Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Facebook dan Instagram Down Beberapa Saat, Begini Penjelasan Meta

Facebook
Facebook Error | foto: Leeds Live

Jakarta, Unbox.id — Facebook dan Instagram mengalami masalah besar di seluruh dunia pada hari Selasa (05 Maret 2024) kemarin. Masalah tersebut mengakibatkan pengguna tidak bisa login dan feed postingan yang ada di beranda tidak dapat muncul seperti biasanya.

Menurut The Guardians, melaporkan bahwa masalah terjadi pukul 15.30 GMT (22.30 WIB) dan kembali pulih satu setengah jam kemudian. Pengembang platform, Meta, mengungkapkan bahwa ini terjadi karena masalah teknis membuat banyak orang kesulitan.

Baca juga: Ulefone Meluncurkan Armor 23 Ultra dengan Pesan Satelit Dua Arah

Masalah ini terutama mempengaruhi login Facebook, bahkan Thread juga terkena dampak. Gedung Putih mengatakan pihaknya sedang memantau pemadaman listrik, yang bertepatan dengan Super Tuesday ketika jutaan orang Amerika memberikan suara dalam pemilu awal.

Tanggapan Para Petinggi AS Terkait Down Facebook dan Instagram

Seorang pejabat senior badan keamanan siber dan keamanan infrastruktur AS mengatakan dalam panggilan pers. “Kami mengetahui insiden tersebut dan saat ini kami tidak mengetahui adanya hubungan pemilu tertentu atau aktivitas siber berbahaya tertentu.”

Tidak seperti biasanya, masalah ini terjadi bersamaan dengan masalah login pada platform Google. Hal ini menunjukkan adanya penyebab umum dari pemadaman listrik di dua konglomerat teknologi yang sebagian besar mengendalikan infrastruktur mereka sendiri.

Baca juga: Claude 3 AI Chatbot Baru, Diklaim Melampaui ChatGPT dan Gemini

Halaman status bisnis Meta melaporkan sejumlah gangguan, termasuk “gangguan besar” pada pusat admin grup, serta login Facebook. Hal ini juga menyebabkan beberapa penghentian update di berbagai situs lain. Namun, layanan lain seperti WA masih berfungsi.

Tanggapan Juru Bicara Meta

Dalam postingan pertamanya di X dalam seminggu, juru bicara Meta Andy Stone mengatakan. “Kami sadar orang-orang mengalami kesulitan mengakses layanan kami. Kami sedang mengerjakannya sekarang.” Laman status iklan Google melaporkan gangguan pada Pengelola Iklan perusahaan mulai sekitar pukul 15.30 GMT. 

Perusahaan mengatakan sedang menyelidiki laporan masalah lainnya. Pemadaman ini kemungkinan besar tidak akan separah pemadaman Facebook pada tahun 2021. Pada saat itu, penyebabnya adalah kesalahan konfigurasi dalam protokol atau BGP.

Dampaknya, perusahaan secara tidak sengaja menghapus alamatnya sendiri dari sistem yang memungkinkan server untuk berbicara satu sama lain di internet. Butuh waktu berjam-jam untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Sebagian karena teknisi tidak memiliki akses server. 

Sumber: Gizmochina

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Komisi Uni Eropa mengambil tindakan tegas terhadap Meta. Agensi telah membuka penyelidikan resmi terhadap Meta, perusahaan induk Facebook dan Instagram. Investigasi telah...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp telah meluncurkan pembaruan pada aplikasi selulernya dengan memberi tampilan yang lebih segar dan lebih ramping. Selain itu, mereka juga memperkenalkan...

Apps & Games

Unbox.id – Untuk menghadirkan pengalaman baru, Instagram memperkenalkan serangkaian fitur baru pada Reels dan Stories. Baru-baru ini Instagram menambahkan fitur Add Yours Music dan...

Social Media

Unbox.id – Untuk menarik lebih banyak pengguna menggunakan Threads, Meta akan menawarkan insentif menarik kepada pembuat konten. Tanpa antusias, harga yang diminta bisa mencapai...