Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apple

Awas! Apple Ingatkan Pengguna Tak Ngecas iPhone Semalaman

iPhone Charging_1a
iPhone Charging. (Sumber: The Verge)

Last updated on 26 Juni, 2024

Unbox.id – Apple, perusahaan pembuat iPhone, telah mengeluarkan peringatan yang mengerikan kepada pengguna iPhone. Peringatan ini terkait dengan aktivitas pengguna saat mengisi daya iPhone. Apple meminta pengguna untuk tidak membiarkan perangkat mereka terhubung ke pengisi daya dalam semalam, yang berarti Apple mengingatkan pengguna untuk tidak mengisi daya iPhone mereka dalam semalam.

baca artikel menarik lainnya tentang : charger iphone bersertifikat mfi

iPhone Charging_2b

iPhone Charging. (Sumber: CNET)

Peringatan ini bukan tanpa alasan, ternyata kebiasaan mengisi daya iPhone semalaman bisa berdampak buruk pada kesehatan baterai sekaligus umur perangkat. Mengutip Apple Insider, dalam instruksi resmi yang diterbitkan Apple, perusahaan menjelaskan bahwa mengisi daya iPhone semalaman dapat menyebabkan baterai menjadi terlalu panas.

Sebaliknya, panas berlebih dapat merusak baterai dan mempercepat masa pakai perangkat. Oleh karena itu, Apple menyarankan agar pengguna hanya mengisi daya iPhone mereka bila diperlukan dan sebaiknya tidak mengisi daya lebih dari 80% kapasitas baterai.

Selain itu, Apple juga menyarankan agar pengguna menghindari penggunaan pengisi daya pihak ketiga yang tidak resmi. Ini karena charger yang tidak asli dapat menyebabkan masalah keamanan dan merusak baterai dan perangkat iPhone. Apple merekomendasikan penggunaan pengisi daya asli yang telah diuji dan disetujui oleh perusahaan.

Baca juga: Charger Made for iPhone

Apple juga memberikan beberapa tips tambahan untuk pengguna iPhone. Misalnya, hindari menggunakan iPhone saat mengisi daya, lepaskan casing pelindung saat mengisi daya, dan pastikan ruang pengisian daya memiliki sirkulasi udara yang baik untuk menghindari penumpukan panas.

Dengan mengikuti pedoman dan rekomendasi yang diberikan oleh Apple, pengguna iPhone dapat menjaga kesehatan baterai dan memperpanjang umur perangkat mereka.

Alasannya adalah mengisi daya iPhone Anda dengan benar dan menggunakan pengisi daya resmi yang disetujui akan membantu menghindari kerusakan baterai dan memastikan perangkat tetap berfungsi normal untuk jangka waktu yang lebih lama.

Baca juga: Apple Tambah Komponen Buatan Tiongkok

Tips Menjaga Baterai Iphone agar Tidak Bocor

iPhone Charging_3c

iPhone Charging. (Sumber: ZDNET)

Untuk mencegah baterai dari kebocoran, pertimbangkan tips berikut:

Hindari Suhu Ekstrem: Jauhi baterai dari suhu yang sangat panas atau sangat dingin. Suhu ekstrem dapat menyebabkan baterai mengalami tekanan internal yang dapat menyebabkan kebocoran.

Penggantian yang Tepat: Pastikan Anda menggunakan jenis baterai yang sesuai dengan perangkatnya dan gantilah sesuai petunjuk produsen.

Jaga tetap Kering: Pastikan area penyimpanan baterai tetap kering. Kelembaban dapat memicu korosi dan potensial kebocoran.

Penggunaan yang Tepat: Jangan memasang baterai terbalik atau memasukkannya ke dalam perangkat dengan cara yang tidak benar. Ini bisa merusak segel dan menyebabkan bocor.

Penyimpanan yang Tepat: Jika Anda menyimpan baterai cadangan, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah yang kedap udara dan di tempat yang kering serta sejuk.

Periksa Kebocoran Secara Teratur: Periksa baterai secara berkala, terutama jika Anda melihat tanda-tanda kebocoran seperti cairan yang menetes atau tanda-tanda korosi di terminal.

Hindari Overcharge: Jangan biarkan baterai terus diisi daya setelah mencapai penuh, karena ini dapat meningkatkan risiko kebocoran.

Penggunaan yang Teratur: Baterai yang jarang digunakan memiliki risiko kebocoran yang lebih tinggi. Jika mungkin, gunakan dan isi ulang baterai secara teratur.

Hindari Benturan Berat: Hindari memukul atau menjatuhkan baterai dengan keras, karena ini dapat merusak segel dan menyebabkan kebocoran.

Penggunaan Baterai yang Asli: Gunakan baterai yang bermerek dan asli dari produsen yang terpercaya. Baterai palsu atau murahan mungkin memiliki risiko kebocoran yang lebih tinggi karena kualitas yang buruk.

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Seri iPhone 16 disebut-sebut akan meluncur pada acara peluncuran pada September 2024. Meski masih 2 bulan lagi, bocoran informasi mengenai seri iPhone...

Tech Industry

Last updated on 5 Juli, 2024 Unbox.id – Apple saat ini mengklasifikasikan tiga produknya sebagai produk lama, yakni klasik. Perusahaan telah memperbarui daftar produk...

Apple

Last updated on 1 Juli, 2024 Unbox.id – Apple meluncurkan dua produk iPad baru pada Mei 2024, yaitu iPad Pro 2024 dan iPad Air...

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikabarkan akan mengganti 50% pekerja perakitan iPhone dengan sistem otomasi atau dikenal dengan tenaga robot. Informasi ini berdasarkan laporan dari The...