Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Threads Kini Kantongi Lebih dari 150 Juta Pengguna Aplikasinya

Threads Application_1a
Threads Application. (Sumber: ZDNet)

Unbox.id – Aplikasi Threads kini memiliki lebih dari 150 juta pengguna bulanan, meningkat sekitar 20 juta sejak Februari 2024. Hal ini ditunjukkan oleh CEO Meta Mark Zuckerberg saat mengumumkan hasil kuartal pertama perusahaan. “Topiknya terus mengikuti jalur yang saya harapkan,” kata Zuckerberg seperti dikutip Engadget. Pembaruan ini melihat Threads terus tumbuh dengan mantap, meskipun pada tingkat pertumbuhan yang sedikit lebih lambat dibandingkan saat pertama kali diluncurkan.

Sudah Diunduh Ratusan Juta

Threads Application_2b

Threads Application. (Sumber: Digital Application)

Aplikasi ini telah menerima lebih dari 100 juta unduhan. pada minggu pertama peluncurannya namun setelah itu terjadi sedikit penurunan. Namun selama enam bulan terakhir, Threads mengalami pertumbuhan yang lebih stabil, dan Zuckerberg berspekulasi bahwa layanan tersebut pada akhirnya akan menjadi aplikasi Meta berikutnya yang menjangkau miliaran pengguna.

Perusahaan analisis Apptopia menunjukkan bahwa Threads memiliki lebih banyak pengguna harian di AS dibandingkan platform X. Threads juga mencetak rekor besar lainnya baru-baru ini ketika Taylor Swift bergabung dengan platform tersebut untuk mempromosikan album terbarunya.

Saat ini, Threads memiliki keunikan di antara aplikasi Meta lainnya karena tidak mengandung iklan sehingga perusahaan belum memonetisasi aplikasi tersebut secara langsung. Hal ini kemungkinan akan berubah suatu hari nanti karena Threads terus memperluas jangkauannya. Zuckerberg sebelumnya mengatakan Meta akan “fokus pada monetisasi” setelah aplikasinya dikembangkan sepenuhnya.

Threads Bakal Kedatangan Fitur Chat

Threads adalah platform dengan basis pengguna yang tumbuh paling cepat, meskipun platform jejaring sosial Meta baru berusia kurang dari satu tahun.

Threads dikatakan memiliki 130 juta pengguna aktif pada April 2019. Namun, platform ini masih “kalah” fitur wajib di jejaring sosial saat ini. Ya, Threads masih belum memiliki fungsi pesan langsung (DM). Hal ini tampaknya tidak berlangsung lama.

Dilaporkan oleh Engadget, Meta saat ini sedang menguji fungsionalitas DM di Topik. Hal ini telah dikonfirmasi oleh beberapa pengguna platform media sosial baru tersebut. Mereka diduga menemukan tombol “pesan” di atas profil pengguna Threads lainnya, tempat fitur “sebutkan” biasanya berada. Hal ini diakui Meta. Juru bicara perusahaan mengatakan mereka sedang menguji kemampuan mengirim pesan dari Threads ke Instagram.

Sebagai catatan, Threads saat ini belum memiliki kotak masuknya sendiri, dan belum diketahui apakah akan memilikinya. Dalam beberapa kesempatan, kepala Instagram Adam Mosseri menyatakan tidak ingin membuat kotak masuk terpisah untuk Threads. Namun, mereka memprioritaskan “membuat kotak masuk Instagram berfungsi” di aplikasi.

Seorang juru bicara Meta juga menekankan bahwa “uji coba ini bukan pengujian fungsi DM di Threads.” Kalaupun tidak, fitur DM Threads akan mempermudah proses pengiriman pesan dari dalam aplikasi.

Baca juga: Meta Hadirkan Trending Topic Di Threads

Meta Hadirkan Trending Topic di Threads

Aplikasi Meta_2b

Aplikasi Meta. (Sumber: The Verge)

Meta akhirnya menambahkan fitur untuk menampilkan percakapan yang sedang tren di Topik. Aplikasi pesaing Twitter telah meluncurkan fitur Trending Now untuk seluruh pengguna di AS.

Kehadiran fitur tersebut diungkap langsung oleh Mark Zuckerberg melalui unggahan Threads yang diperoleh Engadget dikutip. Mencari beberapa topik yang banyak dibahas oleh pengguna Threads.

AI kemudian akan menampilkan topik yang dibahas di kolom pencarian aplikasi Threads dan juga muncul di antara download Feed untuk Anda. Meski sudah dirilis ke publik, fungsi Trending Topics jenis ini masih terbatas. Topik hanya menampilkan 5 topik paling populer saat ini.

Pembatasan ini kemungkinan akan membuat daftar tetap menjadi tren, sekaligus menghindari masalah yang biasa terlihat pada topik yang sedang tren di Twitter/X. Meta mengatakan pihaknya mempekerjakan para ahli. Di domain pakar konten untuk meninjau topik yang sedang tren dan memastikan topik tersebut selaras dengan standar komunitas perusahaan.

Fitur Tren Topik sendiri merupakan fitur yang populer berdasarkan permintaan pengguna. Pasalnya dengan hadirnya fitur ini dapat memberikan informasi kepada pengguna mengenai berita dan kejadian terkini di aplikasi besutan Meta.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Unbox.id – Untuk menarik lebih banyak pengguna menggunakan Threads, Meta akan menawarkan insentif menarik kepada pembuat konten. Tanpa antusias, harga yang diminta bisa mencapai...

Social Media

Unbox.id – Meta akan memperkenalkan fitur-fitur baru pada Threads untuk meningkatkan kenyamanan penggunaan aplikasi. Salah satu fitur yang akan dihadirkan adalah kata-kata tersembunyi. Seperti...

Tech Industry

Unbox.id – Pengguna Apple di Tiongkok mungkin tidak lagi dapat menemukan dan mengunduh aplikasi WhatsApp dan Threads dari App Store. Menurut Wall Street Journal...

Tech Industry

Unbox.id – Threads adalah platform dengan jumlah pengguna yang tumbuh paling cepat, meskipun platform jejaring sosial Meta baru berumur kurang dari satu tahun. Threads...