Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Meta dan Microsoft Kolaborasi, Hasilkan Apa?

Meta Microsoft Collaboration_1a
Meta Microsoft Collaboration. (Sumber: Coinbay)

Unbox.id – Microsoft dikenal bermitra dengan Meta untuk memperkenalkan headset VR. Namun sepertinya headset VR ini tidak sepenuhnya merupakan hasil langsung dari kolaborasi kedua perusahaan. Mengutip informasi dari The Verge, headset ini pada dasarnya adalah headset Meta Quest VR yang konon terinspirasi dari Xbox. Dijelaskan pula bahwa headset VR ini akan tersedia dalam jumlah terbatas. “Kami sekali lagi bermitra dengan Microsoft untuk memproduksi Meta Quest edisi terbatas, yang terinspirasi oleh Xbox,” tulis Meta dalam sebuah pernyataan.

Meta Quest 3

Meta Quest 3_2b

Meta Quest 3. (Sumber: ZDNet)

Meski sudah diumumkan, namun belum banyak informasi mengenai headset ini yang terungkap. Besar kemungkinan headset ini merupakan Meta Quest 3 dengan cangkang khusus dan dilengkapi dengan pengontrol Xbox.

Dalam postingan Instagram, CEO Meta Mark Zuckerberg juga mengatakan headset VR yang baru-baru ini diungkap akan dilengkapi dengan pengontrol Xbox dan Game Pass. “Jadi Anda bisa langsung bermain di layar lebar, di mana pun Anda berada,” tulisnya dalam postingan Instagram. Bersamaan dengan pengumuman tersebut, Meta juga mengungkapkan telah membuka akses sistem operasi VR miliknya kepada pihak ketiga.

Diberi nama Meta Horizon OS, Mark menuturkan, ada beberapa perusahaan yang sudah berkomitmen mengembangkan headset VR dengan sistem operasi tersebut. Mark menuturkan, sejauh ini, Asus dan Lenovo diketahui adalah dua perusahana yang akan memakai sistem operasi tersebut.

Mark Zuckerberg Perkenalkan Headset VR Meta Quest 3

Mark Zuckerberg, CEO Meta, melalui Instagram resminya, resmi meluncurkan Meta Quest 3 pada tahun lalu. Ini adalah headset konsumen pertama yang menampilkan “realitas campuran warna resolusi tinggi”.

Headset ini dikatakan 40% lebih tipis dan lebih nyaman dibandingkan Quest 2, serta memiliki layar dan resolusi yang lebih baik. Terungkap juga bahwa chipset yang digunakan akan menggunakan chip Qualcomm Snapdragon generasi terbaru.

“Chipset Snapdragon generasi berikutnya memberikan performa grafis lebih dari dua kali lipat dibandingkan GPU Snapdragon generasi sebelumnya di Quest 2,” tulis Meta, dikutip di halamannya situs resminya.

Selain itu, induk Facebook juga telah mendesain ulang pengontrol Touch Plus Quest dengan bentuk yang lebih tipis dan ergonomis.

Kemampuan Meta Quest 3

Cincin pelacak eksternal dilepas untuk memberikan pengontrol kesan yang lebih alami “seperti perpanjangan lengan” dan memakan lebih sedikit ruang. Meta juga menyertakan fungsionalitas haptik TruTouch yang pertama kali diperkenalkan pada Touch Pro.

Pengguna juga dapat meningkatkan ke pengontrol Meta Quest Touch Pro yang dilacak sepenuhnya secara otomatis untuk pengalaman yang lebih premium.

Pengguna headset VR ini juga akan menyukainya mampu menjelajah tanpa pengontrol dengan Direct Touch, memungkinkannya menggunakan tangannya untuk berinteraksi dengan objek virtual.

Baca juga: WhatsApp Uji Coba Integrasikan Meta AI Ke Platform Pesan

CEO Meta Mark Zuckerberg Kritik Apple Vision Pro

Apple Vision Pro_1a

Apple Vision Pro. (Sumber: The Verge)

Di sisi lain, Mark Zuckerberg nampaknya tak terlalu terkesan dengan pengumuman headset augmented reality (AR), Apple Vision Pro, saat Worldwide Developers Conference atau WWDC 2023, Senin, 5 Juni waktu setempat.

Ini diungkapkan oleh pendiri Facebook yang kini dikenal dengan nama Meta, saat rapat perusahaan global. Dilaporkan oleh The Verge, bos Meta mengungkapkan pandangannya tentang perangkat Apple.

Mark Zuckerberg mengatakan bahwa perangkat Apple yang diumumkan tidak mewakili kemajuan teknologi baru yang belum “dieksplorasi” oleh Meta”.

Dia juga menyebutkannya penglihatan. tentang bagaimana orang menggunakan perangkat yang tidak kompatibel dengan masa depan yang diinginkan. Suami Priscilla Chan juga menyoroti fakta bahwa headset Meta Quest 3 harganya lebih murah dibandingkan Apple Vision Pro.

Mark Zuckerberg mengatakan: “Kami berinovasi untuk memastikan produk kami dapat diakses dan terjangkau bagi semua orang”. Diketahui harga Quest 3 mulai dari 499 USD atau Rp 7,4 juta. Sedangkan harga Apple Vision Pro mencapai 3,499 USD atau sekitar Rp 52 jutaan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Komisi Uni Eropa mengambil tindakan tegas terhadap Meta. Agensi telah membuka penyelidikan resmi terhadap Meta, perusahaan induk Facebook dan Instagram. Investigasi telah...

Software

Unbox.id – Microsoft didenda 242 juta USD atau setara sekitar Rp 3,9 triliun, karena asisten virtualnya Cortana terbukti melanggar paten. Gugatan terhadap Microsoft diajukan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp telah meluncurkan pembaruan pada aplikasi selulernya dengan memberi tampilan yang lebih segar dan lebih ramping. Selain itu, mereka juga memperkenalkan...

Tech News

Jakarta, Unbox.id — Setelah kemunculan AI Copilot beberapa waktu lalu, Microsoft mulai mengintegrasikan tombol khusus di perangkat Surface terbarunya. Ia adalah perangkat laptop khusus...