Komparasi

Razer Phone vs iPhone X, Puncak Duel Smartphone 2017

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Dua OEM baru mencoba masuk dalam industri smartphone pada tahun ini, yakni Essential dan Razer. Kedua produsen baru tersebut masing-masing merilis ponsel pintar andalannya, yang mana Essential merilis PH-1, sedangkan Razer merilis Razer Phone yang memiliki spesifikasi yang bisa dibandingkan dengan pesaing beratnya, yakni Samsung dan Apple. Karena spesifikasi Razer Phone memiliki kekuatan di hardware dan software tersendiri, maka sekarang kita bandingkan Razer Phone dengan produk Apple terbaru yakni iPhone X yang hanya beda seminggu saja rilis resminya di pasaran pada bulan November ini. Kedua perangkat ini menampilkan spesifikasi terbaik yang tersedia untuk sistem operasi masing-masing maupun hardwarenya. Jadi, kini mari langsung simak saja bahasan tentang Razer Phone vs iPhone X berikut ini;

Spesifikasi

Seperti yang telah kita ketahui beberapa tahun terakhir ini kalau kekuatan Apple pada produknya ialah platform iOS telah memungkinkannya untuk lebih jauh mengoptimalkan perangkat lunaknya terhadap hardware , terutama produk smartphone. Kemampuan untuk mengendalikan semua aspek perangkat mereka telah menghasilkan spesifikasi yang lebih rendah, namun kinerja yang luar biasa yang bisa dibandingkan perangkat smartphone dengan hardware yang lebih tinggi darinya. Oleh karena itu, ponsel ini memiliki komponen perangkat keras yang sangat berbeda yang tidak secara sempurna mencerminkan kinerja dunia nyata. Namun, spesifikasi yang bagus memang masih diperlukan untuk perbandingan dan memberikan beberapa wawasan tentang kemampuan masing-masing smartphone, dalam hal ini dengan Razer Phone yang berbasis OS Android dengan stoknya.

Keunggulan Razer Phone

Razer memang telah menunjukkan upayanya dalam menciptakan smartphone pertama yang menjadi andalannya akhir tahun ini. Razer Phone dibekali dengan beberapa spesifikasi khusus hingga bisa yakin memenuhi target khalayak yang diinginkannya, yakni gamer dan media. Ya, Razer Phone hampir merupakan kebalikan iPhone X. Razer memusatkan perhatian pada konsumsi media daripada estetika. Oleh karena itu, Razer Phone memiliki bezels besar dengan tampilan layar 5.7 IGZO LCD yang didukung refresh rate 120Hz dan sinkronisasi secara adaptif.

Perangkat mobile dengan layar refresh rate 120Hz pertama kali diperkenalkan Apple lewat iPad Pro yang rilis awal tahun ini. Jadi mungkin hal itu terjadi juga smartphone terbarunya, iPhone X. Dengan tingkat penyegaran yang lebih tinggi memungkinkan tampilan ulang dengan lebih mulus, terutama saat navigasi ke berbagai aplikasi dan bermain game. Sinkronisasi adaptif (dikenal sebagai UltraMotion) menghubungkan display ke GPU, menjaga kedua komponen selaras satu sama lain. Oleh karena itu, bahkan di area game dimana frame rate akan merendah, GPU akan membuat gambar hanya secepat display ulangnya agar tampilan tetap jelas dan mulus. Kedua fitur ini bisa dikatakan mampu membuat salah satu pengalaman Android paling halus di sisi jajaran Pixel saat ini.

Tidak seperti pesaingnya, Razer berfokus pada audio dengan speaker depannya. Meskipun iPhone X mencapai sesuatu yang serupa dengan menggunakan earpiece, tetapi tetap tidak sekuat Razer Phone, yang memiliki speaker stereo ganda dengan amplifier khusus untuk audio yang nyaring dan jernih yang telah didukung teknologi Dolby Atmos.

Keunggulan lainnya dari Razer Phone vs iPhone X dan lainnya adalah di sisi baterai. Ya, smartphone besutan Razer ini memiliki daya 4.000mAh plus layar LCD IGZO yang memiliki mobilitas elektron tinggi dan tingkat kebocoran yang lebih rendah daripada LTPS (TFT di OLED) hingga bisa meminimalisasi konsumsi daya baterai meskipun sedang menonton video atau bermain game. Dan bila dikombinasikan dengan efisiensi daya 10nm Qualcomm Snapdragon 835, Razer Phone seharusnya memiliki masa pakai baterai terbaik pada smartphone manapun di tahun 2017 ini.

Keunggulan iPhone X

Meski terkesan subjektif, sangat sedikit orang yang bilang iPhone X bukanlah perangkat mobile yang cantik. Dengan layar Super AMOLED berukuran 5,8 inci yang lebih mini dari Razer Phone, iPhone X memang lebih desainnya keseluruhannya. Dan tampilan OLED-nya adalah salah satu yang terbaik di dunia, menandingi perangkat Samsung meski perusahaan yang sama membuat display tersebut.

Fitur Dual Camera dengan dual OIS memastikan iPhone X ini masuk dalam daftar kamera smartphone terbaik pada tahun 2017 ini. Dan fitur Face ID-nya tidak hanya menghadirkan metode lain dalam mengakses, tetapi juga bisa memperbaiki kamera sekundernya yang memiliki teknologi serupa dengan kamera utama/belakang. Selain itu, ada Chip A11 Bionic yang membuat iPhone X bisa berjalan sangat cepat, mengalahkan Qualcomm Snapdragon 835 di setiap tes uji benchmark. Apple melakukan pekerjaan yang bagus dengan chip ini sehingga chip ini bisa menyaingi beberapa CPU desktop Intel dalam tolok ukur tertentu. Berkat pengoptimalan Apple, OS dan appsnya tidak pernah melambat karena berjalan harmoni dengan hardwarenya, terlebih dengan versi terbaru dari OS-nya, iOS 11. Sementara Razer Phone masih harus menunggu Android Oreo (versi terbaru Android) dan semua fitur disertakan sampai tahun depan, selagi iPhone X sudah menikmati iOS terbaru mereka. Selain itu, Apple secara tradisional memang lebih baik soal update OS karena Apple sendiri yang membuat OS dan perangkat keras smartphone-nya.

Kesimpulan

Di sisi komunitas pencinta Android, Razer Phone sudah merupakan perangkat yang menakjubkan dengan menyediakan salah satu pengalaman terbaik untuk bermain game plus harga yang masih terjangkau pula. Jadi, Razer Phone bisa merupakan alternatif yang bagus untuk jajaran perangkat Pixel 2. Sedangkan IPhone X merupakan smartphone yang paling ditunggu penggemar produk Apple, karena menjanjikan desain, fitur kamera dan layar yang lebih baik dari generasi sebelumnya.So, manakah ponsel yang lebih unggul menurut Anda?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments

Popular

To Top