Apps & Games

Cara Mudah Menghapus Riwayat Pencarian Google

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
5

Saat mencari berbagai macam hal di mesin pencari Google, riwayat pencarian kita akan terekam pada platform tersebut secara otomatis. Mesin pencari Google merupakan mesin pencari yang sangat populer di kalangan pengguna internet. Setiap menemukan pertanyaan yang belum tahu jawabannya, mesin pencari yang akrab dipanggil dengan sebutan Mbah ini dapat membantu kita menjawabnya. Lalu bagaimana kita menghapus riwayat pencarian Google?

Seolah menjadi simbah dukun yang serba tahu, Google memang menyediakan berbagai jawaban dari banyak situs untuk setiap kata kunci yang kita berikan. Banyak jawaban yang tepat, namun tak jarang pula banyak jawaban yang meleset karena ditulis oleh situs atau blog yang belum terpercaya.

Terlepas dari permasalahan keabasahan konten yang ditampilkan, fitur pencari milik Simbah ini tentu sangat membantu kita dalam berbagai macam urusan, dari mulai mencari konten untuk tugas, mencari kumpulan chord gitar, mencari konten berupa musik dan video, mencari gambar, atau, mencari tutorial memperbaiki sesuatu.

Namun, semakin banyak hal yang kita cari semakin banyak riwayat pencarian yang kita miliki, karena secara otomatis Google menyimpan kata kunci pencarian kita sebagai History di platformnya yang sewaktu-waktu kita dapat menggunakannya lagi tanpa perlu mengetikan banyak kata lagi.

Kabar bagusnya, riwayat pencarian ini tidak hanya tersimpan secara lokal di perangkat kita, jika perangkat yang kita gunakan mensinkronkan akun Google yang kita gunakan. Sehingga dengan fitur ini, kita dapat mengakses kembali kata kunci pencarian melalui perangkat lain yang tersinkronisasi dengan akun Google yang sama.

Perekam riwayat pencarian Google ini mungkin sangat membantu kita, namun tak jarang pula sebagian dari kita merasa terganggu dengan adanya fitur ini karena apa yang dicarinya masuk kedalam hal yang berbau privasi. Dengan alasan apapun, kita kadang juga perlu menghapus daftar riwayat pencarian ini.

Terdapat beberapa cara untuk menghapus riwayat pencarian di platform Google. Dua diantaranya adalah dengan menggunakan Aktivitas Saya yang merekam setiap aktivitas akun Google kita dan aplikasi Google yang notabene menyediakan layanan Google Assistant dan Google Search melalui perangkat Android.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google Secara Kolektif Menggunakan Aktivitas Saya

 

Cara yang pertama ini adalah cara yang dapat Anda gunakan untuk menghapus riwayat pencarian di Google secara kolektif berdasarkan waktu. Dengan Aktivitas Saya, Anda dapat menghapus riwayat pencarian untuk satu hari, seminggu, sebulan, atau seluruh riwayat di dasarkan pada tanggal.

Cara melakukannya adalah

  1. Pertama, buka laman Aktivitas Saya melalui browser, dalam hal ini saya lebih suka menggunakan Google Chrome.
  2. Selanjutnya, klik ikon menu (ikon hamburger) yang ada pada sebelah pojok kiri atas.
  3. Cari opsi Hapus aktivitas menurut, dan pilih opsi tersebut.
  4. Klik pada bagian “Hari ini”, untuk mengganti lama waktunya.
  5. Set tanggal jika diperlukan, dan klik “semua produk” untuk mengatur aktivitas apa yang ingin dihapus, untuk menghapus pencarian saja, Anda dapat memilih opsi “penelusuran”.
  6. Jika sudah selesai mengaturnya, klik opsi HAPUS untuk menghapus riwayat aktivitas Google.
  7. Jika muncul notifikasi terkait penghapusan riwayat, pilih tombol HAPUS.

Cara Menghapus Satu per Satu Riwayat Pencarian di Google dengan Google App di Android.

 

 

Cara yang kedua ini dapat Anda lakukan jika Anda ingin menghapus satu persatu riwayat pencarian di Google. Anda dapat memilih kata kunci apa yang ingin dihapus dari daftar riwayat pencarian di platform Google.

Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan Google App. Secara default, Google App ini telah tertanam di hampir semua perangkat Android sehingga Anda tidak perlu menginstalnya. Cara menggunakannya pun cukup mudah, berikut ini caranya

  1. Buka Google App, jika Anda menggunakan Google Now, Anda dapat mengeklik simbol G di layar utama Android. Atau, Anda dapat mengeklik kolom pencarian Google yang secara default ada di layar utama jika Anda tidak menggunakan Google Now. Anda juga dapat mengakses fitur ini dengan menahan tombol home pada beberapa perangkat Android.
  2. Jika muncul saran kata kunci dari riwayat penelusuran sebelumnya, Anda dapat menekan salah satu kata kunci dan menahannya beberapa waktu
  3. Secara otomatis, akan muncul konfirmasi tentang apakah kita akan menghapus kata kunci tersebut dari riwayat pencarian
  4. Klik DELETE untuk menghapus kata kunci tersebut

Sangat mudah bukan, cara menghapus riwayat pencarian di Google. Namun, sebaiknya Anda lebih teliti untuk menghapus mana riwayat penelusuran yang akan dihapus atau tidak. Siapa tahu besok lusa kita masih membutuhkannya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
5
Comments

Popular

To Top