Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Jumlah Unduhan Threads 3 Kali Lipat Lebih Banyak dari X

Threads Application_1a
Threads Application. (Sumber: 9to5 Mac)

Unbox.id – Putra Instagram, aplikasi media sosial alternatif Twitter Meta telah melampaui jumlah unduhan X di App Store. Seperti dikutip GizChina, Threads telah diunduh lebih dari tiga kali lebih banyak dibandingkan X di iOS dan lebih dari dua kali lebih banyak di Google Play Store. Popularitas Threads di Instagram justru naik-turun dibandingkan X. Setelah diperkenalkan ke publik pada tahun 2023, Threads mengalami peningkatan unduhan. Namun, berbagai strategi Meta untuk meningkatkan popularitas Threads, seperti menampilkannya di timeline Facebook dan Instagram, membuat unduhan aplikasi cenderung berfluktuasi. Namun seiring berjalannya waktu, menurut data Appfigures, unduhan Threads sekali lagi bersaing dengan jumlah pemasangan X, terutama di iOS.

Jumlah Unduhan di iOS Sedikit Menurun

Threads Application_2b

Threads Application. (Sumber: Techpoint)

Pada akhir tahun lalu, trennya telah berubah. Pada akhir Desember, unduhan Threads mulai mengalami peningkatan hingga lebih dari setengah juta unduhan per hari di Google Play dan Play Store.

Meskipun unduhan iOS sedikit menurun pada Januari 2024 namun Threads terus melampaui unduhan harian di kedua platform ponsel cerdas. Data yang dilaporkan dari Appfigures, yang dikutip oleh GizChina, menunjukkan bahwa pada tanggal 25 Februari 2024, Threads memiliki 486.803 pemasangan di Google Play dan 342.228 di iOS.

Sebaliknya, X memiliki 225.408 unduhan di Google Play dan 112.625 di iOS selama periode tersebut. periode. periode yang sama. Data menunjukkan bahwa Threads memiliki unduhan hampir tiga kali lebih banyak di iOS dan dua kali lebih banyak unduhan di Google Play dibandingkan X.

Jumlah Unduhan Antara Threads dan X Beda Jauh

Perbedaan jumlah unduhan pada beberapa hari lalu menunjukkan kesenjangan yang lebih besar. Pada tanggal 22 Februari, Threads mencatat 382.999 penginstalan harian di iOS dibandingkan dengan hanya 113.649 penginstalan untuk X pada platform yang sama.

Sedangkan di Google Play, Threads telah diunduh 660.882 kali, sedangkan X di Play Store hanya diunduh sebanyak 210.475 kali. Meskipun tingkat pemasangan harian Threads masih naik turun, namun jumlah unduhannya tetap berada di atas X. Seiring berjalannya waktu, peralihan ini akan berdampak pada jumlah pengguna aktif.

Jika hal tersebut terjadi, Threads dapat menjadi platform mikroblog utama bagi sebagian besar pengguna, melampaui dominasi lama Twitter. Hal ini juga akan memberikan Meta kontrol editorial yang lebih besar terhadap berbagi informasi dan ekosistem berita yang digunakan oleh jurnalis, peneliti, akademisi, dan lainnya.

Penting untuk dicatat bahwa Meta telah menyatakan bahwa mereka tidak akan merekomendasikan konten politik di Threads.

Threads Miliki 130 Juta Pengguna Aktif di Kuartal 4 tahun 2023

Threads Application_3c

Threads Application. (Sumber: CNET)

CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa Threads akan memiliki 130 juta pengguna aktif bulanan pada Q4 2023. Kemungkinan besar jumlah ini akan terus bertambah dalam beberapa minggu mendatang karena unduhan Threads terus meningkat.

Pimpinan Instagram Adam Mosseri menyebutkan bahwa aplikasi Threads adalah kinerjanya “sangat baik” di Jepang, di mana Twitter merupakan aplikasi media sosial yang cukup sering digunakan.

Pendapatan thread sedikit meningkat di bulan Januari dibandingkan bulan sebelumnya, namun Meta tetap mewaspadai penurunan pendapatan di bulan Februari, yang merupakan hal positif bagi aplikasi yang dirilis tahun lalu.

Baca juga: Instagram Umumkan Pengguna Threads Kini Bisa Pakai Tag

Apa yang Sebenarnya Terjadi dengan X?

X melaporkan bahwa mereka memiliki 500 juta pengguna aktif bulanan pada kuartal 4 tahun lalu. Namun, tidak dapat dipastikan berapa banyak dari akun asli di aplikasi ini dikarenakan terdapat bot pada aplikasi ini.

Laporan terbaru menunjukkan bahwa X menghadapi masalah mengenai bot yang terverifikasi, di mana akun yang bercentang biru secara tidak sengaja menanggapi postingan di X dengan pesan yang menyatakan, “Maaf, saya tidak dapat memberikan masukan yang diminta karena melanggar kebijakan konten OpenAI”

Meskipun pengunduhan dari bulan ke bulan sedikit meningkat pada bulan Desember dan Januari, jumlah tersebut tetap lebih rendah dibandingkan sebelum rebranding, menurut laporan dari Appfigures.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Unbox.id – Aplikasi Threads kini memiliki lebih dari 150 juta pengguna bulanan, meningkat sekitar 20 juta sejak Februari 2024. Hal ini ditunjukkan oleh CEO...

Tech Industry

Unbox.id – Pengguna Apple di Tiongkok mungkin tidak lagi dapat menemukan dan mengunduh aplikasi WhatsApp dan Threads dari App Store. Menurut Wall Street Journal...

Tech Industry

Unbox.id – Emulator Delta akhirnya resmi diluncurkan di app store Apple, khususnya App Store, dan pengguna di seluruh dunia dapat mengunduhnya secara gratis, termasuk...

Tech Industry

Unbox.id – Threads adalah platform dengan jumlah pengguna yang tumbuh paling cepat, meskipun platform jejaring sosial Meta baru berumur kurang dari satu tahun. Threads...