Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Ketahui Bagaimana Cara Cek Kesehatan Baterai Pada Laptop

Baterai Laptop_1a
Baterai Laptop. (Sumber: Foldertips)

Unbox.id – Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang biasa digunakan untuk melakukan berbagai tugas. Mulai dari pekerjaan yang berhubungan dengan pencatatan, editing bahkan aktivitas lainnya seperti video call dan lain-lain. Dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan dengan laptop, hal ini tentunya berdampak pada daya tahan baterai yang menyebabkan baterai cepat terkuras. Faktanya, kesehatan baterai laptop bisa terpengaruh oleh penggunaan yang sering atau berlebihan. Oleh karena itu, pengecekan status kesehatan baterai laptop merupakan hal yang penting bagi pemilik atau pengguna laptop. Lalu bagaimana cara memeriksa kesehatan laptop Anda? Bahkan, Anda bisa menggunakan Windows PowerShell untuk melihat laporan data baterai laptop Anda. Anda perlu mengikuti beberapa langkah. Berikut kami sajikan panduan menggunakan Windows PowerShell untuk memeriksa kesehatan baterai laptop Anda.

Mulai Periksa

Baterai Pada Laptop_2b

Baterai Pada Laptop. (Sumber: Parboaboa)

Untuk mulai menguji baterai, langkah pertama adalah menyalakan laptop Anda. Kemudian, buka sesi PowerShell administratif. Kemudian masukkan perintah berikut.

  • C:
  • CD/
  • MD Reports
  • Powercfg/batteryreport/output c:/reports/Battery.html

Setelah itu akan muncul beberapa perintah, diantaranya:

  • Perintah pertama, yang menyebabkan PowerShell beralih ke drive C: Namun, perintah ini jarang diperlukan.
  • Perintah kedua, beralih ke folder root drive C:
  • Perintah ketiga, membuat folder dengan nama ‘Reports’.
  • Perintah keempat, menghasilkan laporan. Laporan PowerShell akan dibuat sebagai file HTML dengan nama Battery.html. Laporan akan disimpan di folder C:/Reports.

Langkah Selanjutnya, Buka Laporan Baterai PowerShell

Setelah menyelesaikan langkah pertama, Anda bisa langsung mengecek laporan kesehatan baterai laptop Anda. Hanya perlu beberapa detik untuk membuat laporan baterai laptop PowerShell.

Namun, mungkin diperlukan waktu yang berbeda-beda bagi setiap laptop untuk membuat laporan, bergantung pada perangkat keras laptop yang Anda gunakan dan riwayat penggunaannya. Jika laporan sudah dibuat, Anda dapat membukanya dengan memasukkan perintah berikut:

  • Invone-Expression
  • C:ReportsBattery.html

Dengan perintah ini, laporan baterai akan dibuka di browser web default Anda. Dalam laporan Anda akan menemukan berbagai bagian laporan.

Hal pertama yang Anda lihat saat membuka laporan adalah ringkasan PC dan ringkasan baterai laptop. Meskipun ini hanya ringkasan sistem dan ringkasan baterai, ini adalah laporan standar.

Jika laptop Anda adalah perangkat Microsoft Surface Book 2, Anda akan melihat dua baterai terdaftar. Memang, perangkat tersebut bisa digunakan sebagai tablet. Sebab, baik di tablet maupun di keyboard menghemat baterai.

Berbagai Informasi Tercatat dalam Laporan

Baterai di Laptop_3c

Baterai di Laptop. (Sumber: Plaza IT)

Informasi selanjutnya yang akan Anda dapatkan dari laporan Windows PowerShell ini adalah status daya selama tiga hari terakhir. Bagian ini memungkinkan Anda melihat setiap kali kondisi laptop berubah dan apakah laptop berjalan dengan AC atau baterai, termasuk kapasitas yang tersisa.

Tidak hanya menampilkan laporan status baterai Anda, tetapi juga menampilkan riwayat penggunaan sistem. Riwayat penggunaan sistem mencakup seluruh waktu Anda menggunakan laptop Anda.
Dihitung sejak pertama kali Anda membeli dan menggunakan laptop, lamanya Anda aktif dan terhubung dalam mode siaga saat sistem kehabisan baterai, termasuk saat mengisi daya.

Laporan berikut ini merupakan laporan historis kapasitas baterai selama masa pakai laptop. Di bagian bawah laporan, Anda dapat melihat perkiraan masa pakai baterai sistem Anda saat ini sejak menginstal OS.

Baca juga: Ini Dia Tips Buat Solusi Untuk Mengatasi Laptop Lemot!

Mengenal PowerShell, Hasil Perkembangan dari Microsoft

Powershell adalah alat berorientasi objek otomatis dan bahasa skrip dengan shell baris perintah interaktif. Sistem ini dikembangkan oleh Microsoft untuk membantu profesional TI mengonfigurasi sistem dan mengotomatiskan tugas administratif.

Powershell digunakan untuk mengelola berbagai operasi dengan mengekstraksi informasi tentang sistem operasi. Penyedia PowerShell adalah program yang memelihara data yang disimpan dalam penyimpanan data khusus yang hanya dapat diakses melalui baris perintah.

Powershell juga menggantikan command prompt Microsoft, yang tersedia di DOS. Bahkan Microsoft telah menjadikan PowerShell sebagai Command Line Interface (CLI) default di Windows 10. Powershell memberi CLI bahasa skrip yang lengkap dan terperinci, memungkinkan pengguna dengan keterampilan pemrograman dasar untuk membuat serangkaian instruksi tertentu.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hardware

Jakarta, Unbox.id – Pada acara peluncuran perangkat smartphone terbaru 14 Ultra di Tiongkok beberapa waktu lalu, perusahaan mengumumkan beberapa produk lainnya yaitu Xiaomi 80W....

Artikel

Unbox.id – Penggunaan laptop menentukan masa pakai baterai. Tidak hanya dari segi penggunaan perangkat, faktor-faktor seperti pengaturan daya, jumlah aplikasi yang berjalan, dan suhu...

Hardware

Jakarta, Unbox.id – Salah satu komponen perangkat keras yang memiliki pengaruh besar pada laptop adalah penyimpanan daya. Untuk mendapatkan kinerja yang optimal, pengguna harus...

Hardware

Jakarta, Unbox.id – Fitur Penghemat Baterai Windows aktif secara otomatis ketika masa pakai baterai sistem mencapai 20%. Tergantung pada pengaturan Anda, komputer akan menurunkan...