Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Cara Pastikan Keamanan Obrolan di WhatsApp

WhatsApp Chat Security_1a
WhatsApp Chat Security. (Sumber: ZDNET)

Unbox.id – Banyak pengguna WhatsApp yang membagikan informasi dan pesan pribadinya melalui aplikasi chatting ini. Meski dilengkapi enkripsi end-to-end, aplikasi chatting ini sebenarnya memiliki beberapa elemen lain yang bisa digunakan pengguna untuk menjaga keamanan obrolannya. Oleh karena itu, dalam rangka Hari Internet Aman, 6 Februari, WhatsApp juga membagikan beberapa langkah tambahan untuk meningkatkan keamanan obrolan. Bagaimana tahapan ini terjadi? Tinjau informasi berikut.

Verifikasi Dua Langkah dan Selalu Pakai Aplikasinya

WhatsApp Chat Security_2b

WhatsApp Chat Security. (Sumber: Tech Research Online)

Aktifkan verifikasi dua langkah untuk lebih melindungi akun WhatsApp Anda. Setelah diaktifkan, pengguna akan diminta memasukkan PIN 6 digit saat menyetel ulang atau memverifikasi akunnya.

Langkah ini akan memberikan perlindungan tambahan terhadap potensi serangan phishing atau upaya penipuan akun dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selalu pastikan pengguna menggunakan aplikasi WhatsApp resmi dan versi terbaru untuk memastikan keamanan dan privasi pesan. Periksa logonya dan pastikan nama aplikasinya hanya WhatsApp, tanpa embel-embel.

Lindungi Informasi Sensitif dan Lindungi Percakapan Pribadi

Untuk meningkatkan privasi saat mengirim pesan, pengguna dapat memilih opsi Tampilkan Sekali saat mengirim foto dan media. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan penerima untuk melihat pesan hanya sekali tanpa kemampuan untuk menyimpan, meneruskan, atau mengambil tangkapan layar.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menambahkan lapisan keamanan ekstra untuk melengkapi obrolan pribadi mereka. Pengguna WhatsApp juga bisa menyimpan obrolan tertentu ke folder khusus yang hanya bisa diakses dengan kata sandi.

Langkah Penting untuk Amankan Chat di WhatsApp

Sebagai admin, pengguna dapat memastikan keamanan obrolan dan interaksi dalam grup atau komunitas. Oleh karena itu, pengguna dapat menentukan siapa yang dapat bergabung, membatasi izin anggota, dan bahkan menghapus pesan.

Jika pengguna menerima pesan mencurigakan yang meminta informasi, penting untuk menentukan apakah mereka mengetahui kontak tersebut, termasuk apakah orang tersebut adalah anggotanya. grup. grup yang sama atau bahkan dari negara tempat tinggal yang sama.

Untuk membantu pengguna, WhatsApp memberi pengguna kemampuan untuk memblokir kontak yang tidak dikenal. Panggilan dari nomor tak dikenal dapat membantu. Oleh karena itu, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk membungkam penelepon yang tidak dikenal.

Tips Lain Amankan WhatsApp

WhatsApp memudahkan untuk menghubungkan hingga empat perangkat ke telepon utama. Namun, saat menghubungkan perangkat Anda ke desktop menggunakan kode QR, pastikan untuk memasukkan URL web.whatsapp.com atau mengunduhnya dari situs web atau aplikasi resmi WhatsApp.

Jika pengguna masih ragu dengan pengaturan privasi mana yang ingin digunakan, mereka dapat melakukan pemeriksaan privasi dalam aplikasi. Sehingga pengguna dapat mempelajari lebih lanjut tentang fitur pemeliharaan obrolan di aplikasi.

WhatsApp menggunakan enkripsi ujung ke ujung untuk melindungi pesan pengguna, artinya hanya pengirim dan penerima yang dapat membaca kontennya. Fitur tambahan mencakup verifikasi dua langkah, kontrol privasi grup, dan pemberitahuan keamanan.

WhatsApp juga merilis pembaruan rutin untuk meningkatkan keamanan. Saat langkah-langkah ini diambil, pengguna juga harus menjaga keamanan akun mereka melalui langkah-langkah cerdas, seperti merahasiakan kata sandi dan PIN serta sering memperbarui aplikasi.

Baca juga: WhatsApp Ada Fitur Sharing File Dengan Cara Menggoyangkan Ponsel

Fitur-Fitur Penting Yang Ditawarkan Pada WhatsApp

WhatsApp Chat Security_3c

WhatsApp Chat Security. (Sumber: Sangri Times English)

WhatsApp menawarkan beberapa fitur penting, antara lain:

  • Enkripsi End-to-End: Melindungi pesan agar hanya pengirim dan penerima yang bisa membacanya.
  • Verifikasi Dua Langkah: Menambahkan keamanan dengan PIN tambahan.
  • Panggilan Suara dan Video: Memungkinkan panggilan berkualitas tinggi melalui internet.
  • Status: Berbagi pembaruan status dengan kontak tertentu.
  • Grup dan Privasi Grup: Kontrol siapa yang dapat menambahkan anggota ke grup.
  • WhatsApp Web: Akses pesan dari komputer melalui browser web.
  • Lokasi Real-time: Berbagi lokasi langsung dengan kontak.
  • Media Sharing: Mengirim foto, video, dan dokumen dengan mudah.
  • Panggilan Suara dan Video Grup: Panggilan kelompok dengan beberapa kontak.
  • Pesan Menghilang: Pengaturan agar pesan otomatis menghilang setelah waktu tertentu.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Unbox.id – WhatsApp beta terbaru yaitu beta 2.24.4.23 untuk Android menghadirkan pembaruan estetika pada tab Status. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat...

Apps & Games

Unbox.id – Selama bertahun-tahun, aplikasi perpesanan selalu memblokir pengguna untuk mengobrol dengan aplikasi perpesanan lain. Misalnya pengguna WhatsApp hanya bisa chatting dengan pengguna WhatsApp...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp sedang mengerjakan fitur baru yang disebut Berbagi File Terdekat, yang memungkinkan pengguna berbagi file dengan kontak terdekat. WhatsApp versi beta terbaru...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp sedang menguji opsi pemformatan teks tambahan untuk pengguna Android dan iOS yang mendaftar untuk program beta. Di antara fitur pemformatan teks...