Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Google Perkenalkan Gemini Code Assist

Gemini Code Assist_1a
Gemini Code Assist. (Sumber: ZDNet)

Unbox.id – Google memperkenalkan beberapa solusi baru pada acara Google Next 2024. Salah satu solusi yang dihadirkan pada acara tersebut adalah Gemini Code Assist yang ditujukan untuk para pengembang. Menurut Gabe Monroy, wakil presiden pengalaman pengembang di Google Cloud, Gemini Code Assist menggunakan model baru Gemini dan memberikan dukungan AI untuk membantu pengembang membangun aplikasi yang lebih cepat dan lebih baik dalam berbagai aplikasi.

Sebuah Asisten AI Terbaru

Gemini Code Assist_2b

Gemini Code Assist. (Sumber: The Vauntz News)

Dijelaskan bahwa Gemini for Cloud sendiri merupakan asisten AI generasi terbaru untuk pengembang, layanan, dan aplikasi Google Cloud. Teknologi ini diciptakan untuk membantu pengguna bekerja dan menulis kode dengan lebih efisien. Selain itu, Gemini for Cloud memberikan wawasan data yang lebih mendalam untuk mengatasi tantangan keamanan.

Dilengkapi dengan Gemini, pengguna dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan di cloud. Gabe mengatakan: “Gemini Code Assist adalah solusi dukungan coding tingkat perusahaan yang mendukung basis kode pribadi pengguna di mana pun mereka berada, baik lokal, Gitlab, Github, Bitbucket, dll juga di banyak arsip”.

Gabe menambahkan, dibangun dengan fitur-fitur perusahaan yang canggih, solusi yang diusulkan ini juga memungkinkan organisasi untuk mengadopsi dukungan AI dalam skala besar sekaligus memenuhi persyaratan keamanan, privasi, dan kepatuhan.

Beberapa fitur yang ditawarkan Google Cloud melalui Gemini Code Assist antara lain pengetahuan basis kode yang komprehensif, penyesuaian kode, layanan integrasi, dan peningkatan ekosistem.

Kemampuan Gemini Code Assist

Saat ditanya bagaimana solusi yang diusulkan dibandingkan dengan solusi serupa, Gabe mengatakan Gemini untuk Code Assist menggunakan model bahasa Gemini yang kompleks dari Google, termasuk dukungan untuk Gemini 1.5 Pro.

UK Ia mengatakan model bahasa ini memiliki jendela konteks hingga 1 juta. token. Hal ini memungkinkan Gemini untuk mempertimbangkan lebih banyak kode saat membuat proposal, dan memberi Code Assist keuntungan saat mengerjakan proyek yang besar dan kompleks.

Selain itu, berkat penyesuaian Kode yang ada di dalam Code Assist (saat ini masih dalam pratinjau), pengembang juga dapat menghubungkan kode mereka basis kode dan repositori pribadi dengan kontrol keamanan yang ketat.

“Ini akan menjadi keuntungan besar bagi pengembang yang ingin menyempurnakan dan menghasilkan kode, terutama bagi perusahaan dengan persyaratan ketat,” lanjut Gabe.

Gemini untuk Code Assist kemudian dapat digunakan untuk pengembang individu. Namun, Google juga merancangnya untuk kebutuhan kelompok yang lebih besar, termasuk pelaku bisnis.

Baca juga: Google One Bakal Matikan Fitur VPN Pada Akhir 2024

Tingkatkan Kemampuan Developer

Google Cloud_1a

Google Cloud. (Sumber: Euronews)

Dengan semakin berkembangnya kehadiran AI Generatif di beberapa layanan Google Cloud, khususnya bagi para pengembang, Gabe mengatakan bahwa hal ini akan membantu mereka lebih dari sekedar menggantikannya.

“AI Generatif memiliki potensi untuk meningkatkan secara signifikan setiap langkah dalam siklus hidup perangkat lunak, membantu “pengembang menghasilkan kode dengan cepat, menyelesaikan masalah, dan mengotomatiskan beberapa proses,” tambah Gabe.

Ia menambahkan bahwa ada beberapa cara AI generatif dapat meningkatkan pengembangan perangkat lunak bagi pengembang. Salah satunya adalah meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Hal ini dimungkinkan karena AI generatif dapat membantu pembuatan dan penyempurnaan perangkat lunak, pengujian otomatis, serta proses debug dan pemecahan masalah.

Selanjutnya, AI generatif meningkatkan kreativitas dan masalah pemecahan masalah melalui solusi inovatif yang ditawarkan, kemampuan mengatasi hambatan, dan meningkatkan kualitas kode yang dihasilkan.

Terakhir, AI kreatif dapat semakin mendemokratisasi proses pengembangan. Karena AI Generatif dapat membantu pengembang yang kurang berpengalaman, AI ini memberikan proses pengembangan yang lebih mudah diakses dan memaksa pengembang untuk lebih fokus pada konsep dasar seperti logika dasar.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Sekelompok pekerja di Alphabet Inc (perusahaan induk Google) mengajukan keluhan ke Dewan Buruh AS. Mereka mengklaim bahwa perusahaan teknologi tersebut secara ilegal...

Tech Industry

Unbox.id – Google Doodle hari ini merayakan Hari Bumi 2024 dengan serangkaian gambar yang menampilkan kata “Google” dari gambar satelit. Hari Bumi 2024 atau...

Tech Industry

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap...

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...