Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Google Pakai Nama Ini untuk HP Android Layar Lipat Baru

Google Pixel Fold_1a
Google Pixel Fold. (Sumber: Gadget News)

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap diluncurkan dan menjadi ponsel layar lipat raksasa mesin pencari tersebut. Oleh karena itu, wajar jika perusahaan meluncurkan lini produk penerusnya, Pixel Fold 2. Namun, laporan terbaru menunjukkan bahwa Google tidak akan menggunakan nama ini untuk ponsel lipatnya. Mengutip Android Authority, Google dikabarkan akan menggunakan nama Pixel 9 Pro Fold untuk ponsel lipat barunya. Selain itu, kemungkinan besar Pixel 9 Pro Fold akan diluncurkan pada acara peluncuran pada bulan Oktober tahun ini, bukan di Google I/O 2024 pada bulan Mei empat ponsel. Keempat ponsel tersebut antara lain Pixel 9, Pixel 9 Pro, Pixel 9 Pro XL, dan Pixel 9 Pro Fold. Meskipun Pixel 9 dan Pixel 9 Pro XL merupakan penerus Pixel 8 dan Pixel 8 Pro, model Pixel 9 Pro akan berukuran lebih kecil. Meski mirip dengan varian standar, Pixel 9 Pro akan dibekali hardware kelas atas, termasuk chipset Tensor G4.

Fitur Circle to Search Sambangi Pengguna Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro

Circle to Search Google Pixel 8_2b

Circle to Search Google Pixel 8. (Sumber: Piunika Web)

Fitur Circle to Search dikatakan sudah mulai diluncurkan untuk pengguna perangkat Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Seperti yang kita tahu, fitur ini merupakan hasil kolaborasi antara Samsung dan Google. Seperti namanya, fitur Circle to Search memungkinkan pengguna mencari informasi secara otomatis baik berupa gambar maupun teks.

Pengguna hanya perlu melingkari atau mencoret objek yang muncul di layar, kemudian informasi mengenai objek tersebut akan langsung ditampilkan di layar. Sempat tersedia di seri Samsung Galaxy S24, seperti dikutip GSM Arena, kini fitur tersebut sudah mulai bermunculan.

Google Piksel 8 dan Piksel 8 Pro. Google sebelumnya telah mengumumkan bahwa fitur ini akan diluncurkan untuk pengguna Pixel mulai 31 Januari 2024.

Menurut laporan beberapa pengguna, fitur ini tersedia langsung melalui pemilik perangkat. Hasilnya, pengguna Pixel 8 dan Pixel 8 Pro tidak perlu memperbarui aplikasi atau firmware untuk memanfaatkan fitur ini.

Pengguna juga tidak menerima notifikasi saat dapat mengakses fungsi ini. Oleh karena itu, pengguna harus segera mencoba fitur ini untuk mengetahui apakah perangkat mereka sudah memiliki Circle to Search yang tersedia.

Saat ini, akses ke fitur Circle to Search masih terbatas pada seri Galaxy S24 dan Google Pixel 8. Belum ada kabar tentang kapan fitur ini akan tersedia. Ini akan diluncurkan di perangkat Android lain, tetapi ada laporan lain bahwa fitur tersebut akan dibuka di perangkat lain pada Oktober 2024.

Boks Kemasan Google Pixel 8a Tersebar di Internet

Google Pixel 8a_3c

Google Pixel 8a. (Sumber: OneLeaks)

Google Pixel 8a kabarnya akan meluncur pada bulan Mei 2024 mendatang, bertepatan dengan acara tahunan mereka, khususnya Google I/O.

Google Pixel 8a sendiri melanjutkan jajaran raksasa mesin pencari ponsel raksasa tersebut, dengan menawarkan ponsel setara dengan Pixel standar. namun dengan harga yang semakin murah.

Tahun ini bocoran Pixel 8a muncul dalam bentuk foto kotak atau informasi penjualan ponsel Google yang dibagikan Hung Nv di grup Facebook. Berdasarkan bocoran foto boks Pixel 8a, dipastikan bocoran desain dan kemampuan pengisian cepat ponsel anyar Google tersebut.

Seperti dilansir Mysmartprice, Pixel 8a punya bentuk bodi mirip yaitu Pixel 8a. seri sebelumnya, namun lebih membulat di setiap sisinya.

Baca juga: Google Tambahkan Metode Keamanan Biometrik

Bocoran Spesifikasi Pixel 8a

Ponsel ini juga memiliki kamera belakang ganda, dengan pulau kamera berbentuk kotak mirip dengan Pixel 7a.

Tombol daya dan volume selalu terlihat di tempat yang sama, tepatnya di sisi kanan bodi ponsel. Seperti ponsel Pixel lainnya, smartphone ini juga akan mengusung logo Google di bodinya.

Menurut bocoran di Geekbench, ponsel Google ini hadir dengan chipset Tensor G3 dengan kecepatan lebih rendah dari Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Pixel 8a juga akan didukung dengan RAM 8 GB dan menjalankan sistem operasi Android 14.

Sayangnya, masih belum jelas apakah Pixel 8a akan mendukung pembaruan sistem Android yang sama yang berusia 7 tahun atau tidak. Piksel 8 dan 8 Pro. Menarik untuk melihat berapa harga Pixel 8a saat mulai dijual.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Setelah beberapa waktu meluncurkan fitur multi view di aplikasi YouTube TV, kini fitur tersebut akan segera hadir di perangkat Android. Dengan...

Tech Industry

Unbox.id – Google baru saja merilis kode untuk Project Gameface, sebuah proyek inovatif yang memungkinkan pengguna ponsel cerdas mengontrol menggunakan ekspresi wajah. Setelah dipresentasikan...

Tech Industry

Unbox.id – Google telah merilis fitur baru untuk meningkatkan kemampuan chatbot AI miliknya, Gemini AI. Fitur tersebut diharapkan disebut Memori dan akan membantu Gemini...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Pada konferensi I/O kali ini, Google telah meluncurkan fitur baru untuk Circle to Search. Fitur yang dapat membantu siswa untuk mengerjakan...