress dibobol dalam dua bulan sejak Agustus 2023.

Hasil ini menunjukkan bahwa pelaku kejahatan sangat agresif dalam mengeksploitasi kerentanan situs clickbait. Akhirnya, jumlah server yang disusupi meningkat.

Penyerang Bisa Luncurkan Serangan Adware

Selain itu, pelaku ancaman keamanan juga dapat menambahkan skrip yang disuntikkan, seperti serangan JavaScript berbahaya yang dapat mengarahkan korban ke situs web berbahaya. Misalnya, situs adware atau phishing juga dapat menyebabkan pencurian informasi sensitif dan bahkan kerugian finansial.

Country Manager Palo Alto Networks Indonesia Adi Rusli mengungkapkan bahwa situs clickbait dengan judul topik diskusi yang topikal dan sensasional disertai ilustrasi yang menyesatkan dapat menyebabkan Adi yang dikutip di sebuah surat kabar: “Selama pemilu di Indonesia, pelaku kejahatan kemungkinan besar akan memanfaatkan momen ini untuk melancarkan serangan mereka melalui situs web yang telah disusupi.” rilis.

Ia menambahkan, jika pengguna internet tidak berhati-hati dalam berinteraksi dengan situs atau tautan clickbait, hal itu dapat menempatkan mereka pada risiko serangan siber. “Pengguna harus mewaspadai konten yang menyesatkan, tetap waspada dan selalu berpikir sebelum mengklik,” ujarnya.

Baca juga: Dobrak Tantangan Untuk Optimalkan Teknologi Pengembangan Bisnis Di Indonesia

Jangan Klik Link Yang Mencurigakan

Internet Clickbait_3c

Internet Clickbait. (Sumber: Millenials Consulting)

Jangan mengeklik tautan yang mencurigakan atau berinteraksi dengan konten dari sumber yang tidak tepercaya. Pasalnya, hal ini dapat memicu kejahatan dunia maya, mulai dari peretasan hingga phishing.
Menjelang pemilu, pengguna harus mewaspadai konten yang sensasional atau menarik perhatian.

Gunakan situs cek fakta terpercaya misalnya cekdetik.com, jasameoleh.id untuk cek fakta Unbox.id dan lainnya untuk memverifikasi informasi terkait pemilu.

Anda perlu menganalisis headline berita, mengecek ulang informasi, dan memastikan keakuratan konten situs web. Agar tetap aman, bersikaplah kritis terhadap berita utama situs web dan hindari mengklik informasi terkait pemilu yang belum diverifikasi. Anda harus tahu bahwa dengan pemrograman bahasa yang kompleks, model bahasa besar memiliki kemampuan untuk membuat konten palsu yang meyakinkan.

Untuk melakukan ini, Anda dapat mengarahkan kursor ke tautan sebelum mengeklik, ini untuk melihat pratinjau URL sebenarnya. Hindari mengeklik tautan yang mencurigakan, memiliki karakter aneh atau asing.

Periksa latar belakang situs dan riwayat berita sebelumnya. Jika situs web cenderung menyebarkan misinformasi atau konten clickbait, sebaiknya hindari mengkliknya. Jadi bagi Anda yang suka surfing ke internet, diharap untuk dapat berhati-hati dengan sesuatu yang mencurigakan, karena itu dapat menimbulkan bahaya yang cukup mematikan untuk perangkat Anda.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Operator

Unbox.id – Layanan Internet satelit Elon Musk akan tersedia di IKN (ibu kota nusantara). Hal itu diumumkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut...

Tech Industry

Unbox.id – Pusat data Bitera yang berbasis di Indonesia mengumumkan siap beroperasi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Tedy Harjanto, CEO Bitera, meyakini Indonesia, khususnya...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Sony telah mengajukan paten yang dapat merevolusi cara bermain video game. Paten tersebut telah naik pada Agustus 2023 lalu, menjelaskan sebuah...

Tech Industry

Unbox.id – Biasanya sebagian masyarakat masih meneruskan tradisi memberi bingkisan saat Natal dan Tahun Baru, tidak hanya kepada teman dekat dan sanak saudara saja,...