Leica CL Segera Luncur, Ini Gambaran Spesifikasinya

Leica telah lama dikenal dengan produk kamera dan lensanya yang memiliki gaya tersendiri yang unik dan khas, terutama desainnya. Rupanya tradisi gaya unik dan khas tersebut, masih menempel pada produk barunya, Leica CL yang baru meluncur di bulan November ini. Ya, produk kamera compact Leica ini masih mengambil gaya desain retro khas mereka, namun lebih modern dan premium serta memiliki spesifikasi mumpuni di kelasnya. Penasaran dengan detail tentang kamera Leica CL ini? Simak saja ulasannya berikut ini;

Spesifikasi dan Fitur Utama

Compact and lightweight APS-C system camera

24-megapixel APS-C CMOS sensor

ISO 100-50,000

Built-in 2.36M-dot electronic viewfinder

3-inch 1.04M-dot touchscreen

Top status LCD

Utilizes the Leica L-mount (TL and SL lenses)

Can be adapted to use M/R lenses

Maestro II image processor

10 frames per second continuous shooting

33-frame DNG+JPEG buffer, 140 JPEG buffer

4K/30p and 1080/60p video

Built-in Wi-Fi

Itulah spesifikasi dan fitur utama dari kamera compact Leica CL. Lalu bagaimana desain dan kinerjanya? Berikut ini ulasannya, guys!

Desain Body

Leica CL memiliki desain khas Leica klasik yang terinspirasi gaya retro dan merupakan kamera Compact premium dengan styling unik dan bisa bersifat abadi. Kamera ini cukup kompak untuk kamera lensa yang bisa saling ditukar dan diganti-ganti. Berbicara tentang lensa, Leica CL ini memiliki Leica L-mount bayonet, meskipun dapat digunakan dengan lensa Leica M/R yang diadaptasi selain lensa Leica TL dan SL asli. Kamera ini memiliki dimensi lebih dari 5 inci (131 milimeter), tinggi 3 inci (78 milimeter) dan memiliki kedalaman di bawah 2 inci (45 milimeter) serta berbobot 14,2 ons (403 gram) dengan baterai terpasang.

Kamera Leica CL dilengkapi dengan sensor CMOS APS-C 24-megapiksel

Kamera Leica CL dirancang dengan bahan body yang kuat dan tahan lama. Bagian atas dan bawah mencakup aluminium giling dan anodized dan kerang tubuh depan dan belakangnya dikonstruksi dengan menggunakan bahan magnesium. Melihat bagian depan kamera, satu-satunya tombol yang bisa ditemukan adalah pelepasan lensa. Lampu bantuan self-timer/AF kecil terletak di samping lencana Leica. Di bagian atas kamera, ada dua tombol kontrol dengan tombol tengah, tombol pelepas rana dengan saklar daya di sekitarnya, fitur hot shoe, dua mikrofon grills, dan fitur LCD dengan status top, 128 x 58piksel dengan aperture, kecepatan rana dan mode eksposur-nya. Kamera ini juga memiliki flash sync maksimal 1/180s.

Tidak banyak tombol di bagian belakang body kamera Leica CL. Layar sentuh 3 inci mengambil sebagian besar bagian belakang kamera dan menawarkan kontrol sentuhan dan gerak tubuh sang pengguna. Ya, terdapat monitor LCD layar sentuh 3 inci terpusat, yang memiliki 1,04 juta titik dengan sentuhan dan kontrol gerakan melalui layar. Di sebelah kiri layar ada tiga tombol: Tombol Putar, Fungsi dan Menu. Di sebelah kanan adalah bantalan arah dengan tombol tengah. Fungsi Save untuk jendela bidik elektronik (lebih lama lagi segera) dan tombol penyesuaian diopternya. Tidak ada yang lain di bagian belakang kamera selain lampu akses kartu dan grip speaker.

Kinerja

Kinerja kamera Leica CL bisa dibilangi mumpuni di kelasnya. Salah satunya dari sisi jendela bidiknya. Ya, jendela bidik “EyeRes” kamera terbaru Leica ini diketahui memiliki 2,36 juta titik. Jendela bidik ini baru dikembangkan secara khusus untuk kamera Leica CL. Perbesaran setara 35mm cukup besar pada 0,74x, ia memiliki lensa mata 20mm, dan penyesuaian diopter -4 sampai +4. Sensor mata ini disediakan untuk beralih antara EVF dan monitor secara otomatis.

