Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Pembesut ChatGPT Rilis Sora

Sora AI_1a
Sora AI. (Sumber: Junky News)

Unbox.id – Pengembang ChatGPT OpenAI baru saja merilis model AI yang mampu mengubah perintah teks menjadi video. Model AI disebut Sora. OpenAI mengatakan Sora dapat membuat adegan realistis dan imajinatif dari perintah teks. Model text-to-video memungkinkan pengguna membuat video imersif berdurasi hingga satu menit, semuanya berdasarkan perintah teks. Mengutip The Verge, blog OpenAI mengatakan: “Sora dapat membuat adegan kompleks dengan banyak karakter, jenis gerakan tertentu, dan detail subjek dan latar belakang yang halus.

Kian Makin Canggih

Sora AI_3c

Sora AI. (Sumber: Split IT Technology)

Bahkan, pencipta ChatGPT juga mencatat bahwa model AI dapat memahami bagaimana objek ada di dunia fisik, menafsirkan properti secara akurat, dan menghasilkan karakter yang mengekspresikan emosi.

Model AI juga diklaim mampu menghasilkan video berdasarkan gambar diam. Sora juga dapat mengisi frame yang hilang dalam video yang ada atau memperluasnya.

Demo yang dibuat oleh Sora juga disertakan dalam postingan blog OpenAI, termasuk pemandangan California dari udara. Video tersebut tampaknya diambil dari dalam kereta di Tokyo.

Masih Ada Tanda Kalau Video Besutan AI

Meski begitu, masih ada tanda-tanda bahwa video tersebut merupakan video buatan AI. Misalnya, tanah bergerak secara aneh dalam video museum.

Mengenai topik ini, OpenAI mengatakan model AI-nya mungkin mengalami kesulitan dalam mensimulasikan penampilan fisik secara akurat dalam pemandangan kompleks. Meski begitu, hasilnya tetap mengesankan.

Perlu dicatat bahwa beberapa tahun yang lalu, generator teks-ke-gambar seperti Midjourney memelopori kemampuan untuk mengkonversi teks menjadi gambar model.

Kemampuan Ubah Teks Jadi Video Meningkat Pesat

Namun belakangan ini kemampuan mengkonversi teks menjadi video meningkat pesat. Misalnya, perusahaan seperti Runway dan Pika baru-baru ini mendemonstrasikan model teks-ke-video mereka yang mengesankan.

Selain itu, Lumiere Google juga merupakan salah satu pesaing utama OpenAI dalam bidang pembuatan teks ke video. Mirip dengan Sora, Lumiere menyediakan alat konversi teks ke video dan memungkinkan pengguna membuat video dari gambar diam.

Baru Tersedia untuk Pengguna Tertentu

Sora AI_2b

Sora AI. (Sumber: Progress Technology)

Berbicara tentang Sora, model AI ini saat ini hanya tersedia untuk sejumlah pengguna terbatas yang bertanggung jawab untuk mengevaluasi potensi bahaya dan risiko model tersebut.

OpenAI juga memberi Sora akses ke sejumlah seniman visual, desainer, dan pembuat film untuk mendapatkan masukan mereka.

Laporan ini mencatat bahwa model saat ini mungkin tidak secara akurat mensimulasikan hal-hal kompleks. Selain itu, Sora mungkin tidak dapat menafsirkan peristiwa sebab akibat dengan benar.

Baca juga: Apa Saja Perbedaan ChatGPT Dan Copilot AI?

Fungsi Dari ChatGPT

ChatGPT adalah singkatan dari “Chat Generative Pre-trained Transformer”, model bahasa yang dikembangkan oleh OpenAI. Fungsi utamanya adalah untuk berinteraksi dengan pengguna dalam berbagai konteks, menjawab pertanyaan, memberikan saran, memberikan informasi, dan melakukan tugas linguistik lainnya.

  • Pembantu Pribadi: ChatGPT dapat bertindak sebagai asisten pribadi yang membantu pengguna dengan berbagai tugas sehari-hari, seperti menyusun daftar belanja, mengatur jadwal, atau memberikan saran dalam pengambilan keputusan.
  • Pembimbing Pembelajaran: ChatGPT bisa membantu dalam proses pembelajaran dengan menjelaskan konsep-konsep yang sulit dipahami, memberikan contoh, atau bahkan menjawab pertanyaan terkait materi pelajaran tertentu.
  • Pusat Informasi: ChatGPT bisa digunakan sebagai sumber informasi yang cepat dan mudah diakses. Pengguna dapat bertanya tentang topik apa pun, mulai dari fakta umum hingga pengetahuan spesifik dalam berbagai domain.
  • Pendukung Layanan Pelanggan: ChatGPT dapat digunakan oleh perusahaan sebagai bot layanan pelanggan untuk menjawab pertanyaan umum atau memberikan bantuan dalam menyelesaikan masalah pengguna.
  • Pendukung Kesehatan Mental: Dalam beberapa kasus, ChatGPT dapat digunakan sebagai pendukung kesehatan mental dengan memberikan dukungan emosional, menyediakan informasi tentang kesehatan mental, atau bahkan mengarahkan pengguna ke sumber daya yang sesuai.
  • Kreativitas dan Hiburan: ChatGPT dapat digunakan untuk bermain kata, membuat cerita bersambung, atau bahkan berbagi lelucon untuk hiburan.
  • Pengoptimalan Teks: ChatGPT dapat membantu dalam menulis dan mengedit teks, memberikan saran tentang struktur kalimat, tata bahasa yang baik, dan pilihan kata yang lebih baik.
  • Pengujian Prototipe: ChatGPT dapat digunakan sebagai prototipe untuk menguji responsivitas dan penerimaan ide atau konsep baru dalam interaksi manusia-mesin.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Meningkatnya penipuan menggunakan teknologi deepfake mengkhawatirkan sektor bisnis di Indonesia. Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) mengingatkan masyarakat akan pentingnya edukasi mengenai teknologi...

Tech Industry

Unbox.id – Meta meluncurkan versi beta dari alat pembuat gambar real-time bertenaga AI di WhatsApp. Sayangnya, hanya pengguna WhatsApp di AS yang akan mendapatkan...

Tech Industry

Unbox.id – Chatbot AI yang diproduksi perusahaan Elon Musk kini mampu “memahami” gambar, mulai dari diagram hingga tabel berisi informasi. Hal tersebut diungkapkan xAI...

Tech Industry

Unbox.id – Elon Musk, CEO Tesla dan pemilik platform media sosial X, kembali menjadi perbincangan setelah mengutarakan pandangannya tentang kecerdasan buatan (AI). Dalam wawancara...