Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Google Play Store Kini Bisa Download Dua Aplikasi Sekaligus

Google Play Store_1a
Google Play Store. (Sumber: Gadget Review)

Unbox.id – Baru-baru ini Google telah memberikan update terbaru pada toko aplikasi Play Store. Pembaruan ini memungkinkan pengguna mengunduh dua aplikasi secara bersamaan. Meski bukan pembaruan besar, namun diterima dengan baik oleh pengguna. Sebab sebelumnya Google Play Store hanya memperbolehkan penggunanya mengunduh aplikasi Android satu per satu. Hal ini dianggap sulit dan memakan waktu. Mengutip laporan dari Android Authority, fitur ini secara bertahap akan tersedia di semua perangkat Android dengan Google Mobile Services (GMS). Harap diperhatikan bahwa perangkat menjalankan sistem Android versi terbaru dan Google Play Store. Berdasarkan beberapa pengujian, fitur ini mungkin berfungsi pada beberapa model ponsel cerdas, seperti Pixel dan Samsung. Jadi fitur ini mungkin akan mendukung lebih banyak model ponsel Android. Namun, Google memang menawarkan opsi tambahan, seperti kemampuan mengunduh beberapa aplikasi sekaligus. Menurut laporan tersebut, Google tidak mendukung opsi untuk mengunduh pembaruan secara bersamaan untuk aplikasi yang ada.

Android akan Hadirkan Fitur Karantina Aplikasi Berbahaya

Data Smartphone Android_3c

Data Smartphone Android. (Sumber: CNET)

Sementara itu, Google dikatakan akan memperkenalkan fitur baru di Android yang memungkinkan karantina aplikasi yang ditandai sebagai tidak aman.

Seperti dilansir ZDNET, fitur karantina aplikasi ditemukan pertama kali di Android 14 QPR2 Beta 1. pada bulan November 2023. Hal ini menunjukkan bahwa Google telah mulai menguji fitur ini di Android 14 versi beta dan nantinya perusahaan berencana meluncurkannya Fitur ini ada di Android versi 15 ke atas. Menurut laporan terbaru, Google telah menarik pengembangan fitur Aplikasi Karantina.

Oleh karena itu, menurut laporan tersebut, kemungkinan besar Google tidak akan memperkenalkan fitur ini di Android 15. Kemungkinan fitur ini hanya akan diluncurkan di Android 16 ke atas. Nanti.

Bagi Anda, karantina aplikasi Android adalah cara Google Digital Wellbeing untuk mencegah pengguna menggunakan aplikasi yang dianggap tidak aman dan berpotensi menyebarkan malware.

Kemudian, aplikasi yang Dikarantina akan tetap terlihat di halaman beranda, khususnya di Menu Pengaturan pada perangkat Android. Namun, beberapa aspek atau fitur aplikasi akan dinonaktifkan.

Baca juga: Google Perkenalkan Gemini Code Assist

Cara Kerja Karantina Aplikasi Android

Smartphone Android_3c

Smartphone Android. (Sumber: Reddit))

Sekadar informasi, karantina menyembunyikan jendela, layar, dan notifikasi serta menghentikan aktivitas atau proses aplikasi apa pun.

Dijelaskan juga bahwa aplikasi lain tidak dapat memberikan layanan pada aplikasi yang dikarantina. Aplikasi yang dikarantina tidak dapat menerima informasi dari sistem atau aplikasi lain, kata mereka. Dalam pengujian yang dilakukan oleh Android Authority, API yang digunakan untuk mengkarantina aplikasi sama dengan API yang digunakan untuk menjeda aplikasi tetapi dengan pengaturan tambahan. diabaikan.

Karantina aplikasi juga memerlukan izin QUARANTINE_APPS. Hanya aplikasi dan layanan khusus, seperti Google Play Protect, yang dapat memiliki izin ini, sehingga aplikasi dan layanan tersebut dapat mengkarantina aplikasi berbahaya.

Selain itu, jika Anda mencoba meluncurkan aplikasi yang telah dikarantina, notifikasi akan mengingatkan pengguna bahwa aplikasi tersebut telah dikarantina. telah dikarantina dan sertakan alasan karantina tersebut.

Terus beredarnya aplikasi berbahaya yang dapat diinstal dan ditempatkan di perangkat Android tentu menjadi kekhawatiran bagi pengguna. Jadi fitur isolasi akan menjadi tambahan yang berguna. Tak hanya hadirkan fitur untuk karantina aplikasi, Google akan menghadirkan fitur Battery Health di Android 15. Sebelumnya, fitur ini hanya ada di ponsel iPhone.

Mengutip Android Authority, Android 15 disebut menghadirkan informasi kesehatan baterai yang dapat diakses pengguna. Nantinya, fitur ini akan menunjukkan prakiraan persentase daya baterai ponsel terkini, dibandingkan saat masih baru. Fitur Battery Health ini akan memberi pengguna gambaran lebih jelas tentang masa pakai baterai ponsel Android.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Google memiliki fitur baru yang direncanakan untuk toko aplikasinya, Play Store. Dengan fitur ini, Google akan memudahkan pengguna dalam menentukan asal aplikasi...

Tech Industry

Unbox.id – Google telah mengungkapkan beberapa strategi yang diterapkan perusahaan untuk memerangi penyebaran aplikasi berbahaya di platform Android pada tahun 2023. Hal ini diungkapkan...

Tech Industry

Unbox.id – Ada kabar buruk bagi mereka yang menggunakan layanan VPN yang disertakan dengan Google One. Dalam email yang dibagikan kepada beberapa pengguna, Google...

Apps & Games

Unbox.id – Google Workspace mengumumkan sejumlah pembaruan fitur pada acara Google Cloud Next 2024. Seperti tema besar acara tahunan ini, kecerdasan buatan (AI) menjadi...