Connect with us

Hi, what are you looking for?

Operator

Telkomsel Terima Penghargaan Dari Kominfo

Telkomsel Kominfo_1a
Telkomsel Kominfo. (Sumber: Berita Teknologi Nasional)

Unbox.id – Telkomsel menerima penghargaan dari Direktorat Jenderal Pos dan TI Kominfo pada tahun 2023. Penghargaan dari Direktorat Jenderal PPI tahun 2023 diberikan kepada badan usaha termasuk penyelenggara jasa telekomunikasi yang memenuhi persyaratan di bidang layanan pos dan TI. Tidak hanya efisiensi operasional, penghargaan juga diberikan kepada perusahaan yang mampu menyelesaikan keluhan masyarakat dan memberikan kualitas layanan yang baik serta menciptakan inovasi di bidang operasional pos dan TI.

Sebagai Penyelenggara Telekomunikasi Dengan Spot 5G

Telkomsel Kominfo_2b

Telkomsel Kominfo. (Sumber: Berita Teknologi Nasional)

Telkomsel akan menggelar lebih dari 470 BTS 5G di 48 kota hingga Desember 2023. Telkomsel juga akan konsisten mengembangkan dan menggelar jaringan 5G secara bertahap dan dengan jangkauan terukur di seluruh Indonesia.

Perusahaan pelat merah itu menyatakan berupaya untuk menyediakan kualitas dan layanan jaringan yang dapat memberikan nilai tambah bagi pengguna sekaligus mendukung produktivitas dan efisiensi di berbagai bisnis.

Sekadar informasi, dalam menggelar 5G di waktu yang berbeda, Telkomsel menggandeng mitra industri. Dari PT Freeport Indonesia menyebarkan penambangan bawah tanah pintar 5G pertama di Asia Tenggara.

Internet 4G Cepat Berkat Migrasi 3G ke 4G

Kemudian, bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II untuk meningkatkan transformasi digital dalam operasional bandara. Datang ke wilayah Jababeka untuk membangun solusi digitalisasi regional berbasis infrastruktur 5G.

Telkomsel juga berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan untuk menguji coba robot bedah jarak jauh 5G pertama di Indonesia. Perusahaan juga mendapatkan penghargaan bagi penyedia dengan kualitas layanan seluler terbaik, berdasarkan pengukuran throughput rata-rata nasional antara bulan Maret hingga September 2023.

Pencapaian ini tidak lepas dari upaya Telkomsel dalam menyelesaikan upgrade dari 3G ke 4G di 504 kota kabupaten pada bulan Juni 2023 pada frekuensi 2.100 MHz.

Kecepatan Telkomsel Tertinggi Versi Ookla Speedtest

Dengan peningkatan ini, Ookla Speedtest mencatat, Telkomsel memiliki kecepatan akses broadband tertinggi di Indonesia dengan rata-rata kecepatan unduh 26,74 Mbit/s dan kecepatan unggah 12,98 Mbit/s.

Hasil uji kecepatan Ookla juga menunjukkan Telkomsel meraih video skor 69,92 poin dan skor pengalaman mobile gaming 76,45 poin. Saat ini Telkomsel merupakan pengguna spektrum telekomunikasi terbesar di Indonesia. Jumlah total pelanggan Telkomsel lebih dari 158,3 juta.

Perseroan juga terus meningkatkan akses Internet dengan menggelar lebih dari 183.000 stasiun BTS 4G dari total 233.000 stasiun BTS di Indonesia.

Pembayar PNBP Telekomunikasi Terbesar

Telkomsel Kominfo_3c

Telkomsel Kominfo. (Sumber: Berita Teknologi Nasional)

Terkait spektrum telekomunikasi, Telkomsel wajib membayar BHP BNPB untuk spektrum terbesar pada tahun 2022. PBNP telekomunikasi Telkomsel sendiri berjumlah Rp460 miliar dari total pembayaran PNBP ke negara sebesar Rp7,9 triliun.

Telkomsel sebelumnya juga menjadi penyumbang pajak terbesar tahun 2022 pada KPP Wajib Pajak Empat Besar dengan nilai Rp 18,1 triliun. Dengan begitu, Telkomsel menjadi salah satu wajib pajak penyumbang terbesar bagi Indonesia melalui PNBB dan pajaknya senilai lebih dari Rp 26 triliun.

Baca juga: Telkom Konsisten Terapkan Strategi Five Bold Moves

Mengenal Apa Itu Jaringan 5G

Jaringan 5G atau generasi kelima dalam teknologi seluler merupakan evolusi dari jaringan seluler sebelumnya seperti 4G (LTE). 5G dirancang untuk menghadirkan kinerja superior, kecepatan Internet lebih cepat, dan konektivitas lebih baik dibandingkan teknologi sebelumnya.

Salah satu fitur paling menonjol dari 5G adalah kecepatan Internet yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan 4G. Teknologi ini memungkinkan transfer data yang sangat cepat, mendukung aplikasi yang membutuhkan bandwidth tinggi, seperti streaming video berkualitas tinggi, virtual reality, dan augmented reality.

5G memiliki latensi yang sangat rendah, yaitu waktu yang diperlukan untuk mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya lainnya. Latensi rendah sangat penting untuk aplikasi real-time seperti game online, kendaraan otonom, dan layanan kesehaan jarak jauh.

Gunakan spektrum frekuensi yang lebih tinggi dan teknologi canggih seperti MIMO (Banyak input, banyak output), 5G dapat mendukung lebih banyak perangkat yang terhubung secara bersamaan selama kemacetan kawasan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Operator

Unbox.id – Telkomsel resmi meluncurkan layanan eSIM atau Embedded Subscriber Identity Module untuk seluruh pelanggan di Indonesia dan luar negeri. eSIM merupakan layanan yang...

Operator

Unbox.id – Indosat Ooredoo Hutchison mengajak generasi muda untuk menjaga lingkungan melalui film bertajuk “Jaga Raya”. Film pendek ini bercerita tentang seorang peneliti biologi...

Operator

Unbox.id – Telkomsel resmi meluncurkan layanan eSIM atau Embedded Subscriber Identity Module untuk seluruh pelanggan di Indonesia dan luar negeri. eSIM sendiri merupakan layanan...

Tech Industry

Unbox.id – Operator seluler menunggu keputusan pemerintah mengenai besaran tarif penggunaan frekuensi radio (BHP), alias tarif regulasi, untuk memperkenalkan spektrum frekuensi baru yang akan...