Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Rumor Apple Bakal Pakai AI Buatan Baidu

Apple Baidu_1a
Apple Baidu. (Sumber: Techno Review Idea)

Unbox.id – Apple disebut-sebut telah memilih raksasa mesin pencari Tiongkok Baidu sebagai mitra teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk iPhone 16 dan produk lainnya. Informasi tersebut diungkap sejumlah agensi media Tiongkok. Mengutip South China Morning Post, Apple akan menggunakan AI milik Baidu yang disebut Ernie Bot. Rencananya Ernie Bot akan langsung diinstal di iPhone 16, Mac OS, dan iOS 18 untuk pasar Tiongkok. Selain Baidu, Apple juga disebut-sebut memberikan tekanan pada perusahaan teknologi besar lainnya, seperti Alibaba Group Holding. Sebelumnya, Apple disebut-sebut telah menjajaki kemungkinan kolaborasi untuk memasang model AI sintetis Gemini (Google) dan ChatGPT (OpenAI) di perangkatnya. Namun karena model AI Google dan OpenAI belum tersedia secara resmi di Tiongkok, Apple perlu mencari mitra bisnis di Tiongkok jika ingin meluncurkan produk baru berbasis AI di Negeri tirai bambu.

Menggunakan AI

Apple Baidu_2b

Apple Baidu. (Sumber: Manilla Shaker)

Kabar bahwa Apple akan menggunakan AI sintetis Baidu di iPhone 16 semakin menguat setelah kunjungan CEO Tim Cook ke Tiongkok. Selama kunjungannya, ia menghadiri upacara pembukaan toko ritel baru di Shanghai dan bertemu dengan pemasok utama di Tiongkok.

Pada hari Minggu, 24 Maret 2024, waktu setempat, Tim Cook mengucapkan selamat kepada pemasok Tiongkok karena “memberikan kontribusi besar ” terhadap tujuan netralitas karbon di pabrik iPhone.

Bos Apple memuji saat menghadiri pertemuan tingkat tinggi yang diadakan oleh pemerintah yang diselenggarakan oleh Tiongkok, disaksikan oleh Perdana Menteri Li Qiang. Dalam konferensi tersebut, Tim Cook juga berencana meluncurkan headset Apple Vision Pro di Tiongkok pada akhir tahun 2024.

Tim Cook Resmikan Apple Store Baru di Shanghai

Apple baru saja membuka Apple Store yang berlokasi di Jing’an, Shanghai, China. Toko fisik terbaru ini juga merupakan Apple Store terbesar kedua di dunia. Mengutip Gizmochina, acara peresmian Apple Store berlangsung dengan dihadiri langsung oleh CEO Apple Tim Cook. Tim meresmikan gedung tersebut di hadapan banyak penonton yang antusias.

Kehadiran Apple Store baru di kota besar seperti Shanghai diharapkan dapat menarik minat pembeli potensial yang ingin mencoba memiliki produk Apple, khususnya ‘iPhone, iPad, Mac, dan lain-lain.

Apple Store baru ini bukanlah toko retail biasa. Pasalnya, perseroan disebut-sebut telah berinvestasi lebih dari 83,4 juta yuan atau setara sekitar Rp 182 miliar untuk toko tersebut.

Apple Store Terbesar di Asia

Selain itu, toko ini juga dianggap sebagai Apple Store terbesar kedua di dunia, setelah Apple Store yang berlokasi di Fifth Avenue, New York, AS. Hal ini menjadikan Jing’an Apple Store tidak hanya menjadi Apple Store terbesar di Asia, tetapi juga Apple Store ke-8 di Shanghai dan ke-57 di Tiongkok.

Bangunan ini terletak di dekat kuil Jing dan taman ‘an yang terkenal. Ikonik. Dengan lokasinya yang strategis, Apple Store resmi ini diharapkan dapat menarik minat calon pembeli di kawasan tersebut.

Toko baru ini memiliki taman umum yang luas dan akses mudah ke stasiun kereta bawah tanah Tinh An Pagoda, membantu masyarakat lebih mudah beraktivitas. orang yang ingin mengunjungi Apple Store ini. Untuk merayakan peluncuran ini, Apple bahkan membuat logo khusus untuk Jing’an Store yang terinspirasi dari bunga magnolia, pohon khas kota Shanghai.

Apple Produksi Dua Model AirPods 4

AirPods 4_3c

AirPods 4. (Sumber: The Hans)

Di sisi lain, Apple dikabarkan akan meluncurkan AirPods 4 pada akhir tahun 2024. Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, Amerika Serikat itu mengumumkan akan meluncurkan dua model AirPods 4.

Mengutip Gizchina, Selasa, Gurman mengatakan akan diproduksi massal. Apple TWS akan dimulai pada bulan Mei melalui perusahaan GoerTek dan LuxShare Precision.

Kedua model AirPods tersebut akan tersedia di pasaran bersamaan dengan peluncuran seri iPhone 16 yang akan dirilis pada bulan September tahun ini atau paling lambat a sebulan kemudian di bulan Oktober.

Menurut informasi, Apple berencana memproduksi 20 hingga 25 juta unit untuk setiap AirPods 4. Output produksi dua headset ini diperkirakan lebih tinggi dibandingkan lini sebelumnya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikabarkan akan memperkenalkan fitur AI di iOS 18 yang akan mengutamakan privasi pengguna. Perusahaan siap menantang Google dan Samsung dalam persaingan...

Hardware

Unbox.id – Apple dikabarkan sedang berupaya mengembangkan chipset generasi terbarunya sendiri, khususnya M4. Menurut rumor yang beredar, chipset Apple M4 akan hadir dalam tiga...

Tech Industry

Unbox.id – Chatbot AI yang diproduksi perusahaan Elon Musk kini mampu “memahami” gambar, mulai dari diagram hingga tabel berisi informasi. Hal tersebut diungkapkan xAI...

Apple

Unbox.id – iPhone 16 Plus dikabarkan memiliki 2 pilihan warna baru, bukan 5 warna seperti iPhone 15 non-profesional yang saat ini ada di pasaran....