Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Apple Tambah Komponen Buatan Tiongkok

Apple Company_1a
Apple Company. (Sumber: Decrypt)

Unbox.id – Rantai pasokan Apple telah lama dikaitkan dengan Tiongkok. Namun, Apple telah melakukan banyak upaya untuk memindahkan rantai pasokannya ke negara lain. Pemindahan rantai pasokan ke negara selain China dilakukan agar Apple tidak terlalu bergantung pada China. Selain itu, hubungan politik antara Tiongkok dan Amerika Serikat terus memanas. Sayangnya, bagi perusahaan seperti Apple, akan sulit memutuskan hubungan dengan China terkait rantai pasokan produk Apple, termasuk iPhone. Memang benar, Tiongkok tidak hanya memproduksi produk dengan harga lebih murah tetapi juga memiliki tenaga kerja dalam jumlah besar yang diperlukan untuk memenuhi target produksi. Belum lama ini, Apple mengumumkan daftar rantai pasokan iPhone untuk tahun fiskal 2023. Pengumuman perusahaan mengungkapkan bahwa merek komponen China tidak akan segera meninggalkan rantai pasokan Apple.

Komponen-Komponennya

Apple Company_2b

Apple Company. (Sumber: Outlook Business)

Mengutip Gizchina, Selalu (23/4/2024), Apple telah menambahkan delapan merek Tiongkok baru ke daftar rangkai pasokannya. Adapun merek komponen tersebut antara lain adalah:

  • Jiuquan Iron and Steel
  • Sinopec Weiye Technology
  • Kaicheng Technology
  • Sanan Optoelectronics
  • Boshuo Technology
  • Tony Electronics
  • Zhenghe Group

Apple juga mengeluarkan empat merek Tiongkok lainnya dari daftar. Merek-merek yang dihapus dari daftar tersebut adalah:

  • Jiangsu Jingyan Technology
  • Meiyingsen Group
  • Shenzhen Derun Electronics
  • Yishi.

Tiongkok Banyak Pemasok Komponen Buat Apple

Bagi Apple, Tiongkok telah menjadi negara yang memainkan peran penting dalam rantai pasokan Apple selama bertahun-tahun. Perusahaan manufaktur komponen Tiongkok menyumbang 42% dari produksi tahunan Apple.

Dominasi ini disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari infrastruktur industri Tiongkok yang sangat besar, keberadaan tenaga kerja yang besar, terjangkau dan terampil, biaya produksi yang rendah, dan kemampuan pabrikan Tiongkok untuk mengotomatisasi jalur produksi.

Namun, perang dagang sedang terjadi. tempat antara kedua negara. Amerika Serikat dan Tiongkok seiring dengan meningkatnya biaya tenaga kerja di Tiongkok mendorong Apple untuk melakukan diversifikasi rantai pasokannya.

Sebagai informasi, Apple menambah jumlah pemasok Tiongkok, menjadi 51 pemasok pada tahun 2020. Jumlah ini meningkat 42% dibandingkan tahun 2018.

India Agresif Mau Jadi Pemasok untuk Apple

Namun, pemasok Tiongkok menawarkan margin tinggi dan waktu produksi yang cepat, menjadikannya pilihan yang menarik bagi Apple.

Sekadar informasi, India kini juga menjadi pemain yang ikut serta dalam rantai pasokan Apple. Jumlah pemasok Apple yang beroperasi di India telah meningkat dari nol pada tahun 2012 menjadi 14 pada tahun 2022.

Pemerintah India secara aktif mencari investasi dari perusahaan seperti Apple. Faktanya, India menawarkan insentif, menerapkan reformasi upah dan meningkatkan infrastruktur sehingga investor seperti Apple ingin berinvestasi di negara tersebut.

Khususnya di India, Apple telah melakukan investasi yang signifikan, termasuk mendirikan pabrik di Bangalore dan merakit perangkat iPhone 15 di India. Langkah ini bertujuan untuk menciptakan jutaan lapangan kerja di luar Tiongkok.

Baca juga: Apple Dipaksa Hapus Aplikasi WhatsApp Dan Threads Di App Store

Vietnam Hingga Indonesia

Apple Company_3c

Apple Company. (Sumber: Entrepreneur)

Salah satunya adalah Vietnam, dimana jumlah pekerja di sektor elektronik akan mencapai 1,3 juta pada Juni 2022, meningkat empat kali lipat sejak tahun 2013. Selain itu, Vietnam juga menyaksikan peningkatan signifikan dalam jumlah perusahaan yang merakit komponen untuk produk Apple.

Jumlah perusahaan yang merakit produk Apple meningkat empat kali lipat. Vietnam memproduksi sebagian besar komponen untuk Apple, sementara lokasi produksi yang lebih kecil bermunculan di banyak negara Asia, termasuk Indonesia. Diketahui kedua komponen iPhone tersebut diproduksi oleh perusahaan Indonesia.

Belum lama ini, Presiden Joko Widodo juga bertemu dengan CEO Apple Tim Cook dan membahas masalah tersebut.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple akan terus melakukan proses secara bertahap saat merilis layanan Intelijen Apple ke publik. Diketahui, fitur-fitur yang diperkenalkan pada WWDC 2024 ini...

Tech Industry

Last updated on 19 Juni, 2024 Unbox.id – Apple terkena gugatan class action yang menuduh mereka membayar sekitar 12.000 pekerja perempuan di California lebih...

Tech Industry

Unbox.id – Pada Konferensi Pengembang Sedunia (WWDC) 2024, Apple mengumumkan beberapa fitur kecerdasan buatan (AI) baru, termasuk Image Playground. Sekadar informasi, Image Playground merupakan...

Software

Unbox.id – Apple membuat kejutan ketika mengumumkan Apple Intelligence di iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia selama Konferensi Pengembang Seluruh Dunia (WWDC) 2024....