Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Daftar Aplikasi Partisi Harddisk Tanpa Bayar dan Iklan

Aplikasi Partisi Harddisk_1a
Aplikasi Partisi Harddisk. (Sumber: TechNadu)

Unbox.id – Harddisk adalah salah satu komponen komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan. Saat menggunakan, kita bisa membagi kapasitas harddisk menjadi beberapa bagian. Ya, pembagian ini disebut partisi. Untuk mempartisi hardisk diperlukan aplikasi atau bisa juga menggunakan program bawaan Windows. Namun, melalui artikel ini, kami akan membahas aplikasi pemartisi disk gratis terbaik yang dapat Anda gunakan. Apa aplikasinya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

MiniTool Partition Wizard

MiniTool Partition Wizard merupakan aplikasi gratis yang memiliki fitur cukup lengkap. MiniTool Partition Wizard dapat memformat, menghapus, mengubah ukuran, membagi, menggabungkan, dan mengkloning partisi hard drive Anda.

Tidak hanya itu, MiniTool Partition Wizard juga dapat memeriksa kesalahan sistem file, menjalankan tes permukaan, menghapus partisi dengan berbagai metode pembersihan dan penyelarasan partisi.

Menariknya, MiniTool Partition Wizard juga dapat memindahkan OS dari satu harddisk ke harddisk lainnya. Untuk menjalankan aplikasi ini, Anda harus menjalankan setidaknya sistem operasi Windows XP. Selain versi gratisnya, MiniTool Partition Wizard juga menawarkan versi berbayar yang tentunya memiliki lebih banyak fitur.

Active@ Partition Manager

Active@ Partition Manager_2b

Active@ Partition Manager. (Sumber: File Eagle)

Active@ Partition Manager juga termasuk di antara aplikasi pemartisi hard drive terbaik. Fiturnya tidak jauh berbeda dengan MiniTool Partition Wizard. Aplikasi ini juga mendukung format disk populer seperti FAT, NTFS, HFS+, EXT2, EXT3 dan EXT4.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk mencadangkan, mengonversi MBR dan GPT, membuat partisi FAT32 hingga 1TB, dan mengedit boot record.

Pastikan sistem operasi yang Anda gunakan adalah Windows 10, 8, 7, Vista atau XP sebelum menggunakan aplikasi ini. Selain gratis, aplikasi ini berukuran kecil yaitu hanya 19,5 MB.

AOMEI Partition Assistant Standard Edition

AOMEI Partition Assistant Standard Edition juga bisa menjadi pilihan Anda untuk mempartisi harddisk. Fitur-fiturnya antara lain mengubah ukuran, menggabungkan, membagi, memulihkan, dan membuat partisi baru. Anda juga dapat membuat Windows dapat di-boot dan memindahkan sistem operasi dari satu hard drive ke hard drive lainnya.

Beberapa fitur Edisi Standar Asisten Partisi AOMEI terbatas dan hanya tersedia dalam versi berbayar dan profesional. Salah satu fitur ini adalah kemampuan untuk beralih antara partisi primer dan logis.

GParted

GParted juga merupakan salah satu aplikasi pemartisi hard disk terbaik, tetapi juga merupakan aplikasi yang sulit karena Anda harus membuat disk bootable terlebih dahulu. Tetapi meskipun bekerja melalui boot disk, GParted memiliki fungsionalitas dan antarmuka yang sama dengan aplikasi lain.

GParted juga dapat memformat sistem EXT2, EXT3, EXT4, NTFS, FAT16, FAT32 dan XFS. Salah satu kelemahan dari aplikasi ini adalah ukuran file yang agak besar yaitu 300MB.

Baca juga: Ketahui Sebab Dan Akibat Harddisk Bisa Rusak

Cute Partition Manager

Cute Partition Manager_3c

Cute Partition Manager. (Sumber: Softonic)

Sama seperti GParted, untuk menggunakan Cute Partition Manager, Anda perlu membuat disk bootable terlebih dahulu, artinya Anda dapat menjalankan aplikasi ini meskipun komputer Anda tidak memiliki sistem operasi.

Cute Partition Manager dapat digunakan untuk memodifikasi sistem file, membuat atau menghapus partisi. Aplikasi ini juga tidak membutuhkan mouse untuk mengoperasikannya. Anda hanya menggunakan keyboard.

Macrorit Partition Expert

Macrorit Partition Expert adalah salah satu aplikasi pemartisi disk yang paling mudah digunakan. Selain tampilan yang jernih, aplikasi ini sangat mudah digunakan.

Seperti aplikasi partisi lainnya, Macrorit Partition Expert memiliki fitur seperti mengubah ukuran, memindahkan, menghapus, menyalin, memformat, dan menghapus hard drive.

Aplikasi ini juga dapat beralih antara partisi primer dan logis dan bahkan menjalankan pengujian permukaan. Selain gratis, Macrorit Partition Expert juga memiliki versi portable.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Huawei

Unbox.id – Huawei semakin aktif berkolaborasi dengan pengembang untuk menciptakan berbagai aplikasi asli untuk sistem operasi selulernya HarmonyOS. Undangan ini disampaikan oleh Rotating Chairman...

Tech Industry

Unbox.id – Emulator Delta akhirnya resmi diluncurkan di app store Apple, khususnya App Store, dan pengguna di seluruh dunia dapat mengunduhnya secara gratis, termasuk...

Tech Industry

Unbox.id – Belakangan ini banyak beredar pemberitaan tentang pengemudi transportasi online yang memaksa penumpangnya untuk mentransfer uang bahkan hingga melakukan kekerasan. Kabar ini pun...

Tech Industry

Unbox.id – Putra Instagram, aplikasi media sosial alternatif Twitter Meta telah melampaui jumlah unduhan X di App Store. Seperti dikutip GizChina, Threads telah diunduh...