Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Cisco Menata Ulang Keamanan Data Center

Cisco_1a
Cisco. (Sumber: The Hans)

Unbox.id – Cisco mengambil pendekatan baru untuk mengamankan pusat data dan cloud guna memenuhi tuntutan revolusi kecerdasan buatan (AI) yang semakin meningkat dalam infrastruktur TI. Perusahaan memikirkan kembali cara mereka mengoperasikan dan melindungi AI serta beban kerja modern lainnya dengan Cisco Hypershield. Cisco Hypershield dikatakan melindungi aplikasi, perangkat, dan data di seluruh pusat data publik dan swasta, serta data di cloud dan lokasi fisik.

Apa Itu Cisco Hypershield?

Dirancang dan dibangun dengan AI sejak awal, Hypershield memungkinkan bisnis mencapai hasil keamanan yang melampaui apa yang dapat dicapai manusia. Chuck Robbins, Ketua dan CEO Cisco, mengatakan dalam siaran persnya: “Cisco Hypershield adalah salah satu inovasi keamanan terpenting dalam sejarah kami.

“Dengan data tepercaya dan platform keamanan, infrastruktur, dan observasi yang kuat, Cisco berada pada posisi unik untuk membantu pelanggan memanfaatkan kekuatan AI,” tambahnya. Sementara itu, Jeetu Patel, wakil presiden eksekutif dan manajer umum keamanan dan kolaborasi di Cisco, mengatakan AI berpotensi membantu 8 miliar orang di dunia dengan dampak yang sama seperti 80 miliar orang.

“Dengan jumlah sebesar ini, kita perlu memikirkan kembali peran pusat data: bagaimana pusat data terhubung, aman, dioperasikan, dan ditingkatkan skalanya,” kata Jeetu.

3 Pilar Utama

Cisco_2b

Cisco. (Sumber: ZDNet)

Dibangun dan dirancang dari awal untuk otonomi dan prediktabilitas, Hypershield melakukan manajemen secara otomatis setelah kepercayaan diperoleh, memungkinkan pendekatan yang sangat terdistribusi dalam skala besar. Hypershield dibangun di atas eBPF sumber terbuka, mekanisme default untuk menghubungkan dan melindungi beban kerja cloud-native di cloud hyperscale.

Cisco telah mengakuisisi Isovalent, produsen terkemuka yang menawarkan eBPF untuk bisnis, awal bulan ini. Cisco sedang melakukan reorganisasi besar Keamanan jaringan tradisional bekerja dengan menyematkan kontrol keamanan tingkat lanjut ke dalam server dan struktur jaringan itu sendiri.

Hypershield mencakup seluruh cloud dan memanfaatkan akselerasi perangkat keras seperti unit pemrosesan data (DPU) untuk menganalisis dan merespons aplikasi anomali perilaku aplikasi dan jaringan. Hal ini mendekatkan keamanan pada beban kerja yang perlu dilindungi.

Mengatasi 3 Tantangan Utama

Penyerang sangat pandai menyerang kerentanan yang baru ditemukan, lebih cepat daripada kemampuan pembela mereka untuk menambalnya. Menurut Cisco Talos Threat Intelligence, hampir 100 kerentanan baru muncul setiap hari, yang dapat mengakibatkan bencana.

Hypershield memberikan perlindungan dalam hitungan menit dengan secara otomatis menguji dan menerapkan kompensasi kontrol dalam struktur akses keamanan titik kontrol terdistribusi. Setelah penyerang terdeteksi dalam jaringan, segmentasi diperlukan untuk mencegah pergerakan lateralnya.

Hypershield melakukan pemantauan, penemuan akar penyebab otomatis, dan evaluasi dalam kebijakan yang ada untuk mensegmentasi jaringan secara independen, beradaptasi dengan lingkungan berskala besar dan kompleks.

Hypershield mengotomatiskan proses pengujian dan penerapan pemutakhiran yang memakan banyak tenaga dan waktu saat tersedia dengan memanfaatkan dua bidang data.

Arsitektur perangkat lunak baru ini memungkinkan pemutakhiran dilakukan pada perangkat lunak dan perubahan kebijakan dalam lingkungan yang kompleks. Kembaran digital memeriksa pembaruan menggunakan metode unik. menggabungkan lalu lintas pelanggan, kebijakan, dan fitur, lalu menerapkan pembaruan tersebut tanpa waktu henti.

Baca juga: Kecerdasan Buatan Bisa Pecahkan Password Dalam Hitungan Detik

Tentang Artifical Intelligence

Artificial Intellegence_1a

Artificial Intellegence. (Sumber: Neuro SYS)

Dibagi menjadi 3 bagian:

  • AI Kecil (Narrow AI): Ini adalah AI yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas tertentu dengan baik, seperti pengenalan suara atau gambar, atau bahkan permainan catur. Contohnya adalah asisten virtual seperti Siri, Alexa, dan Google Assistant.
  • AI Umum (General AI): Ini adalah konsep AI yang lebih luas, di mana mesin-mesin memiliki kemampuan untuk menyelesaikan berbagai macam tugas seperti manusia. Meskipun masih menjadi tujuan jangka panjang, ini belum sepenuhnya terwujud dan masih banyak dibahas di dunia ilmu komputer.
  • AI Kuat (Strong AI): Ini adalah konsep AI yang mencakup AI yang setara dengan kecerdasan manusia dalam setiap aspeknya. Ini juga masih menjadi konsep dan tujuan jangka panjang.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Untuk pertama kalinya, Cisco meluncurkan pusat data cloud aman pertama di Indonesia, Cisco Edge Data Center. Pusat data baru ini akan mendukung...

Tech Industry

Unbox.id – Penyedia penyimpanan cloud Dropbox telah mengungkapkan bahwa layanan Dropbox Sign (sebelumnya dikenal sebagai HelloSign) adalah korban peretasan. Dropbox Sign adalah produk tanda...

Tech Industry

Unbox.id – Meningkatnya penggunaan dan penyempurnaan Generative AI (GenAI) dan Generative Adversarial Network (GAN) jelas menjadikan kejahatan dunia maya semakin memprihatinkan. Ketika penjahat dunia...

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...