Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Tiongkok Larang Penggunaan Prosesor AMD dan Intel di Kantor Pemerintah

AMD and Intel Banned_1a
AMD and Intel Banned. (Sumber: Reddit)

Unbox.id – Pemerintah Tiongkok telah mengeluarkan pedoman yang melarang penggunaan prosesor AMD dan Intel. Menurut Financial Times, seperti dikutip Engadget, larangan prosesor AS menandai langkah terbaru dalam perang teknologi antara AS dan Tiongkok. Saat ini, instansi pemerintah Tiongkok harus menggunakan chip produksi dalam negeri. Pemerintah setempat mencantumkan 18 prosesor yang disetujui, termasuk chip yang dibuat oleh Huawei dan Phytium.

Sebuah Langkah Balasan Dari Tiongkok?

AMD and Intel Banned_2b

AMD and Intel Banned. (Sumber: Firstpost)

Sebagai informasi, kedua perusahaan ini telah dilarang beredar di Amerika Serikat. Tak hanya mikroprosesor, pemerintah Tiongkok juga memblokir Microsoft Windows dan produk database asing dengan tujuan menyebarkan teknologi dalam negeri. Peraturan baru yang diperkenalkan pada bulan Desember lalu dapat berdampak signifikan pada Intel dan AMD.

Financial Times mengatakan Tiongkok menyumbang 27% dari pendapatan Intel sebesar $54 miliar pada tahun lalu dan 15% dari pendapatan AMD sebesar $54 miliar pada tahun lalu ($23 miliar). Langkah ini merupakan bagian dari pilihan drastis pemerintah Tiongkok untuk membatasi penggunaan teknologi yang diproduksi di Amerika Serikat.

Sebelumnya, pemerintah Beijing melarang perusahaan dalam negeri menggunakan chip Micron pada infrastruktur penting.

AS Juga Ikut-ikutan Blokir Teknologi Tiongkok

Sementara itu, Amerika Serikat telah melarang banyak perusahaan Tiongkok, mulai dari pembuat chip hingga perusahaan dirgantara. Pemerintahan Joe Biden juga telah melarang perusahaan Amerika seperti NVIDIA menjual AI dan chip lainnya di Tiongkok.

Negara-negara yang mendominasi produksi mikroprosesor canggih termasuk Amerika Serikat, Jepang, dan Belanda. Lan baru-baru ini setuju untuk memperkuat kontrol ekspor produk litograf. mesin dari ASL, Nikon dan Tokyo Electron agar tidak melanggar wilayah Tiongkok.

Melihat situasi ini, Tiongkok pun tak tinggal diam. Perusahaan Tiongkok termasuk Baidu, Huawei, Xiaomi dan Oppo telah mulai merancang semikonduktor mereka sendiri untuk mempersiapkan masa depan jika perang teknologi terus berlanjut.

AS Berupaya Larang TikTok, Tiongkok: Logika Bandit

US TikTok_2b

US TikTok. (Sumber: CNET)

Di sisi lain, Tiongkok menyerang rancangan undang-undang (RUU) yang disahkan oleh RRT yang pada akhirnya dapat berujung pada pelarangan TikTok di Amerika Serikat.

RUU ini akan memberikan waktu enam bulan kepada perusahaan induk TikTok untuk melakukan divestasi modal. atau menghadapi larangan dari aplikasi. RUU tersebut masih menghadapi perjuangan berat di Senat, namun Presiden Joe Biden mengatakan dia akan menandatanganinya jika disahkan oleh Kongres.

Pada konferensi pers di Beijing pada Kamis (14 Maret), juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin. mengatakan pemungutan suara Pemungutan suara pada RUU itu “bertentangan dengan prinsip persaingan yang sehat dan adil.”

“Satu orang melihat hal baik yang dimiliki orang lain dan mencoba mengambilnya untuk dirinya sendiri -itu semua logika “Bandit”, kata Wang.

Pejabat Tiongkok lainnya, juru bicara Kementerian Perdagangan He Yadong, mengatakan Tiongkok akan mengambil “semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi hak dan kepentingan sah kami”. Ada kemungkinan juga bahwa RUU tersebut tidak akan pernah mencapai tahap pemungutan suara, jadi status quo tetap berlaku.

Baca juga: Rumor Apple Bakal Pakai AI Buatan Baidu

Persaingan Antara AMD dan Intel

AMD dan Intel adalah dua perusahaan teknologi terkemuka yang bersaing dalam pasar prosesor komputer. Kedua perusahaan ini menghasilkan berbagai jenis prosesor yang digunakan dalam laptop, desktop, server, dan perangkat komputasi lainnya. Persaingan antara AMD dan Intel telah ada selama beberapa dekade dan terus berlanjut dengan perkembangan teknologi baru.

Persaingan antara AMD dan Intel mendorong inovasi dalam teknologi prosesor. Kedua perusahaan terus mengembangkan arsitektur baru, meningkatkan efisiensi energi, dan meningkatkan kinerja prosesor mereka.

Kedua perusahaan berlomba untuk memberikan kinerja terbaik dalam prosesor mereka. AMD telah membuat terobosan dengan serangkaian prosesor Ryzen yang menawarkan kinerja yang kompetitif dengan produk-produk Intel dalam beberapa tahun terakhir.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Facebook dan Instagram mengalami masalah besar di seluruh dunia pada hari Selasa (05 Maret 2024) kemarin. Masalah tersebut mengakibatkan pengguna tidak...

Review Produk

Jakarta, Unbox.id – Lenovo GeekPro Gaming Desktop 2024 telah rilis di negara asalnya, Tiongkok. Produk tersebut memiliki beberapa tambahan baru pada jajaran mesin gaming...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah AS disebut-sebut sedang mempertimbangkan untuk memberikan subsidi lebih dari USD 10 miliar atau setara sekitar Rp 157 triliun kepada Intel Corp....

Review Produk

Jakarta, Unbox.id – Pada bulan Januari lalu, perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung telah meluncurkan laptop seri Galaxy Book 4. Peluncuran perangkat laptop ini...