Dengan sensor CMOS APS-C 24 megapiksel, yang tampaknya sama seperti pada Leica TL2, Leica CL menjanjikan kualitas gambar yang mengesankan. Dan kamera compact Leica CL memiliki rentang ISO asli 100-50,000 dan merekam gambar JPEG dan DNG RAW serta ISO otomatis juga tersedia.

Fitur Leica CL mencakup berbagai mode pemandangan selain program standar, prioritas aperture, prioritas rana dan mode pemotretan manual. Modus pemandangan ini meliputi: Fully Automatic, Sport, Portrait, Landscape, Night Portrait, Snow/Beach, Fireworks, Candlelight, Sunset, Digiscoping, Miniature, Panorama dan HDR.

 

Adapun kompensasi eksposur tersedia dalam 1/3 EV bertahap untuk total +/- 3 EV serta dilengkapi mode multi-zone, center-weighted dan spot metering.

Selain itu, kamera compact Leica CL ini juga memiliki penutup jendela mekanik dan elektronik, hingga memungkinkan rentang kecepatan rana 30 detik sampai 1/25.000 detik. Rana mekanisnya adalah rana tercepat dengan catatan 1/8000s di kelasnya.

Adapun tentang kinerja Autofocusnya, kamera ini dibekali dengan sistem autofocus yang mendeteksi 49-titik warna kontras, dengan Leica TL2. Namun pada CL dilengkapi dengan sistem pemotretan cepat hingga 10 frame/detik dengan penyangga 33 frame yang ditentukan saat memotret gambar DNG + JPEG dan 140 frame JPEG (hanya JPEG) dengan kecepatan penuh. Kecepatan pemotretan saat buffer penuh akan tergantung pada kartu SD yang digunakan. Standar UHS-II kamera Leica CL ini didukung oleh slot kartu SD tunggal.

Berkat prosesor Maestro II, kamera Leica CL dapat merekam video UHD 4K pada 30p. Video 1920×1080 (Full HD) dapat direkam pada 60p atau 30p dan 1280×720 (HD) tersedia pada 30p. Sentuhan AF-nya didukung dan pemaparan sepenuhnya otomatis, meskipun kompensasi pencahayaan lainnya tersedia. Selain itu, Leica CL dilengkapi fitur mikrofon, filter angin dan pilihan stabilisasi elektronik. Dan video direkam dalam format MP4 dengan audio stereo, klip dibatasi maksimal 29 menit, dan ukuran file maksimumnya adalah 4GB meski fitur video kamera Leica CL ini bisa menjangkau banyak file.

Sementara untuk fitur konektivitas dan kinerjanya, kamera Leica CL ini dilengkapi dengan modul Wi-Fi built-in dengan standar 802.11 b/g/n. Kamera dapat mentransfer gambar ke smartphone, tablet atau komputer yang kompatibel dan menawarkan penembakan jarak jauh pada perangkat iOS dan Android melalui aplikasi Leica CL yang baru. Aplikasi remote control mencakup pemotretan jarak jauh dan perubahan pengaturan pencahayaan.

Jika Anda bertanya-tanya di mana letak port berada pada kamera Leica CL ini, sebenarnya tidak ada. Selain hot shoe, kompartemen baterai dan slot kartu SD UHS-II, tidak ada tempat lain untuk memasukkan apapun ke kamera compact premium ini. Adapun daya tahan baterai, kamera Leica CL ini memiliki masa pakai baterai CIPA yang sedikit underwhelming dari 220 tembakan per charge melalui kemasan baterai lithium-ion BP-DC12-nya. Baterai dikatakan terisi penuh dalam waktu sekitar 140 menit melalui charger khusus yang disertakan.

Harga dan Ketersediaan

Leica CL yang merupakan kamera compact berdesain retro yang premium ini akan meluncur di pasaran pada akhir November ini dengan hanya dalam warna hitam saja. Body kamera akan dijual seharga USD2.795. Bundel dengan lensa Leica Elmarit-TL 18mm f / 2.8 yang baru juga tersedia, yang akan dijual seharga USD3.795, yang merupakan penghematan sekitar USD300. Ada juga bundel lensa zoom dengan lensa Leica CL dan Vario-Elmar-T 18-56mm f / 3.5-5.6 seharga USD3,995. Ini adalah penghematan sebesar USD450.

Tinggalkan Balasan