Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Penyelenggara Sertifikasi Elektronik Indonesia Diakui Dunia

Sertifikasi Elektronik Indonesia Vida_1a
Sertifikasi Elektronik Indonesia Vida. (Sumber: Vida)

Unbox.id – Penyedia sertifikasi elektronik Indonesia Vida diakui di seluruh dunia untuk keamanan biometrik. Akreditasi ini diberikan oleh Studi Keamanan Biometrik Institut Standar dan Teknologi Nasional. Vida mengklaim layanannya menduduki peringkat pertama dunia untuk keamanan biometrik. Dalam informasi yang diterima Unbox.id, Studi Keamanan Biometrik NIST menetapkan standar untuk mengevaluasi dan membandingkan solusi keamanan biometrik global. Posisi Vida juga dinilai terbaik di bidang identitas digital. Pencapaian ini konsisten dengan hasil evaluasi NIST terhadap teknologi analisis wajah, sebuah platform pengujian untuk perusahaan keamanan global. Studi tersebut menguji algoritma deteksi serangan yang disajikan dalam berbagai skenario foto dan video. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi protokol keamanan yang tepat untuk menghindari deteksi positif palsu yang menyebabkan pengalaman pelanggan dan pengguna yang buruk. Vida mengatakan hasil pengujian ini membuatnya sebanding dengan perusahaan biosekuriti global dari Amerika, Tiongkok, dan Korea Selatan.

Prestasi Vida yang Diakui Dunia

Sertifikasi Elektronik Indonesia Vida_2b

Sertifikasi Elektronik Indonesia Vida. (Sumber: Liputan6)

Pencapaiannya adalah nomor satu di dunia dalam kinerja algoritma keaktifan, nomor satu di dunia dalam deteksi gangguan video menggunakan serangan replay gambar, dan nomor 8 di dunia dalam algoritma keamanan deteksi.melakukan pencurian identitas foto.

Co-founder dan manajer produk, Vida Gajendran Kandasamy mengatakan komitmen dan investasi mereka di bidang keamanan tetap tidak berubah. “Hasil studi NIST ini menggarisbawahi komitmen kami dalam menerapkan standar global dalam solusi identitas digital,” kata Gajendran.

Ia mengatakan dengan pengakuan tersebut, Vida semakin menunjukkan dominasinya dalam hal inovasi dan keamanan. Di saat yang sama, Vida tetap berkomitmen untuk mencapai keunggulan dan keamanan data dalam lanskap identitas digital di Indonesia dan global.

Pentingnya Kepercayaan Digital untuk Keamanan Transaksi

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi digital, kepercayaan pengguna dalam berinteraksi dan menyelesaikan transaksi digital (digital Trust) menjadi hal yang mendasar. Selain itu, kepercayaan digital akan memainkan peran penting dalam perkembangan industri digital.

Semakin banyak pelaku industri digital yang dapat menjamin keamanan data penggunanya, maka semakin besar pula dampak positif yang ditimbulkan oleh keberlangsungan industri tersebut.

Salah satu pembicara dalam diskusi tersebut, Direktur Jenderal Aplikasi IT Universitas Menurut Semuel A Pangerapan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, sertifikat elektronik menjadi motor penggerak berkembangnya ekosistem digital nasional karena menjadi bukti keabsahan layanan digital.

Informasi Di beberapa negara, sertifikat elektronik sangat penting untuk mendorong ekonomi digital. Identitas digital ini kemudian dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti berbelanja online atau membuka rekening bank.

Baca juga: Kisah Anggota Samsung Indonesia Hadiri Peluncuran Seri Galaxy S24

Sertifikasi di Indonesia

Sertifikasi Elektronik Indonesia Vida_3c

Sertifikasi Elektronik Indonesia Vida. (Sumber: Antara)

Sertifikasi telepon seluler di Indonesia mengacu pada proses pengujian dan persetujuan yang dilakukan oleh Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia atau dikenal juga dengan nama Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BERT). Proses ini bertujuan untuk memastikan ponsel yang beredar di pasar Indonesia memenuhi standar teknis dan keamanan yang ditetapkan pemerintah.

Setiap perangkat ponsel yang dijual di Indonesia harus melalui proses sertifikasi. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi konsumen dan memastikan perangkat dapat digunakan dengan aman di jaringan telekomunikasi Indonesia.

Otoritas Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BERT) adalah organisasi yang bertanggung jawab mengawasi dan mengatur pelaksanaan proses sertifikasi telepon seluler. Peraturan ini menetapkan standar dan prosedur teknis yang harus dipatuhi oleh produsen atau importir ponsel.

Perangkat tertentu, seperti perangkat yang digunakan oleh pemerintah atau lembaga keamanan di negara tempat penggunaan, mungkin dikecualikan dari persyaratan sertifikasi. Namun hal ini memerlukan persetujuan khusus dari pihak berwenang.

Proses sertifikasi melibatkan pemeriksaan teknis perangkat, uji laboratorium, dan penilaian kepatuhan terhadap standar yang berlaku. Setelah berhasil melewati proses ini, perangkat tersebut akan diberikan sertifikat yang menunjukkan bahwa ia memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Sejak 1 Juli, layanan fixed broadband IndiHome bergabung dengan Telkomsel. Setelah 5 Bulan Beroperasi, Bagaimana Bisnis IndiHome di Bawah Payung Telkomsel? Seperti...

Tech Industry

Unbox.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus menerapkan strategi Lima Langkah Berani (5BM) untuk menjaga kelangsungan profitabilitas perusahaan di masa depan. “Tahun...

Software

Unbox.id – Microsoft telah memutuskan untuk mengubah nama Bing Chat menjadi Copilot. Hal ini dilakukan agar Anda bisa bersaing dengan ChatGPT. Perubahan ini terjadi...

Tech Industry

Unbox.id – Video, platform streaming video terbesar di Indonesia, mengumumkan kemitraannya dengan PT Link Net Tbk (First Media) dengan tujuan memberikan pengalaman menonton yang...