Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Opera Adakan ChatGPT di Halaman Webnya

Opera_1_1
Sistem aplikasi Opera dikabarkan menambahkan sistem ChatGPT di dalam performa penggunaan aplikasinya. (Sumber: YouTube)

Unbox.id – Opera akan mengintegrasikan kemampuan AI umum ke dalam browser webnya, dimulai dengan “Minimalkan”, sebuah fitur yang akan menggunakan ChatGPT untuk meringkas artikel dan halaman web. Saat fitur tersedia untuk umum, Anda akan melihat ikon baru di sebelah kanan bilah alamat. Jika Anda mengetuk itu, sidebar akan muncul di mana ChatGPT akan memberikan ringkasan berpoin dari halaman web yang Anda lihat. Wakil Presiden Pemasaran dan Komunikasi Opera Jan Standel mengatakan The Verge Shorten akan segera tersedia untuk pengguna.

Diklaim Dapat Meningkatkan Opera

Opera_1_2

Penambahan sistem ChatGPT di platformnya ini dikabarkan dapat meningkatkan sistemnya. (Sumber: Computerworld)

Mengutip Engadget, Selasa 14 Februari 2023, perusahaan sedang mengerjakan fitur lain bertenaga AI yang dikatakan akan “meningkatkan” kemampuan Opera, tetapi perusahaan belum merinci apa yang diperlukan untuk penambahan tersebut.

Pengumuman Shorten datang pada minggu yang sama ketika Microsoft mengatakan sedang mendesain ulang Edge untuk menambahkan chatbot AI ke browser. Template Prometheus baru perusahaan dapat meringkas halaman web dengan cara yang luar biasa.

Google juga baru-baru ini mengumumkan Bard, sebuah chatbot AI yang didukung oleh platform LaMDA. Opera dan Microsoft melihat kecerdasan buatan sebagai cara untuk mematahkan dominasi Google di pasar browser.

Baca juga: Microsoft Bing Dan Edge Dilengkapi Fitur Mirip ChatGPT

Bikin Kagum, ChatGPT Nyaris Lolos Tes Kedokteran AS

Chatbot AI ChatGPT OpenAI kembali “ditantang” untuk melakukan tugas yang biasanya cukup sulit bagi manusia. Yaitu lakukan tes medis. Kali ini, beberapa peneliti menguji chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) di United States Medical Licensing Examination (USMLE).

Sebagai informasi lebih lanjut, USMLE merupakan tes yang digunakan untuk menilai kompetensi dan kelayakan calon dokter untuk praktik kedokteran di Amerika Serikat (AS).

Menurut laporan Science Alert, yang dikutip pada Minggu (12 Februari 2023), pemeriksaan medis biasanya membutuhkan persiapan sekitar 300-400 jam dan mencakup segala sesuatu mulai dari konsep sains dasar hingga bioetika.

“ChatGPT mendekati ambang lulus ketiga ujian tanpa pelatihan atau penguatan khusus,” tulis para peneliti dalam makalah yang diterbitkan di PLOS Digital Health. Selain itu, ChatGPT menunjukkan relevansi dan wawasan tingkat tinggi dalam interpretasinya.

Peneliti dari startup Ansible Health menguji ChatGPT OpenAI dengan formulir pertanyaan USMLE, setelah memverifikasi bahwa jawaban tes ini tidak tersedia di Google. Jadi para peneliti mengetahui bahwa ChatGPT akan menghasilkan respons baru berdasarkan data yang dilatih.

Dalam pengujian, ChatGPT mendapat skor antara 52,4 dan 75% di tiga penilaian. Skor kelulusan biasanya sekitar 60 persen. Dalam 88,9% tanggapan, ChatGPT memberikan setidaknya satu wawasan bermakna, yang digambarkan sebagai “baru, membingungkan, dan bernilai klinis”.

Baca juga: Google Hadirkan Chatbot Untuk Lawan ChatGPT Bernama Bard

AI Bisa Saja Jadi Asisten Dokter

Opera ChatGPT_1_1

Aplikasi sistem AI memang memiliki beragam kecanggihan sistem di dalamnya. (Sumber: Egirisim)

ChatGPT juga konsisten dalam menanggapi dan dapat memberikan alasan di balik setiap tanggapan. Itu juga mengalahkan tingkat akurasi 50,3% dari PubMedGPT, bot yang dilatih khusus untuk literatur medis.

Mencapai skor kelulusan pada ujian yang sangat sulit ini tanpa bantuan manusia menandai langkah penting dalam pematangan AI untuk penggunaan klinis, menurut penulis penelitian. Namun, informasi yang dihasilkan oleh ChatGPT juga tidak sepenuhnya akurat.

Menurut AI, ia masih perlu meningkatkan pemahaman medis yang lebih baik dan lebih dalam. “Selain itu, sebagai seorang dokter, ada aspek lain dari praktik medis seperti keterampilan klinis praktis, hubungan pasien-dokter, etika, dan keputusan medis sulit yang tidak dapat dibuat oleh mesin. Dapat disajikan secara mandiri.”

Dengan demikian, ChatGPT juga menyadari bahwa seberapapun perkembangan teknologi, peran dokter tetap sangat penting dan mesin tidak dapat sepenuhnya menggantikannya.

Namun para peneliti mencatat bahwa alih-alih menggantikan manusia, AI bisa menjadi asisten atau pendamping penting bagi petugas kesehatan di masa depan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikatakan sedang mengembangkan model bahasa baru yang disebut ReALM (Reference Resolusi Modeling sebagai Bahasa) dan dapat bersaing dengan chatbot AI ChatGPT...

Apple

Unbox.id – Belakangan ini, iPhone SE 4 sedang ramai diberitakan. Kabar terkini menunjukkan bahwa Samsung telah menolak tawaran Apple untuk memproduksi panel OLED untuk...

Software

Jakarta, Unbox.id — Penantang baru telah muncul untuk mengubah lanskap AI dan chatbot. Anthropic, sebuah startup AI, telah meluncurkan Claude 3, trio model bahasa...

Tech Industry

Unbox.id – Pengembang ChatGPT OpenAI baru saja merilis model AI yang mampu mengubah perintah teks menjadi video. Model AI disebut Sora. OpenAI mengatakan Sora...