Connect with us

Hi, what are you looking for?

Operator

Begini Cara Aktivasi eSIM Telkomsel

eSIM Telkomsel_1a
eSIM Telkomsel. (Sumber: Telkomsel)

Unbox.id – Telkomsel resmi meluncurkan layanan eSIM atau Embedded Subscriber Identity Module untuk seluruh pelanggan di Indonesia dan luar negeri. eSIM merupakan layanan yang memungkinkan pelanggan mengakses seluruh jaringan Telkomsel baik 2G, 4G, dan 5G, tanpa menggunakan kartu SIM fisik. Layanan ini dirancang untuk memaksimalkan fungsionalitas multi-SIM pada perangkat telekomunikasi. eSIM menghadirkan pengalaman digital yang lancar, sederhana, dan nyaman.

Punya Perbedaan

eSIM Telkomsel_2b

eSIM Telkomsel. (Sumber: Telkomsel)

Telkomsel eSIM memiliki banyak paket berbeda yang dapat dipilih pelanggan. Selain itu, pelanggan juga dapat memilih nomor sendiri berdasarkan ketersediaan. Direktur Utama Telkomsel Nugroho menjelaskan kehadiran Telkomsel eSIM merupakan respon terhadap peningkatan jumlah handset yang menggunakan fitur eSIM.

Selain itu, kebutuhan dan keinginan pelanggan juga menjadi alasan Telkomsel menawarkan layanan ini tanpa menggunakan kartu fisik. Nugroho dalam siaran pers Telkomsel mengatakan: “Telkomsel menawarkan solusi inovatif yang tidak hanya memenuhi kebutuhan dinamis pelanggan tetapi juga menjawab semakin meningkatnya adopsi fitur dan teknologi eSIM pada perangkat genggam.

Hal ini bertujuan untuk menghadirkan kenyamanan dan kepraktisan bagi pelanggan”. Perusahaan akrab nama Nugie ini berharap kehadiran layanan eSIM akan memudahkan akses pelanggan terhadap berbagai layanan digital.

Cara Melakukan Pembelian dan Aktivasi eSIM Telkomsel

Berikut adalah caranya:

  • Pembelian dan pendaftaran eSIM Perdana Telkomsel bisa dilakukan dengan mudah secara online melalui tsel.id/esim.
  • Kamu bisa memilih nomor yang kamu inginkan dan paket eSIM yang sesuai dengan kebutuhanmu.
  • Setelah berhasil membeli, kamu akan menerima email yang berisi kode QR untuk aktivasi eSIM.
  • Kamu bisa memindai dan menyimpannya sebagai gambar, atau melakukan aktivasi langsung melalui aplikasi MyTelkomsel.
  • Selanjutnya, kamu dapat melakukan registrasi dengan mengikuti tautan ke halaman registrasi SIM yang sudah terisi dengan nomor yang kamu pilih sebelumnya.
  • Namun, saat melakukan registrasi, kamu diharuskan untuk melakukan validasi NIK dan No. KK sebagai bagian dari proses pendaftaran.
  • Perlu diingat, setiap KTP dan No. KK hanya bisa digunakan untuk maksimal 3 nomor eSIM sesuai dengan regulasi pemerintah.

1 Barcode eSIM Hanya untuk 1 Perangkat

Perlu diingat, eSIM Telkomsel membutuhkan perangkat yang mendukung teknologi eSIM dan tidak dapat digunakan pada lebih dari 1 perangkat. Kode QR dari 1 nomor yang sudah dipindai dan terpasang di 1 perangkat, tidak dapat dipindai kembali di perangkat lainnya.

Untuk dapat menggunakan kode QR di perangkat lain, pelanggan harus menghapus eSIM pada perangkat pertama.

Baca juga: Telkomsel Terima Penghargaan Dari Kominfo

Pilihan Paket Perdana untuk eSIM

eSIM Telkomsel_3c

eSIM Telkomsel. (Sumber: Telkomsel)

Berikut adalah beberapa pilihannya:

  • Paket Telkomsel Prabayar, paket perdana yang dirancang untuk menjaga pemakaian pulsa dan konsumsi data dari kouta internet nasional dan lokal, sesuai lokasi pembelian kartu perdana.
  • Kartu perdana Paket Halo+ (pascabayar) memungkinkan pelanggan mendapatkan berbagai benefit. Mulai dari kuota semua jaringan, untuk data, SMS, telepon, roaming, hingga kemudahan pembayaran tagihan di berbagai channel pembayaran.

Pelanggan Halo+ juga bisa mendapatkan keuntungan dari kuota data yang lebih tinggi dan akses gratis ke beberapa layanan OTT premium. Selain itu, proses registrasi dan migrasi ke Halo+ pun semakin mudah melalui telkomsel.com atau GraPARI terdekat.

Perdana eSIM Paket RoaMAX (prabayar), pelanggan eSIM Telkomsel dapat tetap terkoneksi layanan roaming internasional dengan kuota data roaming 10 GB dan masa berlaku 7 hari, serta aktivasi layanan instan saat bepergian ke lebih dari 85 negara di Asia, Australia, Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada.

Pelanggan dapat melakukan isi ulang paket atau memilih paket lain melalui aplikasi MyTelkomsel atau UMB *266#.

Pelanggan yang sudah memiliki eSIM juga dapat memilih paket Internet rumah dan paket Telkomsel RoaMAX di aplikasi MyTelkomsel dan telkomsel.com dan GraPARI.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Manajemen XL Axiata bertemu dengan Menteri Informasi dan Komunikasi Budi Arie Setiadi di kantor Kominfo di Jakarta. Kabar pertemuan manajemen XL Axiata...

Tech Industry

Unbox.id – Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 14% (year-on-year) pada kuartal pertama tahun 2024 (Q1 2024), sebesar Rp 11,7 triliun. Sebagai informasi,...

Operator

Unbox.id – Starlink disebut-sebut telah mendapat lisensi untuk menyediakan layanan di Indonesia. Demikian pernyataan Direktur Departemen Telekomunikasi, Direktur Departemen Pos dan Informatika Kementerian Informasi...

Tech Industry

Unbox.id – Indosat Ooredoo Hutchison atau Indosat menyelenggarakan SheHacks 2024. Program ini diselenggarakan oleh Indosat bekerja sama dengan Kumpul.ID, ini merupakan salah satu cara...