Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Cara Kembalikan Chat WhatsApp yang Hilang di Android dan iPhone

WhatsApp Chat_1a
WhatsApp Chat. (Sumber: Grasp)

Unbox.id – WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan. Hampir setiap orang yang memiliki smartphone sudah menginstal aplikasi ini. Banyak orang yang tertarik dengan aplikasi perpesanan dari Meta ini karena ringan, mudah digunakan, tersedia di berbagai platform dan sistem operasi, dan gratis tanpa registrasi. WhatsApp dapat bekerja dengan baik pada sistem operasi yang berbeda. Android, iOS, Windows dan Mac dapat menjalankan aplikasi ini tanpa masalah. Saat menggunakan aplikasi ini, Anda mungkin secara tidak sengaja menghapus obrolan WhatsApp sehingga obrolan tersebut hilang. Mengutip Android Police, ada beberapa cara mengembalikan chat WhatsApp yang hilang. Berikut ulasannya.

Bagaimana WhatsApp Mengelola Backup Chat

WhatsApp Chat_2b

WhatsApp Chat. (Sumber: Techie Bundle)

Untuk memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus, memerlukan backup agar chat dapat dicadangkan secara cloud.

WhatsApp menyimpan data ke Google Drive untuk ponsel Android atau iCloud untuk iPhone. Pengguna dapat mengatur frekuensi pencadangan ke:

  • Tidak pernah
  • Hanya ketika saya mengetuk “Cadangkan”
  • Harian
  • Mingguan
  • Bulanan

Terlepas dari frekuensi pencadangan yang dipilih, buka Pengaturan > Obrolan > Cadangan Obrolan > Cadangkan Sekarang untuk menyimpan obrolan secara manual. Pengguna dapat memilih untuk mencadangkan video, mencadangkan menggunakan data seluler, atau mengenkripsi cadangan.

Selain pencadangan online, WhatsApp juga menyimpan data ke penyimpanan internal setiap malam tetapi opsi ini tidak didukung dukungan. Hanya untuk pengguna Android.

Dengan catatan, WhatsApp hanya menyimpan cadangan terbaru ke penyimpanan iCloud (cloud) Anda. Dengan setiap pencadangan baru, file lama akan dihapus. WhatsApp dapat menyimpan cadangan lokal selama beberapa hari di perangkat Android.

Cara Memulihkan Pesan WhatsApp yang Baru Saja Hilang

Jika kamu baru saja menghapus pesan, kamu bisa memulihkan pesan tersebut dengan memulihkan cadangan terakhir kamu. Berikut caranya:

  • Uninstal WhatsApp dari smartphone.
  • Instal ulang aplikasi WhatsApp. WhatsApp akan meminta kamu memulihkan pesan dari cadangan terbaru.
  • Ketuk Pulihkan untuk memulai proses. Jika dilewatkan, kamu tidak dapat memulihkan file tersebut nanti.

Metode ini berfungsi pada perangkat Android dan iPhone tetapi memiliki kekurangan. Pengguna hanya dapat memulihkan chat yang dihapus antara pencadangan terakhir dan pencadangan berikutnya.

Jika pencadangan harian diatur ke jam 2 pagi, pengguna hanya dapat memulihkan pesan pesan yang dihapus setelah pencadangan terakhir 2 jam di pagi hari dan sebelum pencadangan berikutnya. Kerugian lainnya adalah memulihkan cadangan.

Seolah-olah aku kembali ke masa lalu. Dengan menggunakan contoh yang sama di atas, pengguna akan kehilangan semua pesan yang dikirim setelah pencadangan jam 2 pagi karena obrolan tidak dapat disimpan.

Baca juga: Cara Pastikan Keamanan Obrolan Di WhatsApp

Cara Memulihkan Pesan WhatsApp Lama yang Hilang

Sosial Media Whatsapp_2b

Sosial Media Whatsapp. (Sumber: Tech Tricks)

Memulihkan pesan yang terhapus setelah beberapa saat memang rumit karena penyimpanan cloud kamu mungkin hanya memiliki cadangan terbaru. Pemilik Android dapat menggunakan cadangan lokal di penyimpanan file mereka dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi File Manager
  • Navigasikan ke /WhatsApp/Database. Di Android 10 dan yang lebih baru, navigasikan ke Android > Media > com.whatsapp > WhatsApp > Databases.
  • Temukan msgstore.db.crypt12. file adalah cadangan chat terbaru. Pengguna mungkin melihat nomor berbeda setelah crypt, seperti msgstore.db.crypt14. Jangan diubah.
  • Ganti namanya menjadi yang lain seperti msgstore-latest.db.crypt12.
  • Temukan cadangan lama yang ingin dipulihkan, biasanya dalam format msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12, dan ganti namanya menjadi msgstore.db.crypt12.
  • Uninstal WhatsApp.
  • Jika pencadangan Google Drive diaktifkan, akses dan hapus file dengan membuka Google Drive, membuka sidebar kiri, dan memilih Cadangan. Tindakan ini akan mencegah WhatsApp menggunakan cadangan Drive alih-alih file lokal.
  • Instal ulang WhatsApp.
  • Ketuk Pulihkan ketika diminta untuk memulihkan dari file cadangan.

Pengguna akan kehilangan pesan yang diterima setelah pencadangan itu. Namun terdapat jalan keluar untuk masalah ini.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp, platform perpesanan instan terkemuka di dunia, secara aktif menjajaki pengintegrasian fitur-fitur kecerdasan buatan, yang juga dikenal sebagai AI. Meta dikatakan sedang...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp dikabarkan memiliki fitur yang akan memudahkan pengguna perangkat Android dalam mengirim gambar dan video dalam resolusi tinggi (HD). Fitur baru WhatsApp...

Social Media

Unbox.id – WhatsApp saat ini sedang mengerjakan fitur yang memungkinkan pengguna mengedit gambar menggunakan editor foto bertenaga kecerdasan buatan (AI). Dengan fitur ini, pengguna...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp dikenal meluncurkan kemampuan menyematkan atau menyematkan pesan ke dalam obrolan individu dan obrolan grup sejak Desember tahun lalu. Namun, kemampuan ini...