Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Presiden AS Joe Biden Tekan Aturan Larangan TikTok

TikTok United States_1a
TikTok United States. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Presiden AS Joe Biden dilaporkan telah menyetujui peraturan baru yang dapat mengancam kehadiran TikTok di negaranya. Sebab, dengan aturan baru ini, AS bisa memblokir TikTok jika tidak menjual perusahaannya. Mengutip informasi dari The Verge, dengan berlakunya aturan ini, ByteDance selaku pemilik TikTok harus mematuhi atau meninggalkan Amerika Serikat. Dijelaskan bahwa perusahaan memiliki waktu sembilan bulan untuk mematuhi peraturan tersebut. Namun, Presiden AS bisa memperpanjang tenggat waktu tersebut jika melihat kemajuan perusahaan.

Pihak TikTok Akan Menggugat

TikTok United States_2b

TikTok United States. (Sumber: DW)

Menanggapi peraturan tersebut, juru bicara TikTok Alex Haurek mengatakan pihaknya berencana untuk menggugat undang-undang tersebut di pengadilan AS. “Sementara kami terus menentang larangan inkonstitusional ini, kami akan terus berinvestasi dan berinovasi untuk memastikan TikTok tetap menjadi ruang bagi warga Amerika dari semua lapisan masyarakat untuk hidup aman, menemukan kegembiraan,” kata Alex gembira dan terinspirasi. CEO TikTok Shou Chew pun mengungkapkan reaksinya melalui postingan di TikTok.

Dia menyatakan bahwa langkah ini jelas terhambat. Sebagai informasi, Dewan Perwakilan Rakyat AS pada 20 April 2024 mengesahkan rancangan undang-undang yang berpotensi melarang distribusi TikTok di AS jika tidak melakukan divestasi terhadap perusahaan induknya di Tiongkok, Bytedance.

Menurut laporan Livemint, Dewan Perwakilan Rakyat AS mengesahkan RUU tersebut dengan suara terbanyak 360 berbanding 58. Setelah disahkan, RUU tersebut dibawa ke meja Presiden Biden dan ditandatangani.

Langkah ini tidak lepas dari banyaknya anggota parlemen dari berbagai partai – baik Partai Republik, Demokrat, serta pemerintahan Biden – yang menyatakan keprihatinannya terhadap TikTok. Alasan mereka menggunakannya adalah untuk keamanan nasional. Mereka khawatir Tiongkok akan memaksa perusahaan tersebut untuk membagikan data 170 juta pengguna Amerika.

Kritikan Pedas TikTok

Sebelumnya, TikTok mengkritik rancangan undang-undang yang gagal disetujui Senat, dengan mengatakan bahwa undang-undang tersebut akan membungkam suara jutaan warga Amerika.

Platform video pendek tersebut juga menentang larangan tingkat negara bagian di Montana pada tahun lalu, dengan alasan adanya pelanggaran. dari amandemen pertama. TikTok mengatakan pihaknya tidak pernah membagikan data tentang warga AS dan berjanji tidak akan melakukan hal serupa di masa mendatang.

Senator Demokrat Mark Warner, ketua Komite Intelijen Senat, menyoroti kekhawatirannya mengenai potensi TikTok sebagai alat propaganda bagi pemerintah. “Gagasan bahwa kami akan memberikan Partai Komunis alat propaganda serta kemampuan untuk memulihkan data pribadi 170 juta orang Amerika adalah risiko keamanan nasional,” katanya kepada Berita CBS.

Potensi Larangan TikTok

Persatuan Kebebasan Sipil Amerika (ACLU) menentang RUU DPR atas dasar kebebasan berpendapat. Knight First Amendment Institute di Universitas Columbia juga mengkritik RUU terbaru tersebut, dengan mengatakan bahwa efektivitasnya terbatas.

“Karena musuh seperti Tiongkok masih dapat mengakses data AS melalui broker dan mengeksploitasi platform media sosial yang berbasis di AS untuk menjalankan kampanye disinformasi.” dia berkata. kata.

Beberapa anggota Partai Demokrat juga mempertanyakan konstitusionalitas larangan tersebut dan malah menganjurkan undang-undang privasi data yang ketat.

Anggota Kongres dari Partai Demokrat Ro Khanna menyatakan keraguannya terhadap kelayakan hukum pelarangan TikTok, dengan alasan perlindungan konstitusional secara gratis pidato.

Baca juga: TikTok Notes Meluncur Di Platformnya

Asal Muasal TikTok

TikTok Application_1a

TikTok Application. (Sumber: CNET)

TikTok adalah platform media sosial yang sangat populer, terutama di kalangan generasi muda. Ini adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan membagikan video pendek yang biasanya berlangsung dari 15 detik hingga 3 menit. TikTok dikenal dengan berbagai konten kreatif, mulai dari tarian, tantangan, lip-sync, humor, hingga video tutorial dan informasi.

Salah satu fitur utama TikTok adalah algoritma pemetaan konten yang canggih, yang menyesuaikan feed pengguna dengan preferensi mereka. Ini membuat pengalaman pengguna sangat disesuaikan dan membuat video-videonya menarik bagi mereka.

TikTok pertama kali diluncurkan di Tiongkok pada tahun 2016 dengan nama Douyin, dan kemudian diluncurkan secara internasional sebagai TikTok pada tahun 2018. Aplikasi ini sejak itu menjadi fenomena global, dengan jutaan pengguna aktif setiap bulannya.

Selain menjadi platform hiburan, TikTok juga menjadi ruang bagi kreativitas dan peluang pemasaran bagi banyak individu, merek, dan perusahaan. Banyak orang telah menjadi selebriti internet atau bahkan mendapatkan penghasilan melalui konten yang mereka bagikan di TikTok.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – TikTok telah merilis Notes, aplikasi berbagi foto sosial yang dibuat untuk bersaing dengan Instagram Meta. Dikutip dari Android Authority, TikTok Notes memiliki...

Tech Industry

Unbox.id – YouTube terus meningkatkan program monetisasi kontennya melalui video pendek. Dikutip Engadget, perusahaan mengumumkan bahwa lebih dari seperempat pembuat konten yang tergabung dalam...

Tech Industry

Unbox.id – Masa depan TikTok terlihat semakin tidak pasti seiring meningkatnya dukungan terhadap undang-undang baru yang akan memaksa perusahaan tersebut meninggalkan perusahaan induknya, ByteDance,...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – TikTok baru-baru ini telah resmi merilis aplikasi baru untuk headset Vision Pro Apple. Versi aplikasi untuk perangkat AR tersebut membawa platform...