Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apple

iPad Air 2024 Segera Rilis, Apa Saja Yang Menarik?

iPad Air 2024_1a
iPad Air 2024. (Sumber: News18)

Last updated on 30 April, 2024

Unbox.id – Rumor mengenai iPad Air semakin menyebar seiring semakin dekatnya tanggal rilisnya. Baru-baru ini beredar informasi bahwa iPad Air akan berukuran lebih besar dan menggunakan teknologi layar yang lebih canggih. Analis pasokan umum Ross Young mengungkapkan, seperti dikutip CNET, Apple tengah menyiapkan lini iPad Air dengan ukuran lebih besar, yakni 12,9 inci.

Akan Gunakan Panel Yang Sama

iPad Air 2024_2b

iPad Air 2024. (Sumber: Techno Progress)

Ross Young juga menunjukkan bahwa iPad Air generasi berikutnya akan menggunakan jenis panel yang sama dengan yang digunakan pada iPad Pro 12,9 inci. Layar yang digunakan iPad Pro 12,9 inci saat ini adalah panel Liquid Retina XDR yang dikembangkan oleh Apple.

Panelnya menggunakan teknologi mini-LED yang menawarkan kontras lebih baik dibandingkan layar LCD yang digunakan pada lini iPad yang lebih terjangkau. Teknologi mini-LED juga digunakan Apple pada layar terbaiknya, Pro Display XDR, yang dibanderol dengan harga $4,999 (sekitar Rp 81 juta). Meski menggunakan teknologi layar yang lebih kompleks, iPad Air 12,9 inci akan lebih murah dibandingkan iPad Pro.

Tak hanya itu, Apple juga dikabarkan akan meluncurkan iPad Pro dengan teknologi layar OLED. Perusahaan dikabarkan akan menggunakan panel OLED untuk lini iPad Pro. Layar OLEDnya sendiri lebih hemat energi dan menawarkan warna hitam lebih pekat serta warna lebih cerah.

iPad Pro dan iPad Air Terbaru Siap Meluncur pada Mei 2024

Apple berencana meluncurkan dua tablet andalannya, iPad Air dan iPad Pro, pada Mei 2024. iPad Pro menjadi tablet Apple yang paling banyak dibicarakan. Seperti dikutip CNET, tablet ini diharapkan memiliki panel berjenis OLED.

Selain itu, iPad ini juga akan mendapatkan keuntungan dari desain ulang Magic Keyboard yang diharapkan membantu pengalaman mengetik menjadi lebih nyaman.

Ini Tablet ini akan dibekali chipset Apple M3, prosesor pertama yang digunakan di lini iPad. Tak hanya iPad Pro, Apple juga akan memperkenalkan iPad Air, tablet produktivitas dengan harga lebih terjangkau.

iPad Air akan dibekali chip Apple M2, performa yang dibawakan prosesor ini mampu membantu meningkatkan produktivitas pengguna. Beberapa analis sebelumnya menyatakan bahwa iPad generasi baru akan diperkenalkan pada Maret 2024.

Namun, masalah pengembangan perangkat lunak dan manufaktur menimbulkan tantangan sehingga peluncurannya harus ditunda. Beberapa kebocoran juga menunjukkan bahwa jika ada masalah produksi masih eksis, Apple akan meluncurkan tablet barunya di ajang WWDC 2024.

Baca juga: Apple Tambah Komponen Buatan Tiongkok

Spesifikasi iPad Air dan iPad Pro yang Akan Dirilis Mei 2024

iPad Air 2024_3c

iPad Air 2024. (Sumber: ZDNet)

Baik iPad Air maupun iPad Pro akan menghadirkan peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya. Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain menggunakan layar OLED, iPad Pro model baru Apple juga dibekali chipset M3.

Selain itu, perusahaan juga telah mengubah bentuk Magic Keyboard untuk iPad Pro agar kompatibel. Memiliki trackpad yang lebih besar. Sedangkan untuk iPad Air, tablet baru Apple ini akan menggunakan chipset M2 generasi terbaru dan hadir dalam dua ukuran layar. Salah satunya adalah iPad Air versi standar dengan layar 10,9 inci dan 12,9 inci untuk varian lainnya.

Sebagai informasi, lini iPad Pro saat ini masih menggunakan chipset M2 dan versi Air hanya menggunakan M1. Sepertinya Apple ingin meluncurkan lini tablet barunya ini pada akhir Maret atau April 2024.

Namun, bisnis masih membutuhkan waktu. untuk menyempurnakan sistem operasi di iPad.
Jika benar, iPad Pro baru ini akan diluncurkan sebelum acara tahunan Apple, khususnya Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024.

Sementara itu, Apple mengumumkan bakal menggelar konferensi pengembang tahunan mereka, the Worldwide Developer Conference alias WWDC 2024. Adapun gelaran WWDC 2024 dijadwalkan berlangsung pada Senin-Jumat 10-14 Juni 2024. Acaranya akan berlangsung di Apple Park pada 10 Juni.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple diperkirakan akan meluncurkan jam tangan pintar barunya tahun ini. Ada rumor yang menyebutkan jam tangan ini akan diberi nama Apple Watch....

Software

Jakarta, Unbox.id — Apple baru saja merilis pembaruan sistem operasi iOS 17.5 dan iPadOS 17.5 awal pekan ini. Sayangnya, tampak terjadi masalah yang ada...

Software

Jakarta, Unbox.id — Kali ini Apple mengumumkan serangkaian fitur aksesibilitas baru yang akan hadir di akhir tahun 2024 ini di iPhone dan iPad-nya. jadi...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple Vision Pro yang sebelumnya hanya tersedia di pasar AS, juga akan dijual di seluruh dunia. Informasi tersebut diketahui dari laporan terbaru...