Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apple

Cara Mudah Atasi Bootloop pada iPhone

Bootloop iPhone_1a
Bootloop iPhone. (Sumber: Smartprix)

Unbox.id – Bootloop di iPhone merupakan salah satu hal yang paling menyebalkan. Banyak pengguna yang panik saat menghadapi masalah ini. Mengutip GizChina, bootloop merupakan kelainan dimana ponsel hanya menampilkan logo saat dihidupkan. Ada beberapa faktor penyebab bootloop, berikut faktor umum penyebab error ini dan cara mengatasinya yang bisa diketahui lebih lanjut oleh para pemilih gadget dari Apple ini.

Software iPhone Gagal Diperbarui

Apabila proses pembaruan mengalami kendala maupun terhenti, iPhone kamu kemungkinan akan terjebak pada situasi bootloop. Melakukan jailbreak pada iPhone memberikan akses ke fitur dan aplikasi yang dibatasi oleh Apple. Namun, jika proses jailbreak tidak dilakukan dengan baik, hal ini dapat menyebabkan masalah serius, termasuk boot loop.

Update Software dengan Koneksi Buruk

Bootloop iPhone_2b

Bootloop iPhone. (Sumber: Reddit)

Memperbarui iPhone melalui iTunes memerlukan koneksi internet yang stabil. Jika koneksi terputus selama pembaruan, iPhone Anda mungkin terjebak dalam loop boot.

iPhone dengan masalah boot loop yang tampaknya tidak dapat diperbaiki. Namun jika Anda mengikuti metode yang benar, iPhone Anda dapat kembali normal dalam waktu singkat.

Tips Atasi Bootloop di iPhone

Anda dapat mencoba memperbaiki bootloop iPhone Anda dengan memaksanya memulai ulang. Ada dua cara untuk memaksa restart tergantung pada jenis iPhone yang Anda gunakan. Mulai ulang paksa untuk iPhone 8 dan versi lebih baru:

  • Tekan dan lepaskan tombol Volume Naik dengan cepat.
  • Ulangi langkah pertama dengan tombol Volume Turun.
  • Tahan tombol Samping hingga muncul logo iPhone.

Restart Paksa untuk iPhone 6 Ke Bawah:

  • Tekan dan tahan tombol Home dan tombol Power setidaknya selama 10 detik.
  • iPhone kamu akan bergetar yang menandakan restart paksa berhasil.

Restore iPhone untuk Mengatasi Boot Loop

Memulihkan iPhone dapat memperbaiki masalah logo Apple yang berkedip pada iPhone. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Hubungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel USB original.
  • Buka iTunes di PC.
  • Setelah aplikasi iTunes terbuka, temukan dan klik logo perangkat di pojok kiri atas.
  • Klik tab Summary dan dan kemudian cari tombol “Recover iPhone. iTunes akan mengunduh versi iOS terbaru jika iPhone kamu tidak menjalankan software terbaru.
  • Jika kamu memiliki file backup terbaru, jendela pop-up akan muncul dan kamu dapat memilih file backup yang akan dipulihkan.
  • Klik file backup yang diinginkan dan klik “Restore” untuk melanjutkan.

Bawa iPhone ke Teknisi Apple yang Berpengalaman

Bootloop iPhone_3c

Bootloop iPhone. (Sumber: Techno Inside)

Jika solusi di atas tidak berhasil, iPhone Anda mungkin mengalami masalah perangkat keras. Jika ini terjadi, bawalah iPhone Anda ke teknisi Apple yang berpengalaman. Seorang teknisi akan menguji setiap komponen perangkat keras yang menyebabkan boot loop pada iPhone Anda.

Ingatlah untuk membawa iPhone Anda yang bermasalah ke pusat layanan resmi Apple. Ada penawaran layanan resmi Apple di Indonesia yang akan mengamankan data iPhone Anda selama perbaikan, seperti iBox, Hello, Digimap, dan Global Digital Niaga (GDN) melalui Blibli.

Baca juga: IPhone 17 Pro Akan Jadi Gadget Apple Pertama Pakai Chipset 2nm

Jadi Apa itu Bootloop?

Bootloop adalah kondisi di mana sebuah perangkat elektronik, seperti ponsel atau komputer, terjebak dalam siklus tanpa henti dari proses booting. Artinya, perangkat tersebut mencoba untuk melakukan booting (memulai sistem operasi), tetapi gagal dan kemudian secara otomatis mencoba lagi tanpa berhasil.

Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kesalahan perangkat lunak, kerusakan sistem operasi, atau masalah perangkat keras. Bootloop bisa sangat mengganggu karena dapat membuat perangkat menjadi tidak dapat digunakan sama sekali.

Untuk berita-berita terkait teknologi lainnya, jangan lupa untuk terus baca berita-berita terbaru dari Unbox.id karena kami selalu menyediakan berita menarik dan terbaru terkait perkembangan teknologi.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Bocoran terbaru mengenai seri iPhone 16 terus bermunculan di Internet, dimana kabar terbaru menyebutkan pilihan warna iPhone 16 Pro dan iPhone 16...

Apple

Unbox.id – Para penggemar Apple saat ini sudah tidak sabar menunggu peluncuran iPhone SE 4. Beberapa laporan menyebutkan bahwa Apple sedang mengembangkan model ponsel...

Software

Jakarta, Unbox.id — Kali ini Apple mengumumkan serangkaian fitur aksesibilitas baru yang akan hadir di akhir tahun 2024 ini di iPhone dan iPad-nya. jadi...

Tech Industry

Unbox.id – IPhone 16 Pro yang dikabarkan diperkirakan akan diluncurkan bersama iPhone 16, iPhone 16 Plus, dan iPhone 16 Pro Max akhir tahun ini....