Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Google Tambahkan Metode Keamanan Biometrik

Metode Keamanan Biometrik_1a
Metode Keamanan Biometrik. (Sumber: The Keywords)

Last updated on 26 Juni, 2024

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini sangat berguna bagi pengguna yang sering membeli aplikasi atau game dari Google Play.

Selain itu, di masa lalu, orang tua dilaporkan memiliki tagihan kartu kredit yang tinggi karena terlalu mudah bagi anak-anak untuk membeli game berlian dari toko aplikasi.

Mengutip email Google kepada pengguna dan laporan Gizchina, pengaktifan mode keamanan biometrik ini berlaku untuk ponsel dengan fitur keamanan biometrik.

Dalam praktiknya, ketika pengguna mengaktifkan keamanan biometrik, ini berarti mereka akan diminta memverifikasi transaksi menggunakan fungsi biometrik pilihan mereka setiap kali melakukan pembelian melalui Google Play. “Untuk menjaga keamanan akun Anda, aktifkan verifikasi biometrik untuk setiap pembelian,” kata Google Play dalam email kepada pelanggannya.

Selain itu, Google Play juga menyarankan penggunanya untuk menghindari berbagi akun dengan orang lain.

Hati-Hati Simpan Biometrik Orang Lain di HP Kita

Metode Keamanan Biometrik

Metode Keamanan Biometrik. (Sumber: Security Brief)

Sementara itu, Google Play mengatakan: “Jika Anda menggunakan metode keamanan biometrik untuk memverifikasi pembelian Anda, ingatlah untuk menyimpan data biometrik anak-anak atau orang lain di perangkat Anda karena data biometrik ini juga dapat digunakan untuk memverifikasi pembelian.” bila Anda ingin mengaktifkan verifikasi pembelian, pengguna harus memasukkan sandi akun Google mereka untuk setiap transaksi.

Meskipun langkah ini efektif, namun metode ini masih merepotkan. Oleh karena itu, penggunaan metode keamanan biometrik bermanfaat bagi pengguna yang mengandalkan kode sandi atau mengalami kesulitan mengingat kata sandi akun Google mereka.

Penting Ingatlah bahwa pembaruan ini hanya berlaku untuk sistem pembayaran Google Play. Transaksi yang dilakukan di luar Google Play, seperti pembelian langsung dalam aplikasi, mungkin memiliki metode verifikasi yang berbeda.

Cara mengaktifkan verifikasi pembelian melalui otentikasi biometrik cukup mudah. Pada aplikasi Google Play, buka pengaturan profil lalu temukan opsi “Verifikasi pembelian.”

Di situ kamu bisa mengaktifkan tombol geser “Verifikasi Biometrik”. Ingatlah ini perlu diulang untuk tiap akun Google dan perangkat yang dipakai.

Baca juga: Cara Memindahkan Kontak Google ke Akun Google Lain

Berlaku untuk Semua Pembelian di Google Play

Faktanya, berkat verifikasi pembelian aktif, semua pembelian Google Play, termasuk buku, film, dan pembelian dalam aplikasi, memerlukan konfirmasi sidik jari atau pengenalan wajah wajah.

Ini melindungi terhadap pembelian yang tidak disengaja dan tagihan tidak sah, terutama bagi pengguna yang menggunakan perangkat bersama.

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Google

Unbox.id – Google baru saja mengumumkan bahwa acara peluncuran Pixel 9 akan berlangsung jauh lebih awal dari biasanya pada tahun ini. Raksasa teknologi ini...

Tech Industry

Unbox.id – Google Maps adalah salah satu aplikasi navigasi yang paling banyak digunakan. Aplikasi peta ini sangat populer karena menawarkan berbagai fitur yang membantu...

Software

Unbox.id – Gmail mendapatkan lebih banyak fitur AI yang dapat membantu pengguna mengakses email mereka dengan lebih mudah. Di web, Google meluncurkan sidebar Gemini...

Software

Last updated on 21 Juni, 2024 Unbox.id – Google baru saja mengumumkan akan meluncurkan fitur anti maling untuk ponsel Android. Fitur tersebut diketahui menggunakan...