Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

AS Bakal Larang Kehadiran Drone DJI

Drone DJI_1a
Drone DJI. (Sumber: Tech World)

Unbox.id – Diketahui, AS telah mengeluarkan undang-undang yang memperbolehkan pemerintah memblokir TikTok di negaranya. Pasca aturan tersebut, pemerintah AS juga disebut sedang menyiapkan aturan lain yang bisa mengancam eksistensi DJI. Mengutip informasi dari The Verge, laporan New York Times menyebutkan bahwa Komite Energi dan Perdagangan DPR telah mengajukan rancangan undang-undang yang berpotensi melarang drone DJI di Amerika Serikat.

Tergantung Undang-Undang Yang Akan Disahkan

Drone DJI_2b

Drone DJI. (Sumber: DOSS)

Jika undang-undang tersebut disahkan, drone DJI akan ditambahkan ke daftar perangkat FCC berdasarkan Undang-Undang Jaringan Komunikasi yang Aman dan Tepercaya tahun 2019. Peraturan ini melarang komunikasi perangkat atau layanan yang menimbulkan risiko keamanan nasional saat bekerja di jaringan AS.

Menanggapi pertanyaan mengenai keberadaan RRU ini, DJI juga mengatakan bahwa dasar RUU tersebut mengacu pada dugaan yang tidak tepat dan tidak didasarkan pada permasalahan terkait operasional perusahaan. Sebelum DJI, perusahaan Tiongkok lain yang masuk daftar FCC adalah Huawei dan ZTE. Sebagai informasi, aturan pelarangan drone dari Tiongkok sudah diterbitkan sejak tahun 2022.

Pengumuman aturan tersebut tak lepas dari temuan lembaga pemerintah AS bahwa DJI menyediakan informasi penting AS ke Tiongkok. Sebenarnya, ini bukan kali pertama pemerintah AS mengambil tindakan terhadap DJI. Sebelumnya pada tahun 2020, Departemen Perdagangan AS menempatkan DJI dalam Daftar Entitas, sehingga mencegah perusahaan-perusahaan yang berbasis di AS mengekspor teknologi mereka ke DJI.

Selain itu, Departemen Keuangan AS menambahkan DJI ke dalam daftar kompleks industri militer Tiongkok. Drone DJI dilaporkan telah digunakan untuk memantau kelompok Muslim Uyghur di Tiongkok. Selain itu, Departemen Pertahanan AS juga memasukkan DJI ke dalam daftar hitam mulai tahun 2022.

DJI Rilis Gimbal RS 4 dan RS 4 Pro

Di sisi lain, DJI Indonesia telah meluncurkan gimbal baru yaitu RS 4 dan RS 4 Pro di pasar Indonesia. Gimbal kameranya diklaim mampu menghasilkan stabilisasi layaknya video sinematik profesional.

Seri RS milik DJI menawarkan perekaman video yang stabil di berbagai kondisi. Selain itu, gimbal ini juga memiliki teknologi pemasangan vertikal alami yang dapat dengan mudah mengubah arah pengambilan gambar dari posisi horizontal ke posisi vertikal.

Dari segi penggunaan, lengan DJI RS 4 dan DJI RS 4 The Pro adalah terbuat dari bahan carbon fiber yang tidak hanya kokoh namun juga ringan sehingga tangan Anda tidak mudah lelah saat menggunakannya.

DJI RS 4 memiliki pegangan tampilan vertikal generasi ke-2 asli, yang dapat diubah arah kamera lebih mudah. Selain itu, gimbal ini mampu membawa kamera dan lensa dengan berat hingga 3 kg. Oleh karena itu, cocok untuk pembuat konten semi profesional yang ingin membuat konten di jejaring sosial.

RS 4 juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan video berkualitas profesional. Selain itu, gimbal DJI ini juga didukung fitur fotografi seperti motion, tracking, dan panorama.

Baca juga: Intip Harga Dan Spesifikasi DJI Avata 2 Di Pasarannya

Fitur Penting DJI RS 4 dan RS 4 Pro

DJI RS 4 Pro_3c

DJI RS 4 Pro. (Sumber: Drone Insight)

Selain menghadirkan RS 4, DJI Indonesia juga memboyong RS 4 Pro ke Indonesia. Perangkat ini menghadirkan fitur yang mirip dengan RS 4 versi reguler, tapi menawarkan lebih banyak fitur.

DJI RS 4 Pro menawarkan kemampuan yang lebih baik dalam membawa beban hingga 4,5kilogram. Karenanya, perangkat ini cocok untuk membawa kamera dan lensa kelas sinema.

Stabilizer kamera ini memungkinkan pengambilan gambar dengan hasil layaknya profesional berkat gerakan yang presisi dan mulus. Berikut fitur-fitur penting yang dimiliki DJI RS 4:

  • 2nd-Gen native vertical shooting, menghadirkan transisi horizontal ke vertical yang lebih mulus.
  • Joystick mode switch untuk pengendalian gimbal dan zoom.
  • TeflonTM-coated axis arms untuk keseimbangan yang lebih mulus.
  • Mampu membawa beban hingga 3kg dengan extended tilt axis.
  • Colokan RSA Communication control yang luas.
  • Battery grip berkapasitas besar untuk jangka pemakaian yang tahan lama

Fitur-fitur penting yang ada di DJI RS 4 Pro:

  • 2nd-Gen native vertical shooting.
  • Mampu membawa beban hingga 4.5kg dengan peningkatan tenaga motor penggerak hingga 20%.
  • Dukungan dual focus & zoom motors dengan remote control.
  • LiDAR Focusing: 76.800 titik jangkauan dalam jarak 20m.
  • LiDAR & transmisi yang saling berhubungan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Kamera

Unbox.id – DJI Indonesia telah meluncurkan gimbal serba baru, RS 4 dan RS 4 Pro di pasar Indonesia. Gimbal kameranya dikatakan mampu menciptakan stabilisasi...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – DJI Avata 2 resmi tersedia di Indonesia melalui jaringan retail Erajaya Group. Pelanggan juga bisa mendapatkan perangkat pendukung terbaru seperti DJI Goggles...

Hardware

Unbox.id – Erajaya Active Lifestyle memperkenalkan mikrofon nirkabel DJI, khususnya DJI Mic 2, di Indonesia. DJI Mic 2 adalah mikrofon nirkabel DJI generasi kedua,...

Tech Industry

Unbox.id – Erajaya Active Lifestyle memperkenalkan kamera aksi terbaru DJI, Osmo Action 4 di Indonesia. Performa, masa pakai baterai, dan kegunaan serbaguna adalah keunggulan...