Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Xiaomi dan Leica Umumkan Institut Khusus Optik

Xiaomi x Leica_1a
Xiaomi x Leica. (Sumber: Techverse)

Unbox.id – Xiaomi dan Leica Camera AG mengumumkan kolaborasi untuk menciptakan Institut Optik Xiaomi x Leica. Kehadiran organisasi ini dinilai menjadi tonggak penting dalam industri smartphone. Sesuai dengan namanya, lembaga gabungan antara Xiaomi dan Leica ini fokus pada teknologi optik. Oleh karena itu, lembaga ini akan menyatukan ilmu-ilmu interdisipliner yang terintegrasi, termasuk pencitraan digital dan teknologi AI. Dalam keterangan resmi yang diterima, lembaga tersebut hadir untuk mengembangkan standar industri inovatif dalam kinerja perangkat seluler dan meningkatkan standar teknologi dan pengalaman pengguna. Dijelaskan secara lebih rinci, inisiatif ini sangat mementingkan filosofi, teknologi, dan pengalaman pengguna. Buah dari kolaborasi kedua perusahaan ini terlihat pada Xiaomi 14 Ultra mendatang.

Xiaomi X Leica

Xiaomi x Leica_2b

Xiaomi x Leica. (Sumber: Times of Technology)

“Melalui Xiaomi x Leica Optical Institute, kami akan semakin memanfaatkan kekuatan satu sama lain untuk terus mendorong batas-batas kemungkinan fotografi seluler,” kata William Lu, Mitra dan Presiden Grup Xiaomi, dan bersama-sama memimpin era fotografi seluler.”

Lembaga ini berfokus pada empat elemen teknis utama, yaitu desain optik ultra-presisi dalam bentuk ringkas, mencapai performa ideal dalam memotret fotografi komputasi, mempertahankan standar optik tertinggi pada lensa, serta meneliti dan menerapkan teknologi optoelektronik terkini.

Untuk mencapai tujuan ini, Xiaomi dan Leica bekerja sama – sama berinvestasi pada sumber daya. Hasilnya, kolaborasi ini berhasil membentuk kelompok gabungan yang beranggotakan lebih dari 200 ahli.

Anggota Institut Xiaomi dan Leica

Salah satunya adalah desainer optik legendaris di balik lensa generasi keempat Leica, Peter Karbe. Ia juga dikenal karena keterlibatannya dalam pengembangan desain ikonik seperti lini Noctilux dan APO.

Peter Karbe akan menjabat sebagai ahli optik di institut tersebut. Sementara itu, Zeng Xuezhong, wakil presiden senior Grup Xiaomi dan presiden divisi ponsel Xiaomi, menjabat sebagai direktur.

Selanjutnya, ketua tim rekayasa perangkat lunak Grup Xiaomi, Yi Ya, dan Manajer Umum departemen kamera Xiaomi, Wang Xuan Nhien, adalah wakil direktur.

Laboratorium Kamera Paling Canggih

Xiaomi juga akan menyediakan sumber daya lain untuk mendukung pengembangan lembaga ini. Hingga saat ini, tiga laboratorium besar direncanakan berlokasi di Beijing, Tiongkok, yang akan fokus pada peralatan pencitraan, pencitraan, dan penilaian obyektif dan subyektif terhadap kualitas gambar.

Seluas 2.644 meter persegi, menurut Xiaomi, lokasi ini akan menjadi laboratorium kamera terbaik, terbesar dan tercanggih. “Melalui berdirinya Xiaomi x Leica Optical Institute, kami siap menghadirkan menyatukan tim terbaik dari kedua belah pihak di bidang optik,” kata Matthias Harsch, CEO Leica Camera AG.

Baca juga: Info Spesifikasi Xiaomi 14 Ultra Terungkap

Xiaomi Corporation

Xiaomi x Leica_3c

Xiaomi x Leica. (Sumber: INCpak)

Xiaomi Corporation adalah perusahaan teknologi multinasional Tiongkok yang didirikan pada tahun 2010 oleh Lei Jun dan beberapa mitranya. Xiaomi terkenal dengan produksi berbagai produk elektronik termasuk ponsel pintar, tablet, laptop, smart TV, produk rumah pintar, dan aksesori elektronik lainnya.

Beberapa pembeda Xiaomi adalah strategi pemasarannya yang agresif, penekanan pada nilai tambah bagi pelanggan, dan desain bisnis yang mengutamakan penjualan online. Strategi pemasaran Xiaomi sering kali melibatkan partisipasi komunitas penggemar yang kuat dan suportif, menyelenggarakan penjualan flash untuk menciptakan kegembiraan bagi konsumen.

Salah satu keunggulan utama Xiaomi adalah menyediakan produk berkualitas tinggi kepada konsumen dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan pesaing. Hal ini menjadikan Xiaomi merek yang sangat terkenal di banyak pasar, termasuk Tiongkok, India, dan beberapa negara Asia Tenggara.

Selain elektronik konsumen, Xiaomi juga mulai berekspansi ke bidang lain seperti kendaraan listrik dan teknologi kecerdasan buatan. Misalnya, Xiaomi telah mengembangkan mobil listrik, sepeda listrik, dan produk terkait kecerdasan buatan seperti speaker pintar dan perangkat rumah pintar.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Xiaomi baru-baru ini meluncurkan Xiaomi TV S Mini LED di pasar Cina. Varian TV 75 inci kini telah tersedia di negara...

Kamera

Jakarta, Unbox.id — Xiaomi terus memperluas jajaran produknya, menawarkan berbagai perangkat pintar yang cocok untuk hampir semua orang dan tujuan apa pun. Kali ini,...

Tech Industry

Unbox.id – Xiaomi dikabarkan sedang bersiap meluncurkan ponsel layar lipat barunya. Rupanya smartphone baru ini akan memiliki Xiaomi Mix Flip. Kehadiran ponsel layar lipat...

Tech Industry

Unbox.id – Perusahaan teknologi asal Tiongkok Xiaomi akan meraup untung sepanjang tahun 2023. Menurut laporan yang diterima Unbox.id, total pendapatan Xiaomi mencapai 271 miliar...