Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Cara Bikin Sinyal Smartphone Lemot Jadi Ngebut

Smartphone Signal_1a
Smartphone Signal. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Musim hujan yang tidak menentu dapat menyebabkan sebagian orang kehilangan rutinitas bahkan kegembiraannya. Misalnya koneksi internet ke ponsel yang Anda gunakan tiba-tiba terhenti. Hal ini terjadi satu dua kali namun bukan masalah besar karena terkadang sinyal dari operator tidak stabil. Namun jika hal ini terjadi terus-menerus, seringkali pasti membuat Anda tidak nyaman dan tidak sanggup menahan perasaan tidak mengetahui penyebab rusaknya ponsel tersebut. Apa yang membuat sinyal ponsel Anda buruk, lambat, dan buruk? Bersabarlah, mari kita coba rangkum beberapa kemungkinan penyebab mengapa sinyal Internet ponsel Anda terlalu lemah. Simak baik-baik di bawah ini.

Pengaturan Sinyal di Smartphone

Smartphone Signal_2b

Smartphone Signal. (Sumber: Navi)

Apakah Anda mengalami masalah dengan koneksi Internet Anda? Coba cek setting atau pengaturan sinyal android anda. Mungkin saja pengaturan jaringan tidak otomatis, yaitu selalu WCDMA. Ya, wajar jika ponsel Anda tidak bisa menerima sinyal internet secara maksimal. Solusinya adalah dengan mengubah pengaturan penerimaan sinyal menjadi otomatis.

Kemudian tunggu beberapa detik dan coba browsing lagi. Jika semuanya berfungsi dengan baik lagi, berarti masalahnya ada pada pengaturan penerimaan sinyal di ponsel Anda.

Apakah Anda menikmati multitasking saat menggunakan sistem operasi Android? Ya, ini bisa jadi penyebab utama mengapa sinyal internet sangat lambat. Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda belum menutup aplikasi yang Anda gunakan. Sementara itu, karena sibuk, Anda lupa dan membiarkan aplikasi berjalan berkali-kali.

Setiap aplikasi, terutama game, browser, jejaring sosial, dan chat, akan terus menghabiskan data jika dibiarkan terbuka.

Solusi? Tekan dan tahan tombol “Beranda”, lalu lihat apakah masih ada aplikasi terbuka yang tidak lagi Anda gunakan. Tutup saja satu per satu dan tunggu sebentar. Dijamin sinyal internet kamu akan kembali lancar.

Ada Malware atau Virus

Ini adalah penyebab paling serius dari buruknya sinyal ponsel. Parahnya lagi, ternyata banyak pengguna Android yang tidak mengetahui kalau ponselnya mengandung virus.

Ada dua kerugian besar di sini. Pertama, virus atau malware akan terus beroperasi dan menguras seluruh data internet yang Anda gunakan. Artinya penggunaan data internet Anda bisa sangat boros. Kedua, seiring waktu, ponsel Anda akan menjadi lebih lambat bahkan tanpa koneksi Internet, yang akan menyebabkan kegagalan aplikasi dan perangkat keras.

Jangan sampai hal ini terjadi dan coba periksa penyimpanan atau memori ponsel Anda, lalu bersihkan dari virus dan malware. Jika memungkinkan, yang terbaik adalah mengatur ulang agar aman.

Sinyal Idle

Jika Anda menggunakan koneksi Wi-Fi, pengaturan standar Android untuk penerimaan sinyal biasanya menjadi tidak aktif jika tidak digunakan selama beberapa menit. Akibatnya koneksi akan sedikit lambat karena baru terjadi setelah pengguna mengakses kembali ponselnya. Solusinya adalah dengan mengubah pengaturan ketidakaktifan untuk menangkap sinyal Wi-Fi.

Anda juga dapat melakukan sebaliknya dengan terlebih dahulu memutuskan sambungan router dan menyambungkannya kembali ke ponsel Anda. Terkadang error sebenarnya berasal dari sistem operasi Android yang Anda gunakan. Ini mungkin karena dibiarkan terlalu lama atau sebagian besar aplikasi dibuka dalam waktu lama sebelumnya.

Untuk mengatasi penyebab sinyal ponsel buruk, coba matikan dulu sambungan data Internet Anda. Kemudian restart ponsel Anda, tunggu hingga hidup kembali dan sambungkan koneksi data.

Terkadang, ponsel Anda perlu dimatikan beberapa saat, terutama saat mengisi daya, agar kinerja ponsel tidak terpengaruh.

Baca juga: Tips Jaga Kondisi Smartphone Kamu Agar Tetap Prima

Traffic yang Padat

Smartphone Signal_3c

Smartphone Signal. (Sumber: Popular Science)

Hal ini juga sering terjadi pada penyedia layanan Internet atau jaringan Wi-Fi yang memiliki kartu SIM. Hal ini hanya akan terjadi pada pengguna koneksi data Internet penyedia jika mereka pindah ke wilayah lain dan koneksi lancar kembali.

Terkadang. Berlatihlah menggunakan koneksi internet, lokasi juga menentukan performa. Bagaimana dengan jaringan Wi-Fi?

Suka atau tidak, Anda harus bisa berbagi secara adil karena hal itu juga akan menimbulkan masalah jika semua orang di rumah yang sama menggunakan koneksi Internet yang sama pada saat yang sama, tetapi di sana adalah hal-hal yang terlalu sering digunakan orang.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Produk terbaru merk Vivo, yaitu versi Y28s 5G akan segera memasuki pasar China dalam waktu dekat. Merk tersebut akan segera menambahkan...

Tech News

Jakarta, Unbox.id — General Mobile bersiap untuk memperkenalkan seri smartphone baru. GM atau General Mobile merupakan perusahaan yang berdiri di Turki. Kali ini, perusahaan...

Software

Jakarta, Unbox.id — Kali ini Apple mengumumkan serangkaian fitur aksesibilitas baru yang akan hadir di akhir tahun 2024 ini di iPhone dan iPad-nya. jadi...

Handphone & Tablet

Jakarta, Unbox.id — Seperti rumor yang telah beredar, Sony akhirnya merilis dua ponsel Xperia baru kali ini. Kedua ponsel adalah Xperia 1 VI dan...