Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

XL Axiata Bahas ISP Illegal

ISP Illegal_2b
ISP Illegal. (Sumber: Clear VPN)

Unbox.id – Manajemen XL Axiata bertemu dengan Menteri Informasi dan Komunikasi Budi Arie Setiadi di kantor Kominfo di Jakarta. Kabar pertemuan manajemen XL Axiata dengan Menteri Informasi dan Komunikasi Budi Arie Setiadi dibenarkan Presiden dan CEO XL Axiata Dian Siswarini pada konferensi pers pasca RUPS di XL Axiata Tower, Jakarta.

Informasi Lebih Lanjutnya

XL Axiata_1a

XL Axiata. (Sumber: XL)

Dian mengatakan, dirinya dan Direktur Corporate Affairs XL Axiata Marwan O Baasir mendampingi Komisaris Axiata Berhad Group XL Axiata Vivek Sood menemui Budi Arie.

“Mohon temani Pak Vivek Sood untuk bersilaturahmi, karena sejak Pak Budi dilantik menjadi Menkominfo, beliau belum mendapat kesempatan untuk saling mengenal, sehingga Axiata Berhad Group belum bertemu. kata Diane. Ia mengatakan ada beberapa topik yang dibahas, termasuk topik hangat di industri telekomunikasi Indonesia, terkait spektrum frekuensi.

Pak Vivek menanyakan kapan lelang frekuensinya, frekuensi 700 MHz dan sebagainya. Lalu tentang insentif yang diharapkan. Pak Budi bilang akan ada kabar baik, Dian menceritakan kisahnya. Selain itu, pembahasan antara XL Axiata dan Menteri Komunikasi dan Informatika juga fokus pada operator telekomunikasi dalam menyikapi layanan over the air (OTT).

Pasalnya, OTT dinilai tidak berkontribusi terhadap pertumbuhan infrastruktur, namun meraup banyak manfaat dari digital. “Tidak dapat dipungkiri bahwa OTT tidak memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan infrastruktur tetapi menghasilkan pendapatan. Menteri menyambut baik respon yang lebih baik,” kata Dian.

Bahas ISP Legal Hingga Soal Merger

Dian dan XL Axiata juga berdiskusi tentang RTRW Net dan penyedia layanan ISP ilegal serta bagaimana menyikapi masalah ini bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.

“Langkah-langkah terobosan yang diambil Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam menghadapi” Ilegal ISP dan Pak Vivek mengatakan Axiata sebagai investor di XL Axiata sudah menyatakan komitmennya untuk berinvestasi di Indonesia”, kata Dian Siswarini.

Saat ditanya apakah XL Axiata dan Menteri Komunikasi dan Informatika akan bertemu untuk membahas masalah ini atau tidak bergabung dengan Smartfren.

“Bpk. Vivek mengatakan konsolidasi baik untuk industri. Namun hal ini masih dalam tahap pembahasan, belum ada yang pasti. “Tapi mohon izin Pak Menteri. Kalau ada kesepakatan, minta dukungannya,” kata Pak Dian.

Baca juga: Deretan Aplikasi Ini Bikin Trafik Internet XL Axiata Naik

Jumlah Pelanggan XL Axiata

XL Axiata 5G_2b

XL Axiata 5G. (Sumber: XL Axiata)

XL Axiata mengumumkan pendapatannya pada 2023 sebesar Rp 8,44 triliun. Pendapatan ini meningkat 12% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Presiden dan CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan XL meraih pendapatan data yang positif dibandingkan kuartal sebelumnya, dengan kontribusi layanan Data terhadap pendapatan XL Axiata mencapai 93 persen. untuk layanan data, trafik data di jaringan XL kini sebesar 2.609 petabyte, naik 18,4 persen year-on-year.

Saat ini XL Axiata melayani 57,6 juta pelanggan di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut meningkatkan trafik XL Axiata sebesar 3,2% dibandingkan Q4 2023. Dari jumlah tersebut, rata-rata pembelanjaan pengguna XL Axiata (ARPU) sebesar Rp44.000 pada Q1 2024.

Dian mengatakan, alih-alih memilih menambah jumlah trafik secara signifikan, pelanggan, XL Axiata memilih untuk mempertahankan sejumlah pelanggan berkualitas bagi perusahaan. Dian tidak peduli dengan perilaku pelanggan yang sering berganti operator.

“Pelanggan adalah pelanggan yang benar-benar loyal dan memanfaatkan layanan XL dengan baik. “Kalau dilihat dari tahun ke tahun, jumlah pelanggannya tidak bertambah banyak tapi juga tidak berkurang banyak.

Tujuan kami meningkatkan pelayanan agar pelanggan bisa bekerja lebih efisien sehingga belanja per ARPU pelanggan semakin meningkat,” ujarnya di konferensi pers usai RUPS XL Axiata di Jakarta.

Dari jumlah pelanggan XL Axiata yang tercatat, penetrasi smartphone di jaringannya adalah 79 persen. Untuk memberikan layanan yang terbaik, menurut Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa, tiga bulan pertama 2024 jumlah BTS XL Axiata meningkat 9,6 persen.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Operator

Unbox.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) berupaya mendorong penggunaan kecerdasan buatan/AI atau kecerdasan buatan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Salah satunya dilakukan melalui kerja...

Tech Industry

Unbox.id – Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 14% (year-on-year) pada kuartal pertama tahun 2024 (Q1 2024), sebesar Rp 11,7 triliun. Sebagai informasi,...

Operator

Unbox.id – Starlink disebut-sebut telah mendapat lisensi untuk menyediakan layanan di Indonesia. Demikian pernyataan Direktur Departemen Telekomunikasi, Direktur Departemen Pos dan Informatika Kementerian Informasi...

Tech Industry

Unbox.id – Indosat Ooredoo Hutchison atau Indosat menyelenggarakan SheHacks 2024. Program ini diselenggarakan oleh Indosat bekerja sama dengan Kumpul.ID, ini merupakan salah satu cara...