Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Indosat Dorong Pemanfaatan AI

Indosat Ooredoo_1a
Indosat Ooredoo. (Sumber: Indosat)

Unbox.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) berupaya mendorong penggunaan kecerdasan buatan/AI atau kecerdasan buatan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Salah satunya dilakukan melalui kerja sama antara Indosat dan Twimbit, sebuah perusahaan riset dan konsultan. Melalui kerja sama ini, diluncurkan laporan bertajuk “Laporan Pemberdayaan Indonesia 2024”.

Ingin Berdayakan Indonesia Melalui AI

Operator Indosat_3c

Operator Indosat. (Sumber: Beta Techno)

Mengutip keterangan resmi Indosat, laporan tersebut bertema “Growth Beyond Urban” dan berfokus pada upaya perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia untuk memberdayakan Indonesia melalui AI. CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengatakan teknologi dan konektivitas berperan penting dalam kemajuan Indonesia.

Ia mengatakan, laporan Indosat dan Twimbit merupakan langkah nyata perusahaan untuk mencapai visi tersebut. “Peluncuran laporan Pemberdayaan Indonesia 2024 juga merupakan simbol Indosat mengajak mitra strategis untuk bekerja sama mengeksplorasi solusi dan peluang berkelanjutan,” kata Vikram. Ia juga mengatakan penelitian ini dapat memberikan dorongan untuk meningkatkan kerja sama dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan sosial.

Penelitian ini juga dapat membuka jalan menuju masa depan yang lebih cerah dan inklusif menuju Indonesia Emas 2045 yang didorong oleh inovasi dan pemberdayaan masyarakat, kata Vikram. Laporan Pemberdayaan Indonesia 2024 menguraikan lima inisiatif strategis yang diperlukan untuk mencapai transformasi berkelanjutan menuju visi Indonesia Emas pada tahun 2045.

Kelima langkah tersebut antara lain memanfaatkan potensi kota-kota lapis kedua, memperluas ekonomi digital di daerah pedesaan terpencil, memperkuat peran pemerintah. UMKM, peningkatan teknologi di bidang pertanian serta pemberdayaan perempuan.

Potensi Ekonomi Digital Indonesia Diproyeksi Sentuh Rp 1,8 Triliun Pada 2027

Studi tersebut juga mengungkapkan bahwa nilai ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan mencapai Rp 1,8 triliun pada tahun 2027.

Sementara itu, Pendiri dan CEO Twimbit Manoj Menon menambahkan, untuk mengantisipasi tahun 2027, langkah yang dilakukan Twimbit dan Indosat ini akan menjadi langkah yang solid. landasan untuk mencapai transformasi yang berkelanjutan dan inklusif bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Selain itu, pengusaha digital Raymond Chin mengatakan bahwa pertumbuhan di luar kota metropolitan dapat menjadi langkah menuju pencapaian inklusi ekonomi yang lebih luas di Indonesia.

“Dengan menggali potensi dari kota-kota besar kota hingga desa-desa terpencil, kita dapat menciptakan banyak peluang untuk kemajuan yang lebih besar dan peluang yang lebih luas. Hal ini memerlukan inovasi dan kolaborasi dari banyak pihak serta partisipasi seluruh sektor masyarakat untuk pertumbuhan berkelanjutan,” ujarnya.

Gelar Kompetisi Teknologi

Masih terkait pemanfaatan AI, Indosat dan Twimbit juga membuka peluang bagi generasi muda yang ingin berkontribusi di bidang teknologi melalui program Youth Tech Challenge.

Sebagai bagian dari proses persiapan, Indosat akan menggelar grand launching peristiwa. dan roadshow di berbagai fasilitas. Kompetisi ini bertujuan untuk menciptakan solusi inovatif yang didukung oleh teknologi untuk mengatasi tantangan nasional di berbagai sektor, seperti perkotaan, pertanian, pendidikan, UMKM dan pemberdayaan perempuan.

Kompetisi ini akan dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap penyisihan, babak semifinal dan final. Peserta kemudian akan dipandu melalui serangkaian sesi mentoring dan berkesempatan berkolaborasi dengan pakar industri.

Mereka berkesempatan memilih salah satu dari banyak studi kasus dari laporan Empower Indonesia 2024 yang berfokus pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Baca juga: Heboh, Operator Platform Phising Di Indonesia Berhasil Dibongkar!

Indosat

Operator Indosat_2b

Operator Indosat. (Sumber: Indosat)

Indosat, yang sekarang dikenal sebagai Indosat Ooredoo Hutchison, merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia.

Didirikan pada tahun 1967, Indosat awalnya berfokus pada layanan komunikasi internasional. Seiring berjalannya waktu, perusahaan ini berkembang pesat dan memperluas layanannya, mencakup telepon seluler, internet, dan berbagai layanan data lainnya.

Pada tahun 2008, Indosat diakuisisi oleh Qatar Telecom (Ooredoo) dan kemudian berganti nama menjadi Indosat Ooredoo. Pada tahun 2021, Indosat mengumumkan merger dengan Hutchison 3 Indonesia, membentuk entitas baru yang disebut Indosat Ooredoo Hutchison. Merger ini bertujuan untuk memperkuat posisi perusahaan dalam pasar telekomunikasi Indonesia yang semakin kompetitif.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Unbox.id – Perusahaan analisis Opensignal menerbitkan laporan tentang pengalaman jaringan seluler di Indonesia pada Juni 2024. Opensignal melihat pengalaman lima operator seluler besar di...

Tech Industry

Unbox.id – TikTok secara tidak sengaja mengunggah tautan ke versi internal alat avatar digital AI barunya selama jangka waktu yang tidak diketahui. Hal ini...

Tech Industry

Unbox.id – Dalam diskusi mendalam mengenai perkembangan terkini teknologi prosesor di Intel Tech Tour 2024, di Taipei, Taiwan, Intel memberikan pandangan mendalam tentang Xeon...

Tech Industry

Unbox.id – Asus menjadi salah satu perusahaan teknologi yang membuat kemajuan besar di bidang komputasi AI dengan memperkenalkan lini produk barunya, Zenbook Duo (UX8406)....