Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Apple Menantang ChatGPT Dengan Model Bahasa ReALM

Apple ChatGPT ReALM_1a
Apple ChatGPT ReALM. (Sumber: ZDNET)

Last updated on 16 Juni, 2024

Unbox.idApple dikatakan sedang mengembangkan model bahasa baru yang disebut ReALM (Reference Resolusi Modeling sebagai Bahasa) dan dapat bersaing dengan chatbot AI ChatGPT yang dibuat oleh OpenAI.

ReALM akan meningkatkan kemampuan asisten virtual Apple, Siri, untuk lebih memahami konteks. ReALM diklaim akan tersedia dalam empat varian.

ReALM

Apple ReALM. (Sumber: Mashable)

Keempat model tersebut meliputi ReALM-80M, ReALM-250M, ReALM-1B dan ReALM-3B. Tampaknya huruf-huruf di belakang masing-masing model mengacu pada jutaan dan milyaran.

Baca juga: Apakah Chat Gpt Aman?

Perusahaan yang berbasis di Cupertino ini mengatakan model bahasa terkecil (LLM) miliknya setara dengan kemampuan chatbot ChatGPT OpenAI. Informasi ini berasal dari makalah penelitian Apple. Dikutip Windows Central via Digital Trends, ReALM Apple diciptakan untuk meningkatkan kemampuan Siri.

ReALM diharapkan menjadi senjata utama Apple untuk bersaing di era kecerdasan buatan dan dirancang untuk menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih baik dan intuitif. Dengan fitur ini, Siri di iPhone, iPad, dan Mac akan dapat memahami konteks dan membuat teks yang lebih relevan. Selain itu, model ini juga mampu menangani konten di layar dan lainnya.

Jika benar, fitur ini akan mengungguli ChatGPT. Saat ini model bahasa OpenAI hanya mampu memproses file gambar dan PDF. ChatGPT masih tidak bisa membaca keseluruhan layar dan bereaksi berdasarkan konten.

Di saat banyak perusahaan teknologi besar yang bergegas mengikuti tren AI ini, Apple memilih bungkam dan tidak memberikan informasi apapun mengenai rencana pengembangan kecerdasan buatan perusahaannya. Sayangnya, belum jelas kapan LLM Apple akan tersedia secara global. Mungkin pihak perusahaan akan sedikit membahas ReALM di WWDC 2024 Juni mendatang.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – TikTok secara tidak sengaja mengunggah tautan ke versi internal alat avatar digital AI barunya selama jangka waktu yang tidak diketahui. Hal ini...

Software

Unbox.id – iOS 18, pembaruan pada sistem operasi seluler Apple, diharapkan memperkenalkan beberapa fitur dan peningkatan baru yang penting. Apple mengakui iOS 18 akan...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple dikabarkan sedang bersiap meluncurkan jam tangan pintar barunya yang disebut-sebut akan diberi nama Apple Watch Series 10. Apple Watch Series 10...

Software

Unbox.id – Apple memperkenalkan fitur Perlindungan Perangkat yang Dicuri di iOS 17.3. Seperti namanya, fitur ini akan memberikan perlindungan tambahan terhadap data pribadi pengguna...