Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Telkomsel Unggul di Kecepatan, Tri Menang di Pengalaman Video dan Game

Operator Tri_1a
Operator Tri. (Sumber: Tri)

Last updated on 30 Juni, 2024

Unbox.id – Perusahaan analisis Opensignal menerbitkan laporan tentang pengalaman jaringan seluler di Indonesia pada Juni 2024. Opensignal melihat pengalaman lima operator seluler besar di Indonesia: Indosat, XL, Smartfren, Telkomsel, dan Tri.

Evaluasi dilakukan selama 90 hari, mulai 1 Februari 2024 hingga 30 April 2024. Opensignal juga menyertakan metrik 5G untuk menentukan skor keseluruhan di setiap kategori.

Mengutip laporan Opensignal, Tri merupakan pemenang trust experience di Indonesia. Pengalaman keandalan mengukur kemampuan pengguna untuk berhasil terhubung dan menyelesaikan tugas-tugas dasar pada jaringan penyedia layanan.

Tri, operator yang saat ini tergabung dalam Indosat Ooredoo Hutchison, memperoleh skor 863 poin dari skala maksimum 1.000 poin untuk keandalan jaringan.

Selain Tri, Indosat berada di peringkat kedua, tertinggal sembilan poin dari Tri.

Meski demikian, Telkomsel tetap mempertahankan rekam jejaknya di bidang kecepatan jaringan.

Telkomsel didaulat menjadi pemenang tunggal dalam tes kecepatan download dan upload. Skor yang sesuai adalah 25,5 Mbps (unduh) dan 10 Mbps (unggah). Pengguna Opensignal di jaringan Indosat dan Tri mengalami peningkatan kecepatan unduh rata-rata sebesar 1 Mbps.

Baca juga: Operator Paling Murah

Meskipun demikian, semua jaringan seluler di Indonesia mengalami penurunan kecepatan pengunduhan internet dibandingkan laporan sebelumnya.

Pengalaman Video dan Game

Operator XL _1a

Operator XL . (Sumber: Techno Insider)

Tiga kali berturut-turut, operator ini dapat diandalkan dalam hal pengalaman video dan pengalaman bermain game dibandingkan operator pesaing. Pada laporan sebelumnya, Telkomsel dan XL berhasil meraih penghargaan Video Experience dan Gaming Experience.

Kali ini Tri mengungguli pemenang sebelumnya di kedua kategori tersebut. Selain itu, Tri juga menjaga pengalaman terbaik dalam aplikasi suara. Dengan demikian, Tri menjadi satu-satunya pemenang dari tiga pengalaman Opensignal, yaitu pengalaman video, game, dan aplikasi suara.

Namun, pengguna Opensignal di jaringan Telkomsel menikmati pengalaman video dan game mobile terbaik di Pulau Jawa, karena Telkomsel telah memenangkan penghargaan dan pengalaman video game terbanyak di seluruh provinsi Jawa.

Pengalaman Cakupan

Telkomsel memimpin dalam Coverage Experience karena merupakan satu-satunya operator yang meraih penghargaan Coverage Experience dengan 8,59 poin pada skala 10 poin, memenangkan penghargaan tersebut tiga kali berturut-turut.

Telkomsel jauh melampaui Indosat dan Tri di peringkat kedua dengan skor yang sama yaitu 4,91 poin. Indosat tetap tidak terkalahkan dalam hal kualitas yang konsisten.

Dalam hal ini, Indosat memenangkan Penghargaan Kualitas Relevan untuk ketiga kalinya berturut-turut, menjadi satu-satunya pemenang penghargaan ini di Indonesia sejak Opensignal memperkenalkannya dalam Laporan Pengalaman Jaringan Seluler

Indosat mengalahkan Tri dengan selisih dua per seratus sebuah titik. Kecuali Smartfren, seluruh operator di Indonesia telah mengalami peningkatan skor kualitas yang konsisten sejak laporan sebelumnya.

Jaringan Kuat di Regional

Telkomsel memimpin dalam jumlah penghargaan regional. Dalam hal ini, operator meraih penghargaan terbanyak di 10 wilayah Indonesia: 35 penghargaan unik dan 5 penghargaan dari kompetitor, dengan penghargaan terbanyak berasal dari kategori kecepatan regional regional.

Telkomsel juga meraih penghargaan terbanyak untuk video experience, gaming experience dan kualitas yang konsisten di seluruh provinsi di pulau Jawa. Artinya Telkomsel menawarkan pengalaman bermain game dan video terbaik serta kualitas pengalaman jaringan paling stabil di pulau ini.

Tri adalah satu-satunya pemenang dari 23 penghargaan dan berbagi 11 kemenangan dengan para pesaing, terutama di bidang reward pengalaman. Pengguna jaringan Opensignal Telkomsel di Jabodetabek menikmati kualitas layanan seluler paling stabil (77,5%) dan kecepatan unduh rata-rata tercepat (13 Mbps) dari Indonesia.

Baca juga: ESIM Jadi Langkah Nyata Telkomsel Kurangi Limbah

Operator Telkomsel

Telkomsel_3c

Telkomsel. (Sumber: Telkomsel)

Telkomsel adalah salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Didirikan pada tanggal 26 Mei 1995, Telkomsel merupakan anak perusahaan dari Telkom Indonesia, perusahaan telekomunikasi milik negara. Berikut adalah beberapa informasi penting tentang Telkomsel:

  • Layanan Seluler: Menawarkan paket pra bayar (Simpati, Kartu As, dan Loop) serta pascabayar (Kartu Halo).
  • Internet: Menyediakan layanan internet 4G LTE yang luas dan telah memulai peluncuran jaringan 5G.
  • Digital Services: Meliputi layanan musik digital (LangitMusik), layanan streaming video (MAXstream), pembayaran digital (LinkAja), dan berbagai aplikasi digital lainnya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pendiri SpaceX Elon Musk resmi meluncurkan layanan jaringan internet satelit Starlink di Indonesia pada Minggu, 19 Mei 2024, di Puskesmas Sumerta Kelod...

Tech Industry

Unbox.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) berupaya mendorong penggunaan kecerdasan buatan/AI atau kecerdasan buatan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Salah satunya dilakukan melalui kerja...

Tech Industry

Unbox.id – Indosat melalui brand Tri mendukung perkembangan esports di Indonesia dengan menghadirkan turnamen H3RO Esports 5.0. Untuk tahun kelima, Indosat menjadikan Mobile Legends:...

Tech Industry

Unbox.id – Manajemen XL Axiata bertemu dengan Menteri Informasi dan Komunikasi Budi Arie Setiadi di kantor Kominfo di Jakarta. Kabar pertemuan manajemen XL Axiata...