Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Google Tambahkan Metode Keamanan Biometrik

Metode Keamanan Biometrik_1a
Metode Keamanan Biometrik. (Sumber: The Keywords)

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini sangat berguna bagi pengguna yang sering membeli aplikasi atau game dari Google Play. Selain itu, di masa lalu, orang tua dilaporkan memiliki tagihan kartu kredit yang tinggi karena terlalu mudah bagi anak-anak untuk membeli game berlian dari toko aplikasi. Mengutip email Google kepada pengguna dan laporan Gizchina, pengaktifan mode keamanan biometrik ini berlaku untuk ponsel cerdas dengan fitur keamanan biometrik. Dalam praktiknya, ketika pengguna mengaktifkan keamanan biometrik, ini berarti mereka akan diminta memverifikasi transaksi menggunakan fungsi biometrik pilihan mereka setiap kali melakukan pembelian melalui Google Play. “Untuk menjaga keamanan akun Anda, aktifkan verifikasi biometrik untuk setiap pembelian,” kata Google Play dalam email kepada pelanggannya. Selain itu, Google Play juga menyarankan penggunanya untuk menghindari berbagi akun dengan orang lain.

Hati-Hati Simpan Biometrik Orang Lain di HP Kita

Metode Keamanan Biometrik_2b

Metode Keamanan Biometrik. (Sumber: Security Brief)

Sementara itu, Google Play mengatakan: “Jika Anda menggunakan metode keamanan biometrik untuk memverifikasi pembelian Anda, ingatlah untuk menyimpan data biometrik anak-anak atau orang lain di perangkat Anda karena data biometrik ini juga dapat digunakan untuk memverifikasi pembelian.” bila Anda ingin mengaktifkan verifikasi pembelian, pengguna harus memasukkan sandi akun Google mereka untuk setiap transaksi.

Meskipun langkah ini efektif, namun metode ini masih merepotkan. Oleh karena itu, penggunaan metode keamanan biometrik bermanfaat bagi pengguna yang mengandalkan kode sandi atau mengalami kesulitan mengingat kata sandi akun Google mereka.

Penting Ingatlah bahwa pembaruan ini hanya berlaku untuk sistem pembayaran Google Play. Transaksi yang dilakukan di luar Google Play, seperti pembelian langsung dalam aplikasi, mungkin memiliki metode verifikasi yang berbeda.

Cara mengaktifkan verifikasi pembelian melalui otentikasi biometrik cukup mudah. Pada aplikasi Google Play, buka pengaturan profil lalu temukan opsi “Verifikasi pembelian.”

Di situ kamu bisa mengaktifkan tombol geser “Verifikasi Biometrik”. Ingatlah ini perlu diulang untuk tiap akun Google dan perangkat yang dipakai.

Berlaku untuk Semua Pembelian di Google Play

Faktanya, berkat verifikasi pembelian aktif, semua pembelian Google Play, termasuk buku, film, dan pembelian dalam aplikasi, memerlukan konfirmasi sidik jari atau pengenalan wajah wajah.

Ini melindungi terhadap pembelian yang tidak disengaja dan tagihan tidak sah, terutama bagi pengguna yang menggunakan perangkat bersama.

Apa Itu Keamanan Biometrik?

Keamanan biometrik mengacu pada penggunaan karakteristik fisik atau perilaku unik seseorang untuk mengotentikasi identitas mereka. Ini melibatkan penggunaan data biologis atau perilaku yang tidak dapat dengan mudah dipalsukan oleh orang lain, seperti sidik jari, wajah, iris mata, suara atau gerakan tubuh.

Teknologi Biometrik Kerja mengubah karakteristik ini menjadi format digital yang dapat dibandingkan dengan data yang ada data yang direkam sebelumnya untuk mengkonfirmasi identitas seseorang. Dalam konteks keamanan, ini sering digunakan sebagai alternatif atau pelengkap kata sandi atau kartu kunci yang dapat dicuri atau disalahgunakan.

Namun, penting untuk diingat bahwa Tidak ada sistem keamanan yang sepenuhnya bebas risiko, dan biometrik tidak terkecuali. Meskipun sulit untuk meniru atau mencuri karakteristik biometrik seseorang, namun tetap terdapat risiko manipulasi atau serangan lain terhadap sistem biometrik.

Oleh karena itu, penting untuk terus mengembangkan dan meningkatkan teknologi biometrik serta mengintegrasikannya dengan tingkat keamanan lainnya untuk menciptakan solusi keamanan yang lebih tangguh.

Baca juga: Google One Bakal Matikan Fitur VPN Pada Akhir 2024

Apakah Begitu Penting?

Metode Keamanan Biometrik_3c

Metode Keamanan Biometrik. (Sumber: The Keyword)

Keamanan biometrik sangat penting karena menyediakan lapisan tambahan perlindungan terhadap akses yang tidak sah ke sistem, informasi, atau aset yang sensitif. Berikut adalah beberapa alasan mengapa keamanan biometrik dianggap penting:

  • Kesulitan untuk Dipalsukan: Karakteristik biometrik, seperti sidik jari atau wajah, sulit untuk dipalsukan atau direplikasi oleh pihak lain. Ini membuatnya lebih sulit bagi orang lain untuk mencoba mengakses data atau sistem dengan menggunakan identitas palsu.
  • Kemudahan Penggunaan: Sistem keamanan biometrik sering kali lebih nyaman bagi pengguna daripada kata sandi atau kartu kunci. Ini karena pengguna tidak perlu mengingat atau membawa alat tambahan untuk mengakses sistem, cukup menggunakan bagian tubuh mereka sendiri.
  • Perlindungan Terhadap Kehilangan atau Pencurian: Dalam situasi di mana kata sandi atau kartu kunci dapat hilang atau dicuri, identitas biometrik tetap bersama individu dan tidak dapat dicuri dengan mudah. Ini meningkatkan keamanan akses ke sistem atau informasi sensitif.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Cisco mengambil pendekatan baru untuk mengamankan pusat data dan cloud guna memenuhi tuntutan revolusi kecerdasan buatan (AI) yang semakin meningkat dalam infrastruktur...

Tech Industry

Unbox.id – Meningkatnya penggunaan dan penyempurnaan Generative AI (GenAI) dan Generative Adversarial Network (GAN) jelas menjadikan kejahatan dunia maya semakin memprihatinkan. Ketika penjahat dunia...

Tech Industry

Unbox.id – Google memperkenalkan beberapa solusi baru pada acara Google Next 2024. Salah satu solusi yang dihadirkan pada acara tersebut adalah Gemini Code Assist...

Tech Industry

Unbox.id – Google Doodle hari ini merayakan Hari Bumi 2024 dengan serangkaian gambar yang menampilkan kata “Google” dari gambar satelit. Hari Bumi 2024 atau...