Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Claude 3 AI Chatbot Baru, Diklaim Melampaui ChatGPT dan Gemini

Claude
Claude | foto: NBC News

Jakarta, Unbox.id — Penantang baru telah muncul untuk mengubah lanskap AI dan chatbot. Anthropic, sebuah startup AI, telah meluncurkan Claude 3, trio model bahasa besar ( LLM ) yang mengklaim melampaui Gemini Google dan ChatGPT OpenAI.

Claude 3 hadir dalam tiga rasa berbeda: Haiku, Soneta, dan Opus, masing-masing menawarkan tingkat kemampuan yang berbeda-beda. Anthropic membanggakan bahwa seluruh rangkaiannya memberikan kinerja luar biasa di berbagai dimensi.

Baca juga: MSI Titan 18 Pro 2024: Laptop Gaming Terbaru Rilis di Cina

Ketiganya memiliki kemampuan multimodalitas (menangani tipe data berbeda), akurasi yang lebih baik, pemahaman konteks yang lebih baik, dan waktu respons yang lebih cepat. Chatbot baru ini dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menantang sekalipun.

Keunggulan dan Kekurangan Chatbot Claude 3 buatan Anthropic

Meskipun ketiga model tersebut menawarkan peningkatan kinerja yang signifikan, Opus menjadi yang paling kuat. Anthropic mengklaim bahwa ia menunjukkan “tingkat pemahaman yang mendekati manusia” untuk tugas-tugas kompleks.

Opus lebih unggul dalam mengingat informasi dengan akurasi yang hampir sempurna. Perusahaan menyebutnya sebagai sebagai ahli pemecahan masalah, mahir menangani tantangan matematika, menghasilkan kode komputer, dan menunjukkan penalaran unggul.

Baca juga: Zenbook 13 2024: Notebook Asus yang Ringan dengan Intel Core Ultra 7 155U

Namun, tidak ada teknologi yang sempurna, termasuk Claude 3. Meskipun Anthropic menekankan peningkatan akurasi, masalah “halusinasi” informasi yang salah secara faktual tetap ada. Opus mengalami beberapa kelambatan dalam menanggapi pertanyaan.

Kegunaan Haiku dan Soneta

Terlepas dari keterbatasan tersebut, Haiku dan Soneta memiliki kekuatannya masing-masing. Haiku unggul dalam memberikan respons cepat dan mengekstraksi informasi dari data tidak terstruktur, meskipun tersandung pada soal matematika yang rumit. 

Sonnet, model berskala lebih besar, bertujuan untuk membantu pengguna dengan tugas-tugas sehari-hari, bahkan mengurai teks dari gambar. Opus, sebaliknya, cocok untuk menangani operasi skala besar. Saat ini, Soneta dan Opus tersedia dalam pembelian.

Akses versi gratis Claude tetap terbuka di situs web Anthropic. Tanggal peluncuran Haiku masih rahasia, namun perusahaan menjamin peluncurannya dalam waktu dekat. Target audiens utama untuk Claude 3 tampaknya adalah bisnis yang ingin mengotomatiskan alur kerja tertentu. 

Sumber: Gizmochina

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Meningkatnya penipuan menggunakan teknologi deepfake mengkhawatirkan sektor bisnis di Indonesia. Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) mengingatkan masyarakat akan pentingnya edukasi mengenai teknologi...

Tech Industry

Unbox.id – Meningkatnya penggunaan dan penyempurnaan Generative AI (GenAI) dan Generative Adversarial Network (GAN) jelas menjadikan kejahatan dunia maya semakin memprihatinkan. Ketika penjahat dunia...

Tech Industry

Unbox.id – Meta meluncurkan versi beta dari alat pembuat gambar real-time bertenaga AI di WhatsApp. Sayangnya, hanya pengguna WhatsApp di AS yang akan mendapatkan...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft Research Asia baru saja meluncurkan alat AI eksperimental baru yang disebut VASA-1. AI ini dapat memodifikasi gambar seseorang serta file audio